Keuangan

Acara Tahun Baru Tak Harus Boros Uang, Ini yang Harus Anda Lakukan!

staycation di hotel

staycation di hotel/https://travelingyuk.com/

Sudah menjadi tradisi saat tahun baru tiba ada banyak agenda yang dilakukan orang-orang. Dari liburan, pesta akhir tahun, silaturahmi atau acara lainnya, merupakan beberapa contoh agenda yang dilakukan orang-orang dalam pergantian tahun. Nah saat menjalankan agenda akhir tahun ini pastinya akan banyak pengeluaran yang muncul. Karena ada banyak pengeluaran yang muncul, maka tidak sedikit kemudian dari mereka yang mendapati keuangannya menjadi kacau dan tidak sehat setelah tahun baru. Nah agar Anda bisa menghindari hal ini, perlu dilakukan beberapa cara untuk mengantisipasinya. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat acara tahun baru tidak boros uang.

  1. Cari Tempat Liburan yang Dekat

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat acara atau agenda tahun baru ini tak boros uang yaitu mencari tempat liburan yang dekat. Agenda liburan di akhir tahun memang menjadi salah satu kegiatan yang banyak membuat isi dompet terkuras. Ini karena dalam liburan ada banyak hal yang harus dipersiapkan seperti transportasi, penginapan, tiket objek wisata, kuliner dan lainnya. Dari sinilah maka liburan akan menjadi agenda yang sangat bisa membuat kita boros. Untuk mengatasi hal ini maka Anda perlu membuat liburan menjadi hemat dengan cara mencari tempat yang dekat. Dengan berlibur di tempat yang dekat dari rumah, memang akan banyak hal yang bisa Anda hemat seperti penginapan, makanan hingga transportasi.

  1. Bikin Acara Malam Tahun Baru di Rumah

Acara tahun baru memang tak harus dilakukan di luar rumah atau luar kota yang dapat membuat isi dompet ludes. Nah solusi untuk tetap bisa merayakan tahun baru dengan hemat adalah menggelarnya di rumah. Mengagendakan acara malam tahun di rumah memang tidak ada buruknya. Keseruan perayaan malam tahun baru di rumah tetap bisa Anda dapatkan bila mampu mengkonsep acara dengan baik. Ya, Anda hanya membutuhkan ide dan konsep yang menarik untuk malam tahun baru di rumah. Dengan merayakan malam tahun baru di rumah maka Anda pun bisa menghemat banyak pengeluaran dibanding merayakan tahun baru di luar rumah.

  1. Jalankan Staycation

Berikutnya, hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghindari kantong jebol akibat borosnya agenda tahun baru adalah dengan menjalankan staycation. Staycation saat ini memang sedang menjadi tren dan fenomena baru untuk menikmati liburan dengan cara yang lebih hemat. Staycation sendiri merupakan teknik berlibur hemat karena dilakukan di tempat terdekat atau local area. Bahkan dengan keberadaan penginapan yang menawarkan banyak hal menarik membuat staycation ini juga bisa Anda lakukan di area hotel. Dengan menjalankan staycation maka Anda akan bisa berhemat di akhir tahun karena Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk beberapa kegiatan seperti tiket destinasi, transportasi dan lainnya.

  1. Rencanakan Jauh-jauh Hari

Anda yang memang sudah memiliki agenda rutin liburan di akhir tahun, maka Anda harus merencanakannya jauh-jauh hari. Dengan merencanakan agenda liburan akhir tahun jauh-jauh hari, Anda memang bisa menghemat pengeluaran. Apalagi bila Anda lakukan bersamaan dengan cara menabung, maka Anda akan bisa mendapatkan lebih banyak kemudahan. Saat merencanakan agenda tahun baru jauh-jauh hari ini Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya seperti penginapan, transportasi atau juga tiket masuk objek wisata. Harga beberapa item liburan tadi memang lebih murah saat dibeli jauh-jauh hari.

  1. Agendakan di Luar Peak Season

Terakhir, hal yang harus Anda lakukan untuk membuat acara tahun baru agar tidak boros uang adalah mengagendakan di luar peak season. Saat akhir tahun atau pergantian tahun memang menunjukkan momen peak season yang ramai dipenuhi oleh wisatawan. Nah dari sinilah saat peak season atau high season, harga item-item liburan ini memang cenderung naik. Tapi bila diluar momen tersebut, harga-harag dari item liburan akan turun. Maka dari itu Anda yang ingin menghemat uang untuk acara tahun baru, lakukan saja diluar momen peak season. Momen di luar peak season sendiri biasanya terjadi di 2 minggu sebelum atau setelah tahun baru. Selain akan menghemat biaya, berlibur di luar peak season juga akan membuat Anda lebih nyaman saat berada di destinasi karena tidak banyaknya pengunjung yang datang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top