Bisnis Online

Agar Engagement Diraih, Perhatikan Waktu Terbaik Posting di Media Sosial Ini!

waktu terbaik posting di media sosial

Posting di Media Sosial/https://www.vecteezy.com/

Ibarat menembak benda bergerak, maka momentum dan ketepatan menjadi kunci untuk bisa menembak tepat sasaran. Begitu pula dalam marketing di media sosial, selain ketepatan dalam menentukan audiens beserta strateginya, momentum saat memposting juga jadi kunci keberhasilan. Mengenai waktu memposting terbaik, masing-masing media sosial punya waktu yang berbeda-beda. Maka dari itu Anda yang ingin mendapat engagement saat jalankan marketing di media sosial, perlu mengetahui waktu-waktu terbaik saat memposting konten. Nah berikut beberapa waktu terbaik saat memposting konten dari beberapa media sosial.

  1. Facebook

Meski tergolong media sosial jadul, namun keberadaan Facebook masih menjadi pilihan para pebisnis dalam penerapan strategi marketing online. Banyaknya fitur menarik yang mendukung bisnis seperti facebook ads, membuat media sosial kreasi Mark Zurkerberg ini tetap diminati. Namun demikian seperti yang dijelaskan bahwa saat memposting konten, Anda perlu memperhatikan waktu-waktu saat memposting di Facebook.

Dalam kutipan Sprout Social, secara umum, waktu terbaik melakukan posting di Facebook adalah Rabu pukul 11 pagi dan 1-2 siang. Sedangkan waktu terburuk melakukan posting di Facebook yakni hari Minggu di semua jam. Hari Minggu menjadi waktu yang buruk memposting konten dikarenakan saat itu banyak orang termasuk mungkin pengguna Facebook yang sibuk dengan kegiatan offline.

  1. Instagram

Media sosial berikutnya yang perlu Anda perhatikan terkait momentum terbaik postingnya adalah Instagram. Media sosial yang telah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif ini memang masih banyak diminati pebisnis untuk mempromosikan usahanya. Bahkan menurut laman resmi Instagram, dinyatakan bahwa dari 1 miliar lebih pengguna aktif tersebut, ada sekitar 25 juta akun bisnis. Tentu saja angka ini menjadi acuan bahwa Instagram tetap menjadi andalan para pengusaha untuk meraih engagement di ranah digital.

Dengan banyaknya fitur menarik untuk promosi bisnis, menjadi salah satu pendorong Instagram diminati para pengusaha. Meski memiliki banyak pengguna, Anda tetap harus memperhatikan waktu posting agar engagement bisa diraih. Menurut Sprout Social, waktu terbaik melakukan posting di Instagram adalah hari Rabu pukul 11 pagi dan hari Jumat pukul 10-11 pagi. Sedangkan waktu terburuk yang harus Anda hindari untuk memposting di Instagram adalah hari Minggu.

  1. Twitter

Jika Anda juga menggunakan Twitter sebagai platform untuk memperomosikan bisnis, maka Anda perlu juga membahas bagian ini. Twitter sendiri pada Q1 2019 sudah memiliki 330 juta pengguna aktif. Sedikit berbeda dengan media sosial lain, dalam strategi pemasaran di Twitter berlaku pernyataan bahwa semakin sering mengupload konten maka semakin mudah pula nantinya sebuah akun dilihat user lain.

Namun demikian bukan berarti lantas Anda melakukan posting di Twitter ini kapan saja. Sebab di Twitter juga ada waktu-waktu yang dinilai lebih optimal untuk memposting guna meraih engagement. Menurut Sprout Social, waktu terbaik posting di Twitter adalah pada hari Rabu atau hari Jumat pukul 9 pagi. Kenapa harus jam 9? Sebab pada waktu itu banyak pengguna Twitter yang ingin mengetahui update berita pada pagi hari. Sedangkan waktu terburuk untuk posting di Twitter adalah hari Sabtu.

  1. LinkedIn

Terakhir, media sosial yang perlu Anda ketahui waktu terbaik untuk memposting adalah LinkedIn. Meski penggunanya tidak sebesar Instagram atau Facebook, namun perkembangan LinkedIn yang perlahan meningkat membuat para pengusaha juga perlu mencermati media sosial yang berfokus pada jaringan profesional dan karier.

Jika Anda juga menjadikan LinkedIn sebagai platform untuk strategi marketing, perlu memahami bahwa postingan terbaik adalah pada hari Rabu pukul 8-10 pagi dan siang hari, Kamis pukul 9 pagi dan 1-2 siang, serta Jumat pukul 9 pagi. Sementara waktu terburuk untuk posting di LinkedIn adalah hari Minggu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top