Tips

Agar WFH Efektif, Coba Terapkan 5 Tips dari CEO Ini

Tips-efektif-Work-From-Home

tips-efektif-work-from-home/https://gizmologi.id/

Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kita bisa menjumpai banyak karyawan yang harus menjalankan pekerjaannya secara jarak jauh di rumah. Pekerjaan yang kemudian dikenal dengan nama Work From Home (WFH) ini kemudian menjadi populer karena telah menjadi kebiasaan. Tapi walau telah menjadi kebiasaan tapi sayangnya tidak semua karyawan bisa menjalankan WFH ini secara efektif. Nah untuk itulah kemudian salah satu CEO di Condeco Software Paul Statham memberikan tips-tips untuk membuat WFH berjalan lebih efektif. Paul Statham sendiri memang sudah punya pengalaman lebih dari 14 tahun dalam menjalankan WFH.

  1. “Berinvestasi” di Meja Sendiri

Pertama, tips menjalankan WFH dari Paul Statham secara efektif adalah dengan “berinvestasi“ di meja sendiri. Berinvestasi di meja ini maksudnya adalah Anda perlu menjaga kesehatan diri ketika menjalankan WFH. Sebab ketika bekerja di rumah, kamu pastinya akan duduk di kursi selama bejam-jam. Dari sinilah maka bukan tidak mungkin bisa muncul masalah pada tubuh seperti nyeri punggung atau juga sakit mata. Maka dari itu Paul Statham menyarankan karyawan yang akan menjalankan WFH perlu menjadikan kesehatan sebagai sesuatu yang penting pula. Bagaimana cara untuk menjaga kesehatan saat WFH? Paul Statham memberikan saran agar Anda yang menjalankan WFH tidak boleh terus-terusan duduk menghadap laptop. Pastikan dalam beberapa menit kamu berjalan-jalan dan mencari udara atau pemandangan segar.

  1. Lakukan Pertemuan Berjalan 

Saat ada bos menelepon Anda untuk menanyakan perkembangan project, kamu dapat mengangkat dan menjawabnya dengan berjalan-jalan di sekitar rumah. Dengan cara ini maka kamu bisa mendapatkan gerakan olahraga kecil yang penting untuk kesehatan. Tentu menjawab telepon dari bos tanpa menghadap laptop tidak akan mengganggu pekerjaan Anda. Dengan menjawab telepon tanpa menghadap pekerjaan, maka Anda pun bisa lebih fokus pada apa yang sedang dibicarakan. Jadi dari sini komunikasi pun akan dapat berjalan dengan efektif.

  1. Persiapan Makanan dan Minuman

Berikutnya, tips menjalankan WFH secara efektif dari Paul Statham adalah dengan mempersiapkan makanan dan minuman. Saat bekerja tubuh memang bisa mengalami lelah dan lemas karena berkurangnya asupan makanan atau minuman. Nah untuk itulah kamu perlu menyipkan sejumlah makanan dan minuman untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Tapi jangan lupa untuk menyiapkan makanan dan minuman yang bergizi agar tubuh mampu berkonsentrasi dengan lebih maksimal.

  1. Jalankan Teknis dan Strategi

Bekerja di rumah memang akan berbeda dengan bekerja di kantor. Umumnya bekerja di rumah akan membuat Anda berhadapan dengan banyak gangguan. Dari sinilah Paul Statham kemudian memberikan saran agar mereka yang menjalankan WFH perlu memiliki teknik dan strategi untuk bisa mengatasi gangguan. Caranya, Anda bisa memilih ruangan khusus di rumah untuk tempat bekerja. Bila rumah ada dua lantai pastikan saja Anda memilih ruangan yang berada di lantai dua agar kamu bisa lebih fokus dan konsentrasi bekerja. Agar WFH bisa berjalan optimal, Anda juga bisa menjalankan strategi penggunaan aplikasi kerja. Beberapa aplikasi kerja yang dapat membantu WFH Anda antara lain aplikasi Zoom, Slack, Confluence, Google Suite dan lainnya.

  1. Terapkan Pola Pikir ROWE

Terakhir, tips jalankan WFH secara efektif dari Paul Statham adalah dengan menerapkan pola pikir ROWE. ROWE sendiri merupakan akronik dari Results-Only Work Environment. Pola pikir ROWE sendiri membuat pekerja harus mementingkan hasil atau tujuan, walau itu harus menghabiskan waktu yang banyak. Menurut CEO Precision Nutrition Tim Jones dengan menerapkan pola pikir ini Anda juga akan bisa menjalani WFH yang tidak membosankan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top