Bisnis Online

5 Marketplace Terpopuler untuk Jualan NFT

Non-fungible Token

Non-fungible Token/https://kumparan.com/

Viralnya Ghozali Everyday membuat banyak orang penasaran dengan platform OpenSea yang digunakan Ghozali untuk mendapatkan pundi-pundi rupiahnya. OpenSea memang merupakan salah satu platform marketplace yang bisa dijadikan tempat menjual karya digital berkonsep Non-fungible Token (NFT). Tapi perlu dipahami bahwa marketplace untuk menjual karya digital NFT tersebut tidak hanya bisa dilakukan di OpenSea saja. Pasalnya ada beberapa platform lain yang menghadirkan transaksi jual beli dari produk turunan kripto tersebut. Nah berikut beberapa marketplace populer yang bisa kamu jadikan pilihan untuk berjualan karya NFT.

  1. OpenSea

Marketplace pertama yang bisa kamu jadikan pilihan untuk jualan NFT adalah OpenSea. Nama OpenSea sebagai platform transaksi jual beli karya NFT memang sedang tinggi-tinginya. Pengaruh berita viralnya Ghozali Everyday menjadi alasan yang tak terbantahkan mengapa marketplace ini sedang naik daun. OpenSea sendiri mempunyai semua jenis aset digital dan gratis untuk mendaftar. Jangan lupakan juga platform OpenSea juga talah mendukung 150 token pembayaran. Bagi kamu yang masih tahap pemula NFT, OpenSea menjadi tempat yang bisa dicoba untuk memulai.

  1. SuperRare

Dengan bantuan blockchain Ethereum, di tahun 2018 lahirlah platform marketplace NFT bernama SuperRare. Hingga saat ini SuperRare didominasi beberapa karya seni, budaya serta barang-barang estetika yang dapat dikoleksi. Namun demikian karya NFT lain juga bisa diperoleh di SuperRare. Dari sini maka SuperRare bisa jadi pilihan tepat bagi kamu yang merupakan seorang seniman atau juga kamu yang seorang kolektor benda seni.

  1. Larva Labs (Cryptopunk)

Berikutnya, marketplace populer untuk jualan karya digital berkonsep NFT adalah Larva Labs atau juga dikenal sebagai Cryptopunk. Dinamakan Cryptopunk karena pada awalnya platform ini berawal dari proyek NFT Cryptopunk yang merupakan sebuah karakter yang dikembangkan di blockchain Ethereum. Perlu diketahui bahwa hanya ada 10.000 karakter CryptoPunks yang ada di platform NFT ini. Karakter ini sendiri dihasilkan secara unik dengan bantuan algoritma. Meski NFT CryptoPunks Larva Labs sekarang terjual habis, tetapi mereka dapat ditawar dan dibeli dari berbagai pasar pihak ketiga. Dengan platform yang satu ini akan membuatmu mendapatkan perdagangan karakter digital dengan mudah dan lancar.

  1. Axie Infinity

Platform marketplace NFT yang satu ini terbilang unik dari yang lainnya. Ini karena Axie Infinity mendukung layanan game NFT yang pemainnya dapat memainkan objek koleksi digital (hewan peliharaan) yang kemudian dikenal sebagai Axies. Axies sendiri bisa dimainkan oleh pengguna yang berbeda dengan mengikuti protokol ‘play-to-earn’. Tak ayal bila kemudian dari peluncurannya di tahun 2019, banyak pengguna yang telah mendapatkan keuntungan dari platform ini.

  1. Rarible

Terakhir, marketplace terpopuler untuk transaksi jual-beli karya NFT adalah Rarible. Situs marketplace yang satu ini mirip dengan OpenSea yang menjual berbagai jenis karya digital berkonsep NFT. Sebut saja karya digital yang dijual di Rarible tersebut yaitu gambar, musik, koleksi, dan video. Meski mirip dengan OpenSea, Rarible punya perbedaan di mana pengguna harus menggunakan token Rarible milik pasar (CRYPTO:RARI) untuk membeli dan menjual di pasar. Kabar terbaru dari marketplace ini adalah adanya raksasa perangkat lunak cloud Adobe (NASDAQ:ADBE) telah bermitra dengan Rarible guna membantu mengamankan karya seniman dan pembuat konten NFT.

Itulah penjelasan mengenai lima marketplace terpopuler untuk jualan karya digital berkonsep NFT. Dari sini maka kamu tak perlu berpatokan hanya pada OpenSea saja. Sebab pada dasarnya ada puluhan marketplace NFT secara global, di mana platform tersebut bisa jadi memiliki fokus atau niche tertentu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top