StartUp dan UKM

5 Sektor Bisnis yang Diyakini Akan Cepat Pulih Saat New Normal Diterapkan

bisnis-cepat-pulih-New-normal

bisnis cepat pulih New normal/https://www.bbc.co.uk/

Pandemi Covid-19 yang terbilang lama memang telah membuat banyak sektor bisnis yang terpukul bahkan luluh lantak alias bangkrut. Untuk itulah kemudian pemerintah menyatakan akan memberlakukan New Normal untuk bisa menggerakkan kembali roda perekonomian. New Normal atau tatatan kehidupan baru dengan acuan protokol kesehatan ini sendiri diagendakan pemerintah akan dimulai pada tanggal 1 Juni 2020. Nantinya New Normal akan dijalankan secara bertahap dengan 5 fase pemulihan ekonomi yang telah disusun. Nah ketika masa New Normal ini dimulai, maka diyakini ada 5 sektor usaha yang akan cepat pulih. Lalu apa saja sektor bisnis yang diprediksi akan cepat pulih ketika New Normal diberlakukan? Berikut ulasannya.

  1. Transportasi

Sektor bisnis pertama yang diyakini cepat pulih saat New Normal diberlakukan adalah transportasi. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam video conference, saat New Normal, maka masyarakat akan kembali beraktivitas di luar rumah. Nah dari sinilah maka sektor transportasi pun otomatis akan hidup kembali untuk melayani kebutuhan mobilitas masyarakat. Lebih lanjut, wanita kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962 ini menyatakan bahwa terpuruknya sektor transportasi pada masa pandemi dikarenakan banyak orang yang lebih memilih tinggal dan berdiam diri di rumah untuk menghindari penularan Covid-19. Selain itu adanya pembatasan kegiatan di ruang publik membuat sektor transportasi pun semakin terpukul saat masa pandemi berlangsung. Tapi ketika nanti New Normal diberlakukan, sektor transportasi ini diyakini akan cepat pulih.

“Kalau orang sudah bisa bekerja lagi, tidak bekerja di rumah (work from home) itu berarti sektor transportasi bisa langsung pulih,” ucap Sri Mulyani.

  1. Kesehatan

Bidang kesehatan selain Rumah Sakit dan layanan fasilitas kesehatan lain, juga diyakini akan cepat pulih ketika New Normal diberlakukan. Hal ini terkait dan terlihat dari rencana pemerintah dalam merancang pemulihan ekonomi pada masa New Normal. Jadi dalam tahapan pemulihan ekonomi era New Normal tersebut, bisnis di sektor kesehatan ini memang mendapatkan prioritas pertama untuk dioperasikan kembali. Usaha dibidang kesehatan yang menemparti fase pertama pemulihan ekonomi era New Normal ini rencananya akan mulai pada tanggal 1 Juni 2020. Yang termasuk dalam sektor ini sendiri yaitu industri fasilitas kesehatan dan juga toko-toko pendukung kesehatan.

  1. Ritel

Berikutnya, sektor bisnis yang diyakini akan cepat pulih saat New Normal telah diterapkan adalah ritel. Menurut agenda dari pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi, sektor bisnis ritel atau perdagangan memang menempati urutan kedua dalam skala priotitas. Setelah sektor kesehatan direncanakan akan dibuka pada tanggal 1 Juni 2020, maka kemudian difase kedua pemulihan ekonomi era New Normal tersebut akan dibuka untuk sektor ritel pada 8 Juni 2020. Bidang ritel yang akan dibuka pada tahap atau fase kedua pemulihan ekonomi New Normal ini antara lain toko, pasar dan mall.

  1. Layanan atau Jasa

Selanjutnya, sektor bisnis yang diprediksi akan cepat pulih saat New Normal diberlakukan adalah jasa. Selama sama pandemi di mana orang lebih memilih diam di rumah maka nantinya ketika saat New Normal diyakini akan banyak orang keluar rumah untuk menikmati layanan atau jasa. Beberapa layanan atau jasa yang dirindukan publik saat masa New Normal ini antara lain salon, spa dan lainnya. Bidang usaha dibidang jasa atau layanan ini sendiri dalam tahapan pemulihan ekonomi yang direncanakan pemerintah akan dibuka pada tanggal tanggal 15 Juni 2020.

  1. Pariwisata

Terakhir, sektor bisnis yang diyakini akan cepat pulih saat New Normal diberlakukan adalah pariwisata. Dengan kejenuhan tingkat tinggi yang dirasakan masyarakat selama masa karantina, memang memunculkan kerinduan yang besar pada kegiatan wisata. Maka ketika New Normal diberlakukan, akan muncul permintaan yang besar terutama dari masyarakat kalangan menengah atas untuk berwisata. Meski banyak yang pesimis bahwa sektor pariwisata ini akan cepat bangkit, namun dengan perlahan, sektor ini akan bisa mengatasinya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top