Tips

6 Tips Makan di Restoran Saat Masa “New Normal” Berlangsung

makan-di-restoran-new-normal

makan di restoran new normal/https://www.meadvilletribune.com/

Masa kehidupan baru atau “New Normal” pastinya akan kita hadapi bersama ke depan. Karena masa pandemi Covid-19 yang belum usai, kehidupan “New Normal” memang mau tidak mau harus kita jalankan. Saat New Normal ini diberlakukan, tentu pola kehidupan yang berlaku tidak akan sama seperti semula sebelum pandemi. Dari sinilah maka ketika PSBB sudah dilonggarkan dan New Normal diberlakukan, maka kita akan menjumpai beberapa perbedaan dari pola kehidupan manusia sehari-hari. Salah satu sisi kehidupan manusia yang akan terpengaruh dari penerapan New Normal adalah makan di restoran. Restoran sebagai tempat berkumpul atau berkerumunnya manusia memang bukan tidak mungkin bisa memicu penularan bila tidak diterapkan protokol kesehatan pada masa New Normal ini. lalu seperti apa tips makan di restoran pada masa New Normal nanti? Berikut penjelasannya menurut BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makan).

  1. Memastikan Restoran Bersih

Tips pertama makan di restoran pada masa New Normal yaitu degan memastikan tempat tersebut bersih. Tidak hanya mengenai tempat makannya saja, tapi Anda juga harus bisa memastikan menu dan peralatan masak yang digunakan untuk membuat menu juga bersih dan steril. Lalu bagaimana mengetahui bahwa restoran tersebut bersih? Tenang, Anda tidak perlu melakukan investigasi secara mendalam. Sebab nantinya pada masa New Normal, restoran-restoran yang ada akan berlomba-lomba untuk menarik konsumen dengan cara memberi informasi bahwa tempatnya bersih dan steril. Dari sinilah maka Anda bisa memilih restoran yang memberikan garansi kebersihannya tersebut.

  1. Jaga Jarak

Penularan virus corona memang sangat mungkin terjadi saat ada kerumunan banyak orang tanpa ada jarak. Nah dari sinilah maka salah satu wujud protokol kesehatan yakni menjaga jarak memang harus dijalankan di setiap tempat umum termasuk di restoran. Aturan jaga jarak sendiri menurut protokol kesehatan dari Who adalah minimal 1 meter. Untuk melihat penerapan jaga jarak di restoran ini sendiri, Anda bisa menilainya dari beberapa hal berikut, yaitu :

  • Bagaimana tata pengaturan antar meja makannya?
  • Bagaimana pengaturan antrian pembeli di tempat pembayaran?
  • Bagaimana aturan penyajian oleh pramusaji kepada pembeli?

Pada kasus lain dalam kaitannya dengan aturan jaga jarak ini bisa saja muncul ketentuan dari pihak restoran yang membatasi pembeli yang masuk.

  1. Penggunaan Masker dan Sarung Tangan

Berikutnya, tips makan di restoran saat masa “New Normal” berlangsung adalah melihat aturan penggunaan masker dan sarung tangan. Masker memang menjadi salah satu perlengkapan yang sangat dianjurkan untuk selalu dikenakan dalam pencegahan virus corona. Nah dari sini, maka ketika Anda berencana akan makan di restoran, cobalah untuk melihat bagaimana aturan penggunaan masker yang diterapkan pihak restoran. Bila memang ada penerapan penggunaa masker, maka restoran tersebut bisa Anda jadikan rujukan. Untuk penggunaan sarung tangan sendiri, hal ini berlaku untuk koki dan pelayan atau pramusaji yang bekerja di restoran tersebut.

  1. Adanya Tempat Cuci Tangan dengan Ketersediaan Air dan Sabun

Mencuci tangan dengan sabun memang menjadi langkah yang sangat efektif untuk membunuh atau mematikan virus corona. Nah dari sinilah ketika pandemi masih berlangsung, maka tempat cuci tangan akan selalu dicari. Dalam kaitannya dengan makan di restoran Anda pun harus memastikan adanya tempat cuci tangan beserta lengkap dengan ketersediaan air dan sabunnya.

  1. Pilih Menu yang Sehat

Di sebuah restoran tentu kita akan mendapati banyak menu. Nah untuk bisa membuat tubuh atau imunitas kita selalu baik dan terhindar dari penularan Covid-19 maka Anda perlu memilih menu yang sehat. Pilihlah menu yang matang dengan sempurna dan dibuat dari bahan-bahan yang bernutrisi dan bermutu.

  1. Take Away

Terakhir, tips makan di restoran pada masa New Normal nanti adalah dengan membeli secara take away. Bila Anda masih ragu untuk makan langsung di restoran, maka Anda bisa memilih membawa dan memakannya di rumah (take away). Dengan cara ini maka Anda pun akan lebih aman dari penularan virus corona.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: