Lainnya

5 Tips Efektif Jalankan Kerja Tim dari Rumah Karena Covid-19

kerja-tim-work-from-home

kerja tim work from home/https://thread.zalora.co.id/

Dalam keadaan pandemi Covid-19, kebijakan Work From Home (WFH) memang telah membuat banyak pekerja harus menjalankan pekerjaannya di rumah. Bekerja di rumah ini memang tidak semudah dibayangkan, apalagi bagi pekerja yang sudah terbiasa dengan rutinitas di kantor. Meskipun sudah didukung teknologi yang memungkinkan pekerjaan dilakukan secara jarak jauh, tapi tetap saja ada banyak hal yang sulit untuk dilakukan dengan baik. Apalagi bila seseorang diharuskan untuk menjalankan kerja tim, maka dalam work from home ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Nah berikut ada beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk melakukan kerja tim dari rumah.

  1. Manfaatkan Teknologi

Tips pertama untuk jalankan kerja tim dari rumah adalah dengan memanfaatkan teknologi. Karena bekerja secara jarak jauh dari rumah maka kamu memang membutuhkan teknologi yang bisa menghubungkan dengan rekan kerja lain. Teknologi yang ada saat ini untungnya banyak yang bisa membantu kita mengerjakan keraja tim. Sebut saja seperti aplikasi percakapan instan, video conference hingga platform pengerjaan dokumen bersama. Beberapa teknologi tadi memang akan bisa membantu Anda untuk menjalankan kerja tim. Tapi agar teknologi tadi benar-benar efektif maka Anda harus bisa memastikan adanya dukungan jaringan internet yang stabil.

  1. Lakukan Pengecekan Harian

Karena tidak bisa melakukan laporan secara langsung seperti di kantor, maka kerja tim di rumah ini memang membutuhkan pengecekan secara rutin. Pengecekan secara rutin setiap hari ini memang bisa membuat progress dapat diperoleh. Jadi pastikan saja adanya sistem yang terintegrasi dalam hal pengecekan secara harian seperti absensi, pelaporan berkas atau dokumen yang telah dikerjakan dan juga pelaporan lain. Sistem ini bisa saja dijadikan sebagai sebuah peraturan atau juga dalam bentuk media seperti aplikasi tersendiri yang lebih baik. Dengan adanya pengecekan harian yang terintegrasi sistem ini maka kerja tim akan bisa dilakukan dengan baik dan optimal.

  1. Perbanyak Komunikasi

Berikutnya, tips efektif untuk jalankan kerja tim di rumah adalah dengan memperbanyak komunikasi. Dalam kerja tim secara jarak jauh yang tidak memungkinkan bertemu secara langsung maka komunikasi ini memang sangat diperlukan. Sebab dengan adanya komunikasi yang intens ini maka akan bisa diketahui seberapa cepat progress dari pekerjaan. Tapi tanpa adanya komunikasi yang intens maka kerja tim ini akan sulit dipantau progressnya. Untuk melakukan komunikasi secara jarak jauh dari rumah sendiri kita bisa melakukannya dengan mudah. Ini dikarenakan sekarang ada teknologi yang dapat membantu Anda untuk melakukan komunikasi jarak jauh seperti aplikasi percakapan atau chat instan hingga video conference.

  1. Pasang Target dan Ekspektasi

Saat bekerja di rumah memang akan banyak hal atau distraksi yang bisa membuat kita tidak fokus bekerja. Nah dari sinilah maka dalam bekerja di rumah secara mandiri atau tim dibutuhkan sebuah target dan ekspektasi agar kita selalu termotivasi. Tapi bila pekerja menjalankan work from home ini tidak disertai dengan target dan ekpektasi, bisa saja akan banyak yang terbengkalai. Terkait dengan kerja tim sendiri maka bila tidak disertai target dan ekspektasi bisa saja akan terjadi kegagalan. Maka dari itu agar kita dan pekerja lain bisa selalu termotivasi dan bersemangat untuk mensukseskan kerja tim, pastikan untuk memasang target dan ekspektasi disetiap waktunya.

  1. Fokus Pada Hasil, Bukan Aktivitas

Terakhir, tips efektif jalankan kerja tim di rumah adalah dengan berfokus pada hasil bukan aktivitas. Untuk mendapatkan progress yang baik, kita memang harus berfokus pada hasil pada setiap pekerjaan yang sedang dikerjakan, termasuk untuk kerja tim. Karena ketika Anda bekerja di rumah ini bisa jadi akan banyak hal atau aktivitas yang dikerjakan. Sayangnya aktivitas tersebut memang tidak akan banyak membantu pekerjaan utama. Sebab hanya fokus pada hasil lah yang bisa membuatmu cepat menyelesaikan pekerjaan.

Demikianlah beberapa tips efektif yang bisa Anda jalankan saat harus menjalankan kerja tim dari rumah. Sekali lagi work from home karena pandemi Covid-19 ini memang membuat kita harus kreatif mencari cara bagaimana agar tetap produktif meski harus menjalankan pekerjaan dirumah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top