Bisnis Online

5 Tips Jalin Kerjasama dengan Influencer Agar Bisnis Anda Optimal

tips kerjasama influencer

Salah satu teknik pemasaran bisnis yang mumpuni untuk membuat bisnis terus bertumbuh adalah dengan menggunakan jasa influencer. Influencer yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi audiens dalam hal ini konsumen, tentu akan bisa membuat dampak positif bagi bisnis Anda. Tapi sayangnya tidak semua pebisnis sukses meraih apa yang diharapkan dari marketing ini. Akibatnya karena sudah mengeluarkan biaya, maka kerugianlah yang didapati. Maka dari itu sebelum Anda memutuskan untuk menjalin kerjasama dengan influencer, maka cobalah untuk menerapkan beberapa tips ini agar apa yang diperoleh nantinya adalah pertumbuhan bisnis yang optimal.

  1. Perhatikan Popularitas Influencer dan Sesuaikan dengan Bidang Bisnis Anda

Pertama, tips menjalin kerjsama dengan influencer adalah dengan memperhatikan popularitas dan bidang influencer. Dengan semakin banyak influencer yang ada sekarang ini maka muncul tingkatan popularitas influencer. Nah agar apa yang dikerjakan inlunecer bisa berdampak positif pada bisnis Anda, usahakan untuk memilih influencer yang sudah terkategori populer atau dikenal baik oleh masyarakat. Selain itu jangan lupa untuk memilih influencer yang sesuai dengan bidang bisnis Anda. Influencer memang bisa dikategorikan pada bidang-bidang tertentu sesuai keahlian atau konten yang sering dihadirkan. Nah dari sini carilah influencer yang satu bidang dan satu jiwa dengan bisnis Anda. Dengan influencer yang satu kesamaan dengan bidang bisnis, maka Anda akan bisa menarik lebih banyak konsumen.

  1. Lihat dan Pelajari Feed dan Konten yang Dibagikan

Jika Anda binggung menentukan satu dari beberapa influencer yang satu bidang, maka Anda bisa melihat dan mempelajari konten dan feed yang dihadirkan. Lihatlah media sosialnya, lalu pelajari satu per-satu konten atau postingan yang pernah ditampilkan. Dari sana, pilihlah influencer yang bisa menghadirkan konten-konten dengan respon terbaik dari netizen. Lihat juga bagaimana mereka membuat konten dari desain dan juga cuitan atau caption yang ditulisnya. Pilihlah influencer yang mampu membuat desain serta cuitan atau caption yang mampu menarik perhatian. Selain itu pilihlah influencer yang konsisten dalam membuat konten.

  1. Nama Baik dan Keramahan Influencer

Berikutnya, tips menjalin kerjasama dengan influencer adalah cari yang memiliki nama baik dan ramah. Influencer memang sulit luput dari komentar negatif dari netizen. Sebaik apapun namanya, selalu ada saja netizen yang berkomentar pedas. Tapi Anda bisa menilai sendiri dari apa yang banyak dibicarakan warganet. Bila influencer tersebut jarang dibicarakan keburukannya dan jarang mengundang kontroversi, maka Anda bisa menjadikannya pilihan. Bila memungkinkan cobalah cari influencer yang berprestasi, ini akan lebih baik untuk bisnis Anda. Selain itu coba juga cari influencer yang ramah. Kenapa harus ramah? Sebab dari keramahan yang dihadirkan bisanya mereka akan bisa lebih mudah menyentuh hari publik sehingga akan membuat bisnis Anda terpromosikan dengan optimal.

  1. Fee yang Diminta Influencer

Dalam menjalankan startegi marketing ini Anda memang perlu menyiapkan dana untuk jasa dari influencer tersebut. Berapa besarannya? Tentu saja besaran dananya bervariasi tergantung tingkat popularitas influencer tersebut. Nah dari sini Anda perlu mengetahui besaran fee atau dana yang diminta influencer. Pastikan fee yang diminta influencer masih sesuai dengan budget atau anggaran marketing yang Anda miliki. Jangan memaksakan diri mengambil jasa influencer yang mahal sehingga membebani keuangan perusahaan Anda. Sebab, bila keuangan perusahaan sudah goyah, maka hal ini akan membuat bisnis Anda terancam.

  1. Kesediaan Menjadi Partner dalam Jangka Panjang

Terakhir, tips jalin kerjasama dengan influencer adalah dengan mencari yang mau ditawari kerjasama jangka panjang. Bila Anda sudah cocok dengan influencer yang akan dipilih, maka cobalah untuk menawarkan kerjasama jangka panjang. Usahakan Anda bisa mendapatkan kerjasama jangka panjang. Dengan tawaran kerjasama jangka panjang ini maka Anda akan bisa mendapatkan beberapa keuntungan. Selain Anda tak perlu lagi buang-buang waktu untuk mencari influencer, Anda juga bisa berpeluang mendapatkan harga murah. Dengan kerjasama jangka panjang itu artinya Anda memang akan berlangganan pada influencer tersebut. Nah dari sini Anda bisa meminta tarif langganan pada influencer untuk harga yang lebih murah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top