Lainnya

5 Portal Pendidikan E-Learning yang Berikan Akses Gratis Selama Pandemi Covid-19

portal e-learning gratis

portal e-learning gratis/https://mamikos.com/

Dalam situasi pandemi Covid-19 memang membuat beberapa kegiatan harus dialihkan di rumah guna menghindari penularan. Tidak hanya bekerja, tapi proses kegiatan belajar-mengajar juga tidak bisa lagi dilakukan di sekolahan. Dari kebijakan belajar di rumah inilah kemudian membuat beberapa perusahaan e-learning berinisiatif untuk membuat kegiatan belajar di tengah wabah virus corona ini lebih menyenangkan. Dari sini beberapa perusahaan e-learning tersebut menggratiskan portalnya untuk diakses setiap pelajar selama kegiatan belajar dilakukan di rumah. Lalu portal pendidikan e-learning mana saja yang telah berkontribusi memberikan akses gratis untuk para pelajar di masa pandemi Covid-19 tersebut? Berikut ulasannya.

  1. Ruangguru

Portal pendidikan e-learning yang menghadirkan akses gratis pada para pelajar adalah Ruangguru. Sebagai portal e-learning yang kini berkembang pesat, Ruangguru rupanya tertantang untuk menyediakan ruang belajar yang nyaman dan mumpuni untuk para pelajar di tengah situasi wabah virus corona. Dngan program Sekolah Online Ruangguru gratis, para pelajar yang terdampak pun bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring (live teaching) melalui aplikasi Ruangguru secara cuma-cuma tanpa biaya setiap harinya Senin sampai Jumat. Pembelajaran online gratis dari aplikasi Ruangguru ini sudah dimulai sejak tanggal 16 Maret 2020 dari pukul 08.00 – 12.00 WIB. Ruangguru sendiri akan menyediakan 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional. Dengan dipandu oleh para Master Teachers Ruangguru, pelajaran yang dihadirkan adalah untuk semua jenjang dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS).

  1. Quipper

Platform learning management system (LMS) Quipper juga tak mau ketinggalan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam hal proses belajar mengajar di rumah. Melalui Quipper School, siswa dapat belajar dan juga mengerjakan tugas dan ujian dengan mudah lewat perangkat digital yang dimiliki. Dalam Quipper, sekolah memang juga bisa ikut berpartisipasi dalam program belajar siswa di rumah. Tidak hanya siswa yang bisa belajar, tapi para guru pun bisa menggunakannya untuk mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa. Dari sini lewat Quipper, maka interaksi guru dan siswa pun dapat dijalankan meski dengan jarak jauh. Perusahaan edutech Quipper sendiri mulai menggratiskan program belajarnya mulai dari 17 Maret 2020.

  1. Kelas Pintar

Berikutnya, portal pendidikan e-learning yang memberikan akses gratis selama pandemi Covid-19 adalah Kelas Pintar. Meski proses belajar mengajar harus dilakukan di rumah, tapi menurut pendiri Kelas Pintar yakni Fernando Uffie, kegiatan belajar-mengajar tidak boleh terhenti. Dari sini Kelas Pintar pun kemudian memberikan akses gratis selama satu bulan kepada guru dan siswa di seluruh Indonesia untuk menggunakan platformnya supaya kegiatan belajar-mengajar di masa pandemi ini tetap berlangsung.

  1. Sekolahmu

Tak mau ketinggalan dengan platform e-learning lain, portal Sekolahmu juga menghadirkan akses gratis untuk para pelajar yang terdampak pandemi Covid-19. Dengan penerapan pembelajaran berbasis kompetensi yang sukses, Sekolahmu menghadirkan proses pembelajaran daring sesuai kurikulum yang dibutuhkan secara fleksibel. Menurut direkturnya yakni Radinka Qiera, program-program belajar di Sekolahmu telah dirancang dengan sangat baik oleh tim akademik yang berpengalaman. Dari sini maka para pelajar dan guru serta orangtua dari seluruh jenjang dari pra-sekolah sampai SMA, bisa menggunakan platform ini dengan sebaik-baiknya.

  1. Zenius

Terakhir, portal pendidikan e-learning yang memberikan akses gratis untuk para pelajar di masa wabah virus corona adalah Zenius. Menurut Rohan Monga selaku CEO Zenius, mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan akses gratis untuk para pelajar ke lebih dari 80 ribu video pembelajaran. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pelajar tetap bisa menjalankan kegiatan belajar mandiri di rumah dengan efektif, terarah dan terstruktur.

Itulah beberapa platform pendidikan e-learning yang saat ini telah memberikan akses gratis bagi para guru dan terutama pelajar untuk tetap bisa belajar di rumah dengan efketif. Nah dengan adanya akses atau layanan gratis ini tentu kamu tak perlu lagi galau atau membuat banyak alasan bermalas-malasan tidak belajar. Sebab dengan kecanggihan teknologi yang ada maka kita pun masih bisa menjalankan kegiatan belajar di masa pandemi Covid-19 ini dengan baik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top