Peluang Usaha

5 Tips Sukses Bisnis Ikan Cupang untuk Pemula

tips-bisnis-ikan-cupang

ikan cupang/https://www.goodnewsfromindonesia.id/

Ikan cupang saat ini memang menjadi primadona banyak kalangan untuk dipelihara. Dengan besarnya penggemar ikan cupang tentu akan memunculkan peluang usaha atau bisnis. Ikan yang banyak digemari anak-anak hingga dewasa ini memang tidak terlalu sulit dalam perawatannya. Namun ketika Anda memperjualbelikan, tentu harus ada perawatan ekstra yang harus dijalankan. Terlebih bila Anda menjual jenis ikan cupang yang harganya tinggi, maka perawatannya harus lebih cermat. Nah untuk itulah Anda yang berencana berbisnis ikan cupang perlu menjalankan beberapa tips berikut ini.

  1. Cari Supplier yang Tepat

Tips sukses pertama berbisnis ikan cupang untuk pemula adalah dengan mencari supplier yang tepat. Kamu yang berencana menjualnya saja, maka perlu mencari supplier ikan cupang yang tepat. Supplier ini nantinya akan membantu Anda memasok ikan cupang untuk toko. Pastikan supplier ikan cupang yang Anda ajak kerjasama ini memiliki cara memilih bibit dan juga pembudidayaan ikan cupang yang baik. Namun bila Anda juga ingin membudidayakannya, maka ilmu dan wawasan budidaya ikan cupang perlu Anda kuasai. Dalam budidaya ini jangan sampai Anda salah memilih bibit dan juga salah dalam proses pembudidayaannya.

  1. Pahami Perawatan Ikan Cupang

Meski Anda tidak melakukan budidaya dan hanya menjualnya saja, namun teknik perawatan ikan cupang ini perlu Anda kuasai. Hal ini dikarenakan ikan cupang yang Anda jual di toko tidak akan langsung habis dibeli konsumen. Nah selama ikan cupang belum dibeli konsumen dan berada di toko, Anda perlu merawatnya dengan baik agar tidak mati. Untungnya untuk merawat ikan cupang ini tidak terlalu rumit. Tapi walau demikian perawatan ikan cupang ini tidak hanya sekedar memberi makan saja. Maka dari itu agar bisnis ikan cupang Anda sukses, pastikan untuk memahami teknik perawatannya dengan baik. Ilmu perawatan ikan cupang ini sendiri bisa Anda pelajari melalui buku atau dari informasi yang ada di internet.

  1. Jangan Ragu Jual di Online

Berikutnya, tips berbisnis ikan cupang untuk pemula adalah dengan tidak ragu menjualnya secara online. Menjual ikan cupang di ranah online dengan teknik pengiriman melaui kurir memang masih dinilai riskan bagi beberapa pedagang. Namun dalam kenyataannya bila proses pengiriman oleh kurir ini tidak terlalu jauh dan tidak memakan waktu berminggu-minggu, tentu ikan cupang masih aman untuk dikirim. Dengan begitu besarnya pangsa pasar di dunia online memang akan membuat Anda bisa meraup banyak keuntungan bila mau menerapkan cara berjualan daring ini. Maka dari itu Anda tak perlu ragu menjual ikan cupang ini secara online. Dengan mengemas ikan cupang dengan baik dan mengirimkannya melalui ekspedisi yang tepat, maka ikan cupang akan aman ketika dikirim hingga sampai alamat penerima.

  1. Hadirkan Berbagai Varian Ikan Cupang

Ikan cupang memang ada beragam varian atau jenis. Nah dari sinilah maka usahakan untuk menjual ikan cupang dengan berbagai pilihan. Dengan menghadirkan ikan cupang dengan berbagai pilihan maka Anda punya banyak target pasar hingga mampu menarik banyak konsumen datang. Tidak hanya dari kalangan menengah ke bawah, tapi dengan menjual ikan cupang varian terbaik, Anda juga bisa menjaring kalangan menengah ke atas. Dari sini konsumen pun akan selalu senang berbelanja di toko ikan Anda karena adanya berbagai varian ikan cupang yang dijual.

  1. Ikutlah Komunitas Pecinta Ikan Cupang

Terakhir, tips sukses jalankan bisnis ikan cupang bagi pemula adalah dengan ikut komunitas. Dengan semakin populernya ikan cupang memang bisa kita jumpai beberapa komunitas atau pecinta hobi ikan cupang. Keberadaan komunitas ikan cupang ini perlu Anda cermati dan seharusnya juga Anda bergabung di dalamnya. Ketika Anda bergabung dengan komunitas pecinta ikan cupang maka akan ada peluang bagi bisnis untuk meningkatkan penjualan. Sebab dari komunitas inilah akan banyak calon konsumen dan pelanggan yang akan membeli ikan cupang dari toko Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top