Keuangan

5 Tips Berhemat Buat Kamu yang Sering Menunggu Hari Gajian

tips-berhemat-untuk-gaji

tips berhemat untuk gaji/https://artikel.pricearea.com/

Gajian merupakan waktu yang banyak ditunggu oleh sebagian karyawan atau pekerja. Hari dimana uang dari penghasilan ini akan cair ini memang membuat banyak orang merasakan kesenangan. Tapi sayangnya beberapa hari setelah gajian, banyak karyawan yang bersedih karena uangnya yang sudah mulai menipis atau bahkan habis. Dari sinilah kemudian mereka menunggu-nunggu kembali waktu gajian datang. Tentu keadaan seperti ini bukanlah sesuatu yang baik untuk seorang karyawan. Sebab, sudah seharusnya penghasilan yang didapat bisa memenuhi kebutuhannya dalam satu bulan. Untuk itulah kamu yang memang punya gaji atau pendapatan pas-pasan perlu untuk berhemat agar kamu tak lagi menunggu-nunggu waktu gajian tiba. Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk berhemat agar gaji yang didapat bisa cukup untuk satu bulan.

  1. Membuat Anggaran

Tips pertama adalah dengan membuat anggaran. Ketika membuat anggaran ini kamu perlu mengetahui dan menuliskan kebutuhanmu selama sebulan. Ingat ya, utamakan untuk memprioritaskan kebutuhan dan tabungan dalam daftar anggaran. Bila nanti dijumpai ada uang sisa, kamu bisa gunakan untuk membeli barang-barang yang kamu inginkan. Nah dari sini cobalah untuk menyesuaikan gaji atau penghasilan yang kamu miliki dengan kebutuhan yang telah disusun tadi. Bila tips ini kamu jalankan dengan baik maka kamu bisa berhemat dengan uang atau penghasilan yang ada. Sebab dalam tips tersebut kamu harus menjunjung tinggi prinsip tidak diperkenankannya membuat anggaran yang bisa melebihi jumlah penghasilan.

  1. Gunakan Uang Tunai, Bukan Kartu Debit

Penggunaan kartu kredit ini memang seperti buah simalakama bila kamu tidak dapat mengontrolnya. Maka dari itu usahakan ketika keluar rumah, pastikan untuk membawa uang tunai dan meninggalkan kartu kredit. Sebab bila kamu membawa kartu kredit maka bukan tidak mungkin kamu bisa terbujuk untuk menggunakannya secara impulsif. Tapi bila kamu membawa uang tunai maka kegiatan belanjamu akan dibatasi dengan jumlahnya.

  1. Hentikan Pengeluaran yang Tidak Perlu

Berikutnya, tips berhemat untuk kamu yang sering menunggu hari gajian adalah dengan menghentikan pengeluaran yang tidak perlu. Pengeluaran yang tidak penting ini memang acapkali sering membuat gaji karyawan cepat habis. Maka dari itu kamu yang punya penghasilan pas-pasan, lebih baik menghindari pengeluaran yang tidak perlu. Bila pun kamu punya sisa uang, lebih baik kamu gunakan untuk menabung atau investasi.

  1. Buat Makan Siang Sendiri

Kamu yang seringkali makan siang di luar kantor, maka supaya bisa berhemat cobalah untuk mulai membawa makanan sendiri dari rumah. Makan siang di kedai atau rumah makan memang bisa membuat penghasilanmu cepat habis. Nah dari sinilah bila kamu sering mendapati gaji yang cepat habis maka usahakan untuk membawa bekal makan siang dari rumah. Selain bisa menghemat, membawa bekal makan siang dari rumah dapat membuatmu mendapatkan gizi yang baik untuk tubuh.

  1. Beli Bahan Makanan dalam Jumlah Besar dan Bekukan

Terakhir, tips berhemat yang bisa kamu lakukan untuk menghindari gaji cepat habis adalah dengan membeli bahan makanan dan jumlah besar dan bekukan. Bahan-bahan makanan yang bisa dibekukan ini memang akan membuatmu dapat menghemat uang. Apalagi bila bahan-bahan makanan tadi bisa kamu dapatkan dengan harga murah dari petani atau dari promo, maka peluangmu untuk berhemat akan bisa kamu lakukan.

Itulah beberapa cara atau tips yang bisa kamu lakukan untuk berhemat tanpa harus selalu menunggu-nunggu waktu gajian karena uang yang habis. Dari tips ini maka kamu akan mampu mendapatkan uang yang cukup untuk menjalani kehidupan dan bahkan untuk menyongsong masa depan lebih baik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top