Keuangan

Akhir Tahun Selalu Boros? Lakukan 5 Trik Ini

boros-akhir-tahun

boros akhir tahun/http://www.onlinereadershub.com/

Akhir tahun biasanya memang banyak agenda yang akan dilakukan banyak orang. Dari belanja, liburan hingga event-event lain merupakan beberapa contoh agenda akhir tahun yang memicu sikap boros. Bahkan saat ini akhir tahun selalu menjadi momen yang selalu membuat seseorang menjadi boros karena adanya Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Tentu sifat boros ini merupakan sesuatu yang buruk karena bisa menggoyahkan keuangan. Untuk itulah dalam menyambut tahun baru, memang diperlukan sebuah strategi dan trik agar kondisi finansial Anda tetap aman dan sehat. Nah berikut ini ada beberapa trik yang bisa Anda jalankan agar bisa menghindari sifat boros saat akhir tahun.

  1. Buat Wish List dan Anggarkan Budget

Trik pertama yang harus Anda jalankan untuk membuat akhir tahun tidak boros adalah dengan membuat wish list atau daftar keinginan dan harapan. Susunlah dulu apa-apa yang Anda harapkan dan Anda inginkan jelang akhir tahun baru tersebut. Setelah membuat wish list, lanjutkan dengan membuat anggaran atau budget. Anda memang harus menetapkan anggaran tertentu untuk kebutuhan akhir tahun tersebut. Pastikan anggaran ini adalah selisih dari kebutuhan utama dan juga investasi sudah Anda penuhi dulu. Jangan pula Anda memaksakan diri untuk berhutang untuk membuat anggaran akhir tahun ini menjadi lebih besar. Sebab bila Anda memaksakan berhutang, itu artinya Anda sedang memancing sifat boros tersebut muncul.

  1. Sortir Hal yang Tidak Perlu dan Sesuaikan dengan Budget

Setelah membuat wish list dan menetap anggaran, maka langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menyortir hal-hal dari wish list yang tidak perlu atau bisa ditunda. Anda memang harus berkomitmen untuk menyesuaikan diri dengan anggaran akhir tahun yang telah ditetapkan. Dari sinilah Anda harus melakukan sortir pada wish list yang dianggap tidak perlu atau mungkin bisa dilakukan atau dibeli lain waktu. Dengan budget atau anggaran yang terbatas maka Anda memang harus sepintar mungkin memilih wish list yang benar-benar penting saja. Sebab bila Anda menuruti semua wish list yang ada, bisa jadi Anda akan terjebak dalam sifat boros di akhir tahun yang dapat membuat finansial Anda jadi berantakan.

  1. Cari Promo

Selanjutnya, trik agar Anda tidak boros di akhir tahun adalah dengan mencari promo. Jelang akhir tahun memang seringkali banyak didapati promo dari beberapa pihak. Tidak hanya merchant belanja dan transportasi, beberapa pihak terakit penyelenggara wisata tak jarang juga menggelar promo. Dari sini maka bila Anda bisa mendapatkan promo yang dihadirkan tersebut, Anda akan bisa lebih berhemat dalam pengeluaran. Ketika Anda bisa berhemat dalam pengeluaran akhir tahun maka, Anda pun akan bisa menjauhi sikap boros. Untuk mendapatkan promo sendiri Anda harus intens mencari informasinya dibeberapa media atau platform seperti website, media sosial atau juga via search engine seperti Google.

  1. Persiapkan Anggaran Khusus Sejak Dini

Agar lebih aman dan nyaman saat menyambut tahun baru dengan banyak agenda maka disarankan untuk menyiapkan anggaran sejak dini. Kebutuhan akhir tahun memang bisa jadi lebih banyak dari bulan-bulan sebelumnya. Nah dari sinilah maka Anda yang ingin melakukan banyak agenda di akhir tahun Anda harus berjuang dulu dengan mempersiapkannya. Jadi siapkan saja anggaran khusus ini dengan baik jauh-jauh hari. Semakin lama Anda mempersiapkan dananya dengan menabung maka semakin baik untuk pemenuhan kebutuhan (wish list) Anda di akhir tahun nantinya.

  1. Buat Liburan Sederhana dan Murah Namun Menyenangkan

Terakhir, trik agar Anda tidak boros saat akhir tahun adalah dengan membuat liburan yang sederhana, murah tapi menyenangkan. Budget terbesar yang biasanya muncul di akhir tahun memang berwujud liburan. Maka dari itu agar liburan ini tidak membuat Anda boros, Anda harus berjuang bagaimana pun caranya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk tujuan ini adalah dengan menyederhanakan liburan. Menyederhanakan liburan ini memang tidak akan selalu berakhir menyedihkan. Sebab dengan trik-trik yang dimaksimalkan, liburan sederhana bisa saja menghadirkan kesan yang lebih mendalam dan menyenangkan. Jadi cobalah eksplorasi tempat-tempat wisata lokal yang ada di sekitar Anda dan pastikan acara liburan lebih berarti. Dari sini maka Anda akan bisa lebih berhemat dan menghindari sifat boros di akhir tahun yang dapat membuat finansial jadi kacau.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top