StartUp dan UKM

5 Tips Kembali Memulai Bisnis Setelah Alami Kebangkrutan

memulai-bisnis-setelah-gagal

memulai bisnis/https://www.allbusiness.com/

Dalam bisnis, kegagalan bahkan kebangkrutan memang menjadi salah satu hal yang tak bisa dipisahkan. Tapi meski sudah merupakan hal biasa, sayangnya risiko ini tidak bisa diterima oleh semua pebisnis. Seringkali didapati para pebisnis yang kecewa berat bahkan depresi setelah dirinya mengalami kegagalan atau kebangkrutan. Setelah mengalami kegagalan atau kebangkrutan sendiri, banyak dari pebisnis yang lantas kapok dan tidak mau lagi terjun ke dunia wirausaha. Sebenarnya kegagalan ini merupakan batu pijakan untuk bisa meraih sukses di langkah berikutnya. Sayangnya tidak semua pebisnis memahami hal ini dan menganggap bahwa kegagalannya adalah titik akhir. Anda sebagai pebisnis sejati tentu harus memiliki sikap yang lebih bijak yaitu menghadapi atau kembali bangkit untuk berbisnis lagi. Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk kembali memulai bisnis setelah alami kebangkrutan.

  1. Keep Positif Thinking

Tips pertama untuk Anda yang akan kembali memulai bisnis setelah alami kebangkrutan adalah dengan selalu berpikir positif. Mental memang menjadi masalah utama bagi seseorang yang telah mengalami kebangkrutan usaha. Biasanya mereka yang down setelah mengalami kebangkrutan adalah mereka yang sulit untuk berpikir positif. Mereka menganggap bahwa kegagalan yang mereka alami ini merupakan titik akhir. Tentu pandangan seperti ini adalah sesuatu yang salah. Sebab kegagalan sendiri seharusnya dimaknai sebagai sebuah hal yang wajar dalam bisnis dan menjadi batu pijakan untuk semakin mendekati keberhasilan. Untuk memiliki mental yang seperti ini maka menanamkan selalu pikiran positif adalah hal yang sangat perlu untuk dilakukan.

  1. Mulailah dengan Apa yang Ada

Setelah mengalami kegagalan atau kebangkrutan pastinya keuangan Anda goyah dan tidak stabil. Nah dari sinilah Anda yang akan kembali memulai bisnis harus bisa mengoptimalkan apa yang ada. Sebenarnya Anda bisa meminjam uang, tapi cobalah usahakan untuk tidak melakukannya. Sebab, berhutang bisa membuat beban Anda akan semakin banyak dan dapat kembali menurunkan mental Anda. Jadi mulai saja dengan apa yang ada dulu. Anda tidak harus menjalankan bisnis dengan modal besar seperti yang Anda harapkan. Dengan modal seadanya, Anda bisa memulai usaha dengan modal kecil dulu. Setelah mendapatkan beberapa keuntungan, maka Anda bisa mengembangkan usaha tadi agar terus semakin berkembang dan bertumbuh.

  1. Pikirkan untuk Pindah Bidang Usaha

Berikutnya, tips memulai bisnis setelah mengalami kebangkrutan adalah dengan memikirkan bidang usaha lain. Kegagalan dan kebangkrutan yang Anda alami memang bisa saja terjadi karena Anda ternyata salah memilih bidang usaha. Dari sinilah mencari alternatif bidang usaha lain dapat menciptakan peluang keberhasilan Anda. Meski tidak menjamin 100 persen Anda bisa sukses, tapi setidaknya dengan bidang usaha yang baru ini dapat memunculkan kembali bersemangat untuk berbisnis. Ini tentu penting bagi Anda setelah mengalami keterpurukan.

  1. Belajarlah Pada Pengalaman

Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Itulah pepatah yang memang harus selalu kita tanamkan dalam diri. Dengan pengalaman yang sudah Anda alami selama ini, tentu Anda punya pelajaran-pelajaran penting dalam bisnis. Inilah sebenarnya sesuatu yang seharusnya dijadikan dasar untuk para pebisnis kembali melangkah setelah mengalami keterpurukan. Anda bisa belajar dari pengalaman sebelumnya untuk kemudian kembali menjalankan bisnis yang lebih baik. Ketika Anda belajar dari pengalaman sebelumnya, tentu Anda tidak akan melakukan kesalahan yang pernah dibuat. Sebab Anda tahu bahwa kesalahan tersebut bisa membuat Anda mengalami kegagalan.

  1. Percayalah Selalu Akan Adanya Peluang Sukses

Terakhir, tips untuk kembali memulai bisnis setelah alami kebangkrutan adalah dengan selalu percaya bahwa selalu ada pintu terbuka meraih keberhasilan atau sukses. Anda harus belajar dari kisah-kisah pebisnis sukses yang memang banyak yang mengalami kegagalan seperti Anda sebelum meraih sukses. Bahkan Colonel Sanders yang merupakan pendiri atau founder KFC, baru mencapai kesuksesan setelah di usia 65 tahun setelah mengalami penolakan sebanyak 1.007 kali. Dari pelajaran Colonel Sanders ini seharusnya membuka pemahaman kita bahwa peluang sukses itu akan selalu ada bila kita terus mencoba. Tapi bila Anda sudah menyerah ketika mendapati kegagalan, maka pintu keberhasilan tersebut akan langsung tertutup.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top