Lainnya

Inilah 5 NFT Termahal di Dunia Tahun 2021

The-Merge

The Merge/https://ekbis.sindonews.com/

Sebagai aset digital, NFT (Non-fungible Token) kini sedang mendapat perhatian banyak pihak. Hal ini terjadi karena kisah viralnya Ghozali Everyday yang menjadi miliarder setelah sukses menjual beberapa foto selfie-nya di OpenSea. Meskipun di Indonesia sedang gempar kisah Ghozali dengan NFT-nya, ternyata sebelum itu sudah ada beberapa karya NFT di dunia yang terjual dengan harga super mahal. Lalu apa saja karya NFT sebagai aset digital yang tercatat sebagai yang termahal di dunia tahun 2021? Berikut daftarnya.

  1. The Merge

Pertama, NFT paling mahal yang tercatat di dunia tahun 2021 adalah The Merge. The Merge sendiri adalah karya seni digital yang dibuat oleh seniman Pak. Pak memang sudah populer di dunia NFT sebagai salah satu jawara seniman digital. Pasalnya Pak mampu menghasilkan karya-karya seni paling ikonik nan spektakuler. Salah satu karya Pak paling mahal adalah The Merge, dimana ketika itu berhasil terjual dengan nilai 91,8 juta USD atau setara dengan Rp 1,31 triliun.

  1. NFT Everydays: The First 5000 Days

Berkonsep sama juga Ghozali, karya kolase gambar dari Mike Winkleman juga mampu menarik banyak pembeli. NFT Mike yang bernama “NFT Everydays: The First 5000 Days” tersebut pada tanggal 11 Maret 2021 sukses terjual dengan harga 69,3 juta USD atau setara dengan Rp 991 miliar. Pembelinya sendiri adalah investor cryptocurrency Singapura melalui rumah lelang Christie’s. Karya dari Mike ini sendiri menghadirkan kolase gambar yang dibuat sejak tahun 2007 dan sudah selesai di tahun 2020.

  1. NFT Human One

Selain mampu menjual “NFT Everydays: The First 5000 Days”dengan harga ratusan miliar, di tahun 2021 Mike Winkleman juga berhasil menjual karyanya yang lain bernama “NFT Human One” dengan harga yang fantastis. Ketika itu karyanya terjual melalui rumah lelang Christie’s dengan harga 28,9 juta USD atau setara dengan Rp 426 miliar. NFT Human One sendiri berwujud potret bergerak yang menggambarkan manusia pertama yang lahir di metaverse.

  1. NFT CryptoPunk #752

Berikutnya, di urutan ke-empat NFT termahal di dunia tahun 2021 adalah CryptoPunk #752. CryptoPunk #752 sendiri adalah karya seni avatar digital yang dihasilkan secara unik melalui blockchain Ethereum. Pembuat dari NFT CryptoPunk #752 ini adalah duo pengembang yang berbasis di Kanada yang juga menjalankan Larva Labs. Dari sekitar seribu CryptoPunk yang dihasilkan secara algoritmik sejak juni 2017, CryptoPunk #752 menjadi yang paling mahal terjual. Ketika itu CryptoPunk #752 berhasil terjual dalam lelang oleh Sotheby dengan harga 11,75 juta US atau setara dengan Rp 168,02 miliar. Mahalnya CryptoPunk #752 ini karena dianggap langka dan berhasil menjadi salah satu aset digital yang paling ikonik.

  1. CryptoPunk #3100

Terakhir, NFT termahal di dunia di sepanjang tahun 2021 ditempati oleh CryptoPunk #3100. CryptoPunk #3100 yang masih berasal dari keluarga CryptoPunk, ketika itu berhasil terjual dengan harga jual 7,8 juta USD atau setara dengan Rp 108 miliar. Menariknya, sebelum mencatatkan sebagai NFT termahal pada penjualan 11 Maret 2021, di tahun 2017 CryptoPunk #3100 pernah terjual hanya dengan nilai 76 USD atau setara dengan Rp 1 juta di tahun 2017.

Demikianlah informasi mengenai 5 NFT termahal yang pernah tercatat di tahun 2021. Dari daftar ini tentu kita bisa mendapatkan pemahaman bahwa NFT bukanlah hal baru di dunia. Catatan penjualan termahal dari NFT di dunia yang nilainya bahkan melebihi karya Ghozali, juga pernah terjadi beberapa kali. Sementara itu di Indonesia bisa jadi kisah viralnya Ghozali menjadi awal dan pemicu dari mulai maraknya penjualan karya digital di platform NFT.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top