Keuangan

5 Hal yang Membuat Pesta Pernikahan di Era New Normal Menjadi Lebih Hemat

pernikahan-new-normal-hemat

pernikahan era new normal/https://kaltim.prokal.co/

Di era New Normal memang akan banyak hal berbeda yang kita jumpai. Dikarenakan masa pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir membuat beberapa aspek kehidupan termasuk pesta pernikahan memiliki beberapa perubahan. Salah satu hal berbeda yang bisa kita dapati dari penyelenggaraan pesta pernikahan di era New Normal adalah anggaran yang dapat dihemat. Penghematan biaya pernikahan di era New Normal ini memang bisa saja muncul karena adanya ketentuan penerapan protokol kesehatan yang digencarkan pemerintah. Lalu apa saja hal yang bisa membuat biaya pesta pernikahan di masa New Normal ini menjadi lebih hemat? Berikut ulasannya.

  1. Terbatasnya Jumlah Undangan

Pertama, hal yang membuat pesta pernikahan di era New Normal menjadi lebih hemat adalah terbatasnya jumlah undangan. Dengan adanya ketentuan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah dengan salah satu pointnya yakni physical distancing memang menjadikan event apapun yang diselenggarakan, termasuk pesta pernikahan harus dibatasi jumlah undangannya. Dengan dibatasinya jumlah undangan hal ini tentu membuat anggaran menjadi menurun dan bisa dihemat. Pengurangan anggaran dari dibatasinya jumlah undangan dalam pesta pernikahan ini nantinya akan berhubungan dengan biaya katering yang menurun.

  1. Porsi Makanan yang Berkurang

Dari penjelasan sebelumnya dikatakan bahwa pengaruh dari adanya pengurangan jumlah undangan dalam pesta pernikahan di era new normal ini adalah menurunnya biaya katering. Dan seperti kita tahu bahwa dalam pesta pernikahan, biaya katering ini menjadi anggaran yang paling besar dari lainnya. Nah ketika jumlah undangan dikurangi untuk penerapan physical distancing maka biaya katering pun juga ikut berkurang. Tentu ketika biaya katering berkurang maka Anda akan bisa menghemat anggaran pernikahan. Bahkan dengan sedikitnya jumlah undangan ini Anda tidak perlu lagi menyewa katering karena bisa membuat menu makanan sendiri di rumah dengan dibantu anggota keluarga lain.

  1. Tidak Perlu Sewa Gedung

Berikutnya, hal yang membuat pesta pernikahan di era New Normal ini menjadi lebih hemat adalah tidak adanya urgensi menyewa gedung. Sebelum virus corona mewabah, sewa gedung memang dibutuhkan untuk menampung jumlah undangan yang banyak. Tapi saat pandemi mengharuskan pesta pernikahan dilakukan dilakukan secara terbatas, membuat Anda tak perlu lagi menghadirkan tempat besar seperti gedung. Bila pun Anda ingin menyewa gedung, pastikan tidak memilih gedung besar dan mahal karena akan mubazir atau sia-sia. Selain memilih gedung kecil, pesta pernikahan di era New Normal ini bisa Anda lakukan di rumah dan area sekitar rumah saja.

  1. Menihilkan Biaya Wedding Organizer

Dengan acara pesta pernikahan yang besar memang akan membuat banyak kesibukan di sana-sini sehingga membutuhkan Wedding Organizer (WO) untuk membantu Anda. Tapi bila pesta pernikahan di masa pandemi ini dilakukan secara terbatas maka biaya WO ini sebenarnya bisa dinihilkan atau dihilangkan. Sebab dengan jumlah undangan yang terbatas maka pengaturan acara pernihakan bisa dijalankan oleh panitia kecil. Minta saja bantuan anggota keluarga atau tetangga untuk mengatur acara pernikahan yang akan diselenggarakan. Dengan menihilkan biaya WO tentu membuat acara pernikahan di era New Normal ini menjadi lebih hemat.

  1. Tidak ada Pre-wedding dan Bulan Madu ke Luar Kota

Terakhir, hal yang akan membuat pesta pernihakan di era New Normal ini jadi lebih hemat adalah tidak adanya pre-wedding dan juga bulan madu. Di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir memang membuat banyak orang masih khawatir untuk keluar rumah. Beberapa destinasi tempat pre-wedding dan wisata pun di masa New Normal ini memang masih belum buka semua. Maka dari itu percuma juga bila kemudian pre-wedding dan bulan madu ini dianggarkan dalam acara pesta pernikahan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: