Keuangan

Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga, Coba Yuk!

liburan-hemat-keluarga

Liburan merupakan kegiatan yang banyak diminati banyak orang untuk membuat pikiran lebih segar lagi. Salah satu kalangan yang seringkali membutuhkan liburan adalah keluarga. Liburan bersama keluarga memang akan memunculkan keceriaan dan kebahagiaan sehingga keharmonisan pun bisa diraih. Tapi untuk menghadirkan liburan bersama keluarga Anda membutuhkan dana yang besar. Apalagi bila Anda memiliki anggota keluarga yang banyak, maka budget untuk liburan pun juga akan semakin membengkak. Dari sinilah maka tidak sedikit keluarga yang kemudian gagal mewujudkan liburan bersama keluarga. Tapi jangan khawatir, bila Anda benar-benar ingin mewujudkan liburan bersama keluarga, ada beberapa tips hemat yang bisa Anda terapkan.

  1. Hindari High dan Peak Season

Pertama, tips liburan hemat bersama keluarga yang bisa Anda jalankan adalah menghindari high dan peak season. Pada saat high dan peak season memang merupakan waktu-waktu dimana liburan menjadi agenda utama yang dilakukan banyak orang. Nah karena semua orang banyak melakukan liburan maka biasanya semua hal seperti akomodasi, tiket perjalanan serta tiket masuk destinasi mengalami kenaikan harga. Bila semua hal yang mendukung kegiatan liburan Anda mengalami kenaikan maka Anda pun harus menyiapkan dana yang lebih besar bila melakukannya pada high dan peak season. Maka dari itu cobalah untuk menghindari high dan peak season bila ingin liburan hemat bersama keluarga. Sebagai solusinya pilihlah masa low season di mana jarang atau sedikit orang yang melakukan kegiatan liburan dah harga-harga tidak mengalami kenaikan.

  1. Pesan Tiket Transportasi Jauh-jauh Hari

Anda yang berencana naik pesawat ketika akan melakukan kegiatan liburan, pastikan untuk memesannya jauh-jauh hari. Mengapa harus memesan jauh-jauh hari? Sebab, dengan memesan tiket transportasi jauh-jauh hari maka Anda akan terhindari dari kenaikan harga. Jadi bila memesan tiket jauh sebelum hari-H pemberangkatan maka harga yang bisa didapatkan lebih murah dibanding bila Anda memesan pada hari-H. Jadi cobalah untuk merencanakan dan kemudian memesan tiket pesawat jauh-jauh hari agar Anda bisa berlibur bersama keluarga dengan hemat.

  1. Mencari dan Booking Penginapan yang Dekat dengan Destinasi Liburan

Berikutnya, tips liburan hemat bersama keluarga adalah dengan mencari dan membooking penginapan yang dekat dengan destinasi liburan. Dengan memesan penginapan dekat dengan liburan maka Anda akan bisa menghemat untuk biaya transportasi. Selain itu penginapan yang dekat dengan destinasi liburan membuat Anda tak perlu jauh-jauh untuk berkuliner atau mencari makan. Dari sini Anda pun bisa menghemat lagi biaya transportasi. Umumnya karena banyaknya penginapan yang dekat obyek wisata, membuat mereka akan saling bersaing untuk merebut konsumen. Nah dari sinilah Anda bisa saja akan mendapatkan potongan harga yang lebih murah dari promo yang diberikan pihak penginapan.

  1. Cari Promo

Saat ini ada banyak platform yang menghadirkan harga promo untuk keperluan liburan Anda bersama keluarga. Misalkan saja promo penginapan atau juga promo tiket transportasi. Salah satu platform yang bisa Anda andalkan untuk mendapatkan harga promo tersebut adalah aplikasi smartphone yang bisa Anda dapatkan di Play Store atau App Store. Dengan mendapatkan harga promo untuk penginapan atau tiket perjalanan, maka Anda pun bisa menghadirkan liburan yang hemat bersama keluarga. Anda juga bisa mencari dan mendapatkan harga promo ini dari agen-agen perjalanan atau biro travel yang tak jarang juga menghadirkan promo setiap waktunya.

  1. Persiapkan Makanan dan Minuman Selama Berlibur

Terakhir, tips liburan hemat bersama keluarga adalah dengan mempersiapkan makanan dan minuman selama liburan. Harga makanan dan minuman di tempat-tempat wisata memang terbilang mahal-mahal. Nah hal ini bisa saja menguras dompet Anda bila Anda hanya mengandalkan makan dan minum di daerah wisata. Untuk mengatasinya, Anda perlu menghadirkan makanan dan minuman sendiri dari rumah untuk dibawa saat akan ke tempat wisata. Meski tidak bisa dinikmati dalam waktu yang lama tapi setidaknya Anda bisa sedikit menghemat untuk agenda liburan bersama keluarga.

Itulah beberapa tips liburan hemat bersama keluarga yang bisa Anda praktikkan. Dengan liburan hemat tentu Anda akan bisa lebih leluasa untuk melakukan banyak hal. Tapi pastikan sebelum Anda menjalankan beberapa tips di atas, Anda telah merencanakan liburan bersama keluarga dengan matang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top