Keuangan

Mau Liburan ke Luar Negeri dengan Cara Hemat? Lakukan 5 Hal Berikut Ini!

liburan-hemat-ke-luar-negeri

Berlibur merupakan salah satu kegiatan yang saat ini banyak diagendakan oleh seseorang atau keluarga. Dengan semakin meriahnya trend berlibur memang membuat industri bisnis dibidang pariwisata makin menggeliat. Bahkan trend berlibur sekarang ini bukan hanya berfokus pada kawasan domestik, tapi tujuan luar negeri pun banyak yang meminatinya. Meski berbiaya relatif lebih mahal, namun dengan sedikit cara dan trik, maka berlibur ke luar negeri ini bisa membuat Anda lebih bisa berhemat. Nah, dari sini Anda yang ingin berlibur ke luar negeri dengan biaya yang hemat maka ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Berikut ulasannya.

  1. Kemas Barang Seringkas Mungkin untuk Menghemat Biaya Bagasi

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa menghemat biaya liburan ke luar negeri adalah dengan memangkas biaya bagasi. Perjalanan ke luar negeri dengan maskapai low cost carrier (penerbangan berbiaya rendah) memang membuat Anda harus menyiapkan biaya bagasi. Nah beban biaya bagasi ini sendiri tergantung pada berat barang bawaan Anda. Semakin berat barang bawaan yang Anda bawa maka akan semakin mahal biaya bagasi yang harus ditanggung. Maka dari itu agar Anda tidak terkena biaya bagasi yang mahal maka pastikan Anda untuk meringkas barang-barang bawaan seefisien mungkin. Jadi pastikan Anda tidak membawa barang tidak penting yang hanya bisa menambah berat bagasi dan biayanya. Ketika pulang dari liburan, Anda juga perlu mempertimbangkan berat bagasi dengan mencuci kering dulu pakaian kotor yang bisa menambah berat bagasi. Jangan lupa juga usahakan untuk menyisakan ruang untuk oleh-oleh dalam satu koper atau tas agar tak perlu lagi membawa tas yang bisa menambah berat bagasi.

  1. Cari Tiket Penerbangan Promo atau Beli Jauh-jauh hari

Saat ini beberapa maspakai penerbangan memang tak jarang menawarkan tiket promo disetiap waktunya. Dengan tiket promo ini pastinya Anda bisa menghemat biaya liburan karena ada potongan harga yang didapatkan. Namun untuk bisa mendapatkan tiket penerbangan promo ini Anda harus selalu mengecek informasi pada website maskapai secara berkala. Pasalnya, tiket penerbangan promo ini tidak hadir setiap saat. Jadi ketika momennya tiba, maka Anda harus segera membelinya, karena bisa jadi tiket promo yang dihadirkan maskapai penerbangan ini terbatas. Tapi bila Anda tidak bisa mendapatkan tiket promo, maka cara lain yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan tiket penerbangan murah adalah dengan membelinya jauh-jauh hari. Pembelian tiket pada hari-H memang akan membuat Anda harus membayar harga yang lebih mahal, apalagi bila Anda berangkat pada saat high season atau peak season yang padat.

  1. Pilih Penginapan yang Murah

Ketika berlibur ke luar negeri pasti Anda akan membutuhkan penginapan untuk bermalam. Nah untuk Anda yang ingin menghemat biaya berlibur ke luar negeri maka penginapan juga bisa menjadi hal yang bisa Anda tekan pengeluarannya. Caranya pilih saja penginapan yang murah. Salah satu pilihan penginapan murah yang bisa Anda pilih saat berlibur ke luar nageri adalah hostel. Pilihan penginapan lain yang murah adalah kapsul yang saat ini sedang menjadi trend para backpacker untuk bermalam. Untuk mendapatkan penginapan yang mudah ini sendiri Anda bisa memanfaatkan akomodasi couchsurfing atau aplikasi Airbnb.

  1. Santap Makanan Berjenis Kuliner Lokal di Tempat Non-Restoran

Selanjutnya, cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghemat biaya berlibur ke luar negeri adalah dengan menyantap makanan-makanan berjenis kuliner lokal di tempat non-restoran. Kuliner lokal di tempat non-restoran memang memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding kuliner di restoran. Tapi bila Anda masih belum yakin dengan kelezatan pada menu yang disajikan, maka Anda bisa melihat pengunjungnya. Bila pengunjungnya ramai maka bisa jadi tempat makan tersebut cukup populer dan menghadirkan kuliner lezat. Tapi bila pengunjung tempat makan tersebut sepi maka hal ini membuat Anda perlu berpikir lagi mencari tempat makan lainnya.

  1. Pakai Transportasi Umum yang Murah

Terakhir, hal yang harus Anda lakukan untuk bisa liburan ke luar negeri dengan biaya hemat adalah dengan menggunakan transportasi yang murah. Transportasi yang murah untuk ke sana-kemari saat di luar negeri ini adalah transportasi umum, seperti bus, kereta atau lainnya. Hindari menggunakan taksi saat bepergian dari destinasi ke destinasi lain. Ini karena bila Anda menggunakan taksi maka Anda harus bersiap untuk mengeluarkan banyak uang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top