Tips

Intip dan Terapkan 5 Tips Belanja Cerdas untuk Menghemat Uang!

Pada umumnya, wanita hobi berbelanja atau shopping. Bahkan, banyak dari mereka menganggap bahwa belanja menjadi alternatif untuk menyenangkan diri. Terlebih lagi jika ada salah satu pusat perbelanjaan yang mengadakan program diskon, pasti akan banyak para pembeli membanjiri mall atau gerai perbelanjaan yang menawarkan harga menarik tersebut. Tidak sedikit dari mereka yang selalu kalap saat berbelanja, mereka seakan-akan lapar mata sehingga membeli segala sesuatu yang diinginkan namun tidak dibutuhkan. Belanja memang suatu kebutuhan, namun bukan berarti Anda harus bersikap boros bukan? Sebagai konsumen yang bijak, sebaiknya Anda harus cerdas berbelanja agar keuangan Anda tetap hemat dan terkelola dengan baik. Lalu, bagaimana caranya? Yuk, bagi Anda yang doyan sekali berbelanja. Simaklah beberapa tips belanja cerdas untuk menghemat uang berikut ini.

  1. Belilah Barang yang Multifungsi

Jika Anda termasuk wanita penggila belanja, sebaiknya belilah barang yang multifungsi sekaligus. Contohnya Anda membeli pakaian di salah satu butik ternama, maka belilah pakaian yang bisa dikenakan di kala musim panas maupun musim hujan. Sehingga, pakaian tersebut bisa kapan pun digunakan tanpa harus membeli pakaian baru lagi. Sama halnya dengan membeli aksesoris, belilah yang bisa dikenakan saat acara formal maupun non formal. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli barang yang lain.

  1. Lakukan Evaluasi Terhadap Barang yang Akan Dibeli

Saat Anda menemukan banyak pilihan barang, maka Anda perlu mengevaluasi barang tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya. Misalnya, menemukan sebuah gaun yang menurut Anda menarik dan indah. Tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah gaun indah tersebut memang dibutuhkan untuk dikenakan dalam waktu dekat ini? Selain itu, tanyakan juga apakah gaun tersebut akan membuat Anda nyaman saat dipakai? Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda akan terbantu untuk membuat keputusan yang benar. Jika memang gaun itu sedang diskon harganya, namun jika gaun yang hendak dibeli itu tidak cocok dipakai. Nah, untuk apa membelinya kalau hanya membuang-buang uang saja?

  1. Beli Barang yang Timeless

Selanjutnya, belilah barang yang timeless. Saat Anda memutuskan untuk membeli pakaian dari salah satu perancang terkenal, ingatlah bahwa tren fashion akan selalu berubah-ubah. Meskipun tren fashion berubah-ubah, namun fashion dengan nuansa klasik tidak akan pernah pudar lho. Oleh karena itu, pilihlah pakaian dengan desain klasik agar dapat terpakai sampai kapan pun.

  1. Konsisten dan Cermat

Sebelum Anda berbelanja, buatlah daftar listnya terlebih dahulu. Hal ini tentu sangat penting dilakukan agar Anda terhidar dari sifat boros, belanja pun sesuai dengan keperluan yang dibutuhkan. Apabila Anda hendak berbelanja di supermarket, maka sebaiknya teliti dalam memilih produk. Jangan lupa, cek juga tanggal kedaluwarsanya apakah makanan atau minuman tersebut sudah jatuh tempo atau belum. Bila perlu, cek dan bandingkan harga barang yang akan dibeli. Karena, seringkali barang yang sama memiliki harga berbeda di supermarket lainnya. Oleh karena itu, jangan segan untuk membandingkan produk dari supermarket dengan supermarket lainnya. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan produk atau barang yang dibutuhkan dengan harga lebih murah.

  1. Manfaatkan Voucher dan Diskon untuk Membeli Produk

Terakhir, tips belanja cerdas untuk menghemat uang yang bisa Anda praktekkan adalah memanfaatkan voucher dan diskon untuk membeli produk. Dengan memanfaatkan voucher dan diskon, belanja pun akan lebih hemat bukan? Sebelum membeli produk dengan memanfaatkan voucher dan diskon tersebut, ada baiknya cek terlebih dahulu apakah benar diskon yang diberikan benar-benar mendapatkan potongan harga atau tidak. Sebab, ada juga toko yang menaikkan harganya terlebih dahulu sebelum memberikan diskon tersebut. Sementara voucher, biasanya bisa didapatkan melalui promosi tertentu. Contohnya, seperti program menabung dari Bank yang menawarkan program undian dengan memberikan ratusan keping emas dan hadiah lainnya berupa voucher kepada para nasabahnya yang beruntung. Program ini, biasanya memiliki waktu dan batas tertentu. Jadi, pastikan Anda menukarkan voucher tersebut pada tanggal yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara.

Nah, itulah beberapa tips belanja cerdas untuk menghemat uang yang bisa dipraktekkan ke dalam kehidupan Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top