Tips

5 Cara Efektif Fokus Bekerja Tanpa Terganggu Oleh Smartphone

bekerja tanpa gangguan smartphone

bekerja tanpa gangguan smartphone/http://residial.pl/

Saat ini smartphone memang telah menjadi kebutuhan banyak orang. Beberapa orang bahkan ada yang ketergantungan oleh smartphone. Pengaruh smartphone ini memang bisa saja menjadi buruk saat perangkat tersebut mampu membuat Anda tidak bisa produktif dalam bekerja. Saat bekerja seringkali smartphone ini memang menjadi musuh karena efeknya yang mengganggu. Maka dari itu seseorang yang sudah ketergantungan smartphone maka harus mengerahkan segala tekadnya untuk bisa kembali bekerja dengan baik. Tapi bagaimana caranya untuk bisa bekerja secara efektif tanpa terganggu oleh smartphone? Berikut ulasannya.

  1. Silent Smartphone

Cara pertama agar Anda bisa bekerja secara efektif tanpa terganggu oleh smartphone adalah dengan melakukan silent smartphone. Dengan mengheningkan suara di smartphone maka Anda tidak akan terganggu saat bekerja. Tapi ingat supaya smartphone ini benar-benar tidak mengganggu, maka Anda harus menonaktifkan semua bunyi termasuk getar yang ada. Jangan lupa juga untuk menjauhkan smartphone dari diri Anda. Sebab smartphone yang terlihat mata walau sudah di-silent, akan tetap bisa mengganggu karena menyala ketika ada panggilan masuk. Jadi pastikan smartphone yang sudah di-silent ini tidak terlihat oleh Anda.

  1. Jauhkan Smartphone dari Jangkauan

Smartphone yang mudah diambil memang dapat mengganggu pekerjaan Anda. Meski Anda sudah berkomitmen untuk fokus bekerja, tapi bila smartphone yang ada mudah dijangkau, maka akan selalu saja ada godaan dan gangguan untuk bermain perangkat tersebut. Mungkin Anda awalnya sekedar iseng. Tapi siapa yang tahu kalau smartphone yang mudah dijangkau dari meja kerja ini kemudian membuat Anda terlena dan akhirnya mengganggu pekerjaan. Maka dari itu agar Anda tidak tergoda dengan keberadaan smartphone ini, pastikan Anda menjauhkan perangkat tersebut dari jangkauan. Dari sini maka bila pun smartphone memunculkan lampu notifikasi, tapi karena lokasinya yang jauh dari jangkauan, Anda akan malas untuk mengambilnya.

  1. Matikan Internet

Berikutnya, cara efektif bekerja tanpa terganggu oleh smartphone yaitu dengan mematikan internet. Salah satu bagian dari smartphone yang banyak menyita waktu-waktu produktif ini adalah fitur dari internet. Dengan internet, memang akan banyak hal yang bisa dilakukan. Dari bermain sosial media, nonton YouTube hingga bermain game, semua bisa dilakukan dengan jaringan internet. Tapi bila jaringan internet yang ada hilang, maka beberapa hal yang bisa dilakukan dan menyita waktu tadi tidak dapat dilakukan lagi. Keadaan smartphone yang terhubung dengan internet dengan yang tidak memang memiliki perbedaan. Saat smartphone tidak terkoneksi internet biasanya seseorang akan malas untuk bermain-main dengan perangkat ponsel pintarnya tersebut. Ketika Anda tidak bisa lagi terganggu dengan aktivitas dengan jaringan internet lewat smartphone tadi maka Anda pun bisa bekerja dengan baik.

  1. Ingat Selalu Pada Target Pencapaian

Dalam bekerja tentu Anda memiliki target-target tertentu. Nah jika memang Anda sedang mengejar sebuah target, tentu Anda harus bekerja dengan fokus yang lebih. Sebab bila Anda bekerja dengan banyak gangguan, termasuk gangguan smartphone, maka Anda akan sulit untuk mencapai target tersebut. Maka dari itu agar Anda selalu bisa bekerja dengan produktif tanpa gangguan smartphone, pastikan untuk selalu mengingat terget pencapaian Anda. Agar selalu mengingatnya, Anda bisa manempelkan semacam memo dengan tulisan besar di meja kerja Anda. Saat memo dengan tulisan targer kerja ini selalu terlihat maka Anda pun bisa terus fokus bekerja dan mengacuhkan smartphone Anda.

  1. Matikan atau Jangan Bawa Smartphone

Terakhir, cara efektif untuk fokus bekerja tanpa terganggu smartphone yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan atau tidak membawa smartphone. Bila Anda adalah orang yang sudah sangat tergantung dengan smartphone, maka langkah agak ekstrim memang harus dilakukan. Langkah agak ekstrim yang harus dilakukan tersebut adalah dengan mematikan atau tidak membawa smartphone ke dalam ruangan kerja. Mungkin Anda masih membutuhkan perangkat ini saat selesai bekerja. Jika seperti ini kondisinya, maka Anda tetap bisa membawanya, tapi Anda harus mematikan smartphone tersebut ketika akan bekerja. Nah setelah selesai bekerja, baru Anda bisa menyalaka smartphone tersebut. Dengan cara ini maka Anda pun akan tetap bisa bekerja dengan fokus dan produktif.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: