Tips

5 Cara Mudah dan Hemat Jaga Kesehatan Jantung, Terapkan Yuk!

jaga-kesehatan-jantung

jaga kesehatan jantung/https://www.crystalrose-v.com/

Berita meninggalnya artis dan suami dari Bunga Citra Lestari yakni Ashraf Sinclair hari ini memang begitu mengejutkan banyak pihak. Pasalnya di usia yang tergolong masih muda yakni 40 tahun, Ashraf sudah mengalami serangan jantung. Meninggalnya Ashraf memang sudah diketahui penyebabnya karena serangan jantung. Sebenarnya, serangan jantung yang menyerang usia muda ini memang bisa saja terjadi. Bahkan kenyataannya saat ini grafik serangan jantung yang menghampiri kaum muda jumlahnya terus meningkat. Tentu Anda tidak ingin mengalaminya kan? Bagi Anda yang ingin tetap sehat dan terhindar dari serangan jantung di usia muda maka perlu melakukan beberapa usaha berikut. Usaha yang Anda lakukan berikut ini tak perlu membuat Anda ragu. Pasalnya Anda bisa menjalankannya dengan mudah dan hemat.

  1. Berhenti dan Jauhi Rokok

Cara mudah dan hemat pertama yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan berhenti dan menjauhi rokok. Sejak dulu rokok memang dikenal sebagai hal yang membahayakan bagi kesehatan, termasuk jantung. Bukan hanya meningkatkan risiko penyakit paru-paru, tapi rokok dengan kandungan zat beracunnya bisa membuat Anda terkena penyakit jantung koroner. Dan penyakit jantung koroner ini sendiri tidak hanya bisa dialami oleh sang perokok. Tapi orang-orang yang berada di sekitarnya yang tidak merokok (perokok pasif) juga bisa mengalami hal yang sama. Jadi dari sini rokok memang menjadi sumber malapetaka yang menakutkan bila tidak segera dihentikan dan dijauhi.

  1. Rutin Berolahraga Secara Teratur

Kegiatan berolahraga memang banyak memberikan manfaat bagi siapa pun yang menjalankannya. Dengan berolahraga secara teratur, badan akan menjadi jauh lebih bugar dan sehat. Dan yang terpenting dengan berolahraga secara rutin dan teratur akan membantumu dalam mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Tak perlu melakukan olahraga yang berat. Bila Anda tak mau terlalu capek, lakukan saja jenis olahraga yang ringan seperti jogging atau jalan santai. Asalkan Anda melakukannya secara rutin dan teratur, maka jenis olahraga ringan tadi akan membuatmu terhindar dari penyakit jantung. Kalau bisa lakukan jenis olahraga ringan ini setiap hari sekitar 20-30 menit. Atau kalau pun Anda sibuk, jalankan 3 kali dalam seminggu dengan rentang waktu yang lebih lama tentunya yakni antara 30-50 menit.

  1. Makan Makanan yang Sehat dan Berserat

Berikutnya, cara mudah dan hemat menjaga kesehatan jantung adalah dengan makan makanan yang sehat dan berserat. Makanan yang kita konsumsi memang memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan tubuh. Bila makanan yang sering kita konsumsi tidak sehat, tentu tubuh akan merespon dengan hal yang buruk, termasuk salah satunya penyakit jantung. Dari sini Anda memang harus benar-benar menjaga makanan yang akan dikonsumsi. Untuk menghindari penyakit jantung maka kita harus memastikan makanan yang akan kita kosumsi sehat. Jangan lupa juga pilih makanan yang berserat yang memang dipercaya mampu membuat jantung menjadi sehat. Contoh makanan sehat dan berserat adalah sayuran, buah-buahan, gandum, kacang, sereal, ikan dengan kandungan omega-3 dan lainnya. Selain memilih makanan sehat dan berserat, Anda juga harus menghindari makanan yang bisa meningkatkan kolesterol jahat dan risiko penyakit jantung yakni makanan-makanan dengan lemak jenuh yang tinggi.

  1. Jaga Kadar Gula dan Tekanan Darah

Anda yang sering mengkonsumsi gula baik itu dalam makanan atau minuman? Segera hentikan. Pasalnya kandungan gula tinggi yang dapat memicu diabetes juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kadar gula darah dalam tubuh yang tinggi memang bisa merusak pembuluh darah dan syaraf. Tidak lupa juga Anda juga harus bisa mengendalikan tekanan darah dalam tubuh agar tidak sering naik, karena hal ini juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung secara langsung.

  1. Istirahat yang Cukup dan Hindari Stress

Terakhir, cara mudah dan hemat untuk menjaga kesehatan jantung adalah degan istirahat yang cukup. Kamu memang harus membuat tubuhmu selalu berada dalam keadaan prima setiap harinya. Caranya mau tak mau Anda harus menjalankan istirahat yang cukup. Usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan istirahat malam yang normal selama 7-8 jam sehari. Selain istirahat yang cukup, Anda juga harus bisa menghindari stress.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top