Lainnya

Anda Pecinta Fotografi? Inilah 6 Peluang Usaha yang Bisa Diambil!

hobi fotografi

hobi fotografi/https://www.brilio.net/

Memiliki hobi fotografi memang sangat menyenangkan. Apalagi bila kegemaran Anda ini bisa menghasilkan uang yang lumayan banyak. Tentu Anda yang mempunyai hobi fotografi dan ingin mendapatkan uang sangat bisa melakukannya. Anda tinggal mencari peluang usaha yang ada untuk kemudian Anda tekuni hingga menjadi ahli dan banyak dibutuhkan konsumen. Saat Anda bisa menjadi ahli, maka peluang untuk memperoleh uang yang banyak dari kegemaran Anda tersebut akan terbuka semakin besar. Nah, berikut ini adalah beberapa peluang usaha yang bisa Anda ambil untuk Anda yang mencintai atau menggemari dunia fotografi.

  1. Bisnis Foto Studio

Peluang usaha pertama yang bisa Anda ambil berkaitan dengan kegemaran dibidang fotografi yaitu bisnis foto studio. Untuk menjalankan bisnis ini tentu Anda membutuhkan tempat yang cukup besar. Ini karena Anda akan membuat sebuah studio foto yang akan menjadi tempat bisnis atau usaha Anda. Dan karena bisnis ini mengharuskan konsumen datang ke tempat Anda (offline), maka pastikan Anda memilih lokasi untuk studio foto ini yang strategis. Lahan parkir yang cukup luas juga menjadi sesuatu yang perlu Anda hadirkan dalam bisnis studio foto ini. Karena konsumen akan berfoto di tempat atau studio Anda, maka kenyamanan juga perlu dicermati. Untuk bisa menarik konsumen dari kalangan kaum muda, pastikan Anda juga membuat salah satu konsep studio yang lebih kekinian.

  1. Jasa Foto Wedding dan Prewedding

Bila Anda tak mempunyai cukup dana guna membeli atau menyewa tempat untuk studio foto, jalankan saja bisnis jasa foto wedding dan pre-wedding. Dengan menjalankan usaha ini Anda hanya perlu sebuah tempat biasa sebagai kantor. Sedangkan untuk bekerja, Anda akan mendatangi tempat wedding atau ke spot foto di luar untuk foto prewedding. Agar usaha ini bisa mendatangkan konsumen yang banyak dan luas, Anda bisa menjalin kerjasama dengan sebuah Event Organizer (EO) yang terkenal. Bila memang EO tersebut belum memiliki divisi fotografi, maka Anda bisa menawarkan kerjasama untuk bersama-sama mengerjakan project wedding.

  1. Fotografer Media atau Event

Berikutnya, peluang usaha dan bisnis yang bisa dijalankan bagi Anda yang hobi fotografi yaitu fotgrafer media atau event. Fotografer media atau event ini mirip seperti fotografi wedding yang akan mendokumentasikan sebuah event atau kejadian tertentu. Pekerjaan fotografer media atau event ini tentu di lapangan sesuai event atau liputan media yang ditugaskan. Fotografer media sendiri akan berhubungan atau berkaitan dengan penugasan dari kantor pusat untuk peliputan kejadian tertentu. Sementara itu fotografer event ini akan bekerja untuk seorang klien dengan job desc mendokumentasikan event.

  1. Fotografer Model

Pilihan usaha lain untuk para pecinta fotografi yang bisa diambil yakni fotografer model. Setiap model pastinya membutuhkan seorang fotografer. Nah untuk itulah dengan semakin banyaknya model, maka peluang untuk menjadi fotografer dibidang ini akan semakin besar. Untuk menjadi fotografer model sendiri Anda bisa bekerja secara mandiri dengan membuka bisnis. Pilihan lain adalah bergabung dengan sebuah agency yang sudah lama malang melintang dibidang model.

  1. Pengajar Fotografi

Anda yang mungkin sudah tidak punya banyak tenaga untuk bergerak ke sana – kemari untuk kegiatan fotografi, tak perlu khawatir. Dengan menjadi pengajar, tentu Anda masih berkesempatan untuk tetap membuka usaha dibidang fotografi tersebut. Saat ini memang banyak instansi dan lembaga yang membutuhkan pengetahuan tentang fotografi. Beberapa diantara lembaga tersebut seperti sekolah bahkan ada yang menjadikan pengajar fotografi ini dengan status karyawan tetap. Nah bila Anda memiliki nama dan pengalaman yang panjang di dunia fotografi, maka akan lebih mudah untuk Anda diterima sebagai pengajar. Anda tinggal menegosiasikan gaji Anda dari pekerjaan Anda sebagai pengajar fotografi.

  1. Sewa Kamera dan Alat-alat Fotografi

Terakhir, bisnis atau usaha yang bisa diambil oleh para pecinta fotografi yaitu sewa kamera dan alat-alat fotografi. Anda yang benar-benar sudah dalam tahap pensiun tapi masih mencintai fotografi, bisa membuka sebuah tempat persewaan kamera dan alat-alat fotografi yang Anda miliki. Dengan menjalankan usaha ini maka Anda akan bisa tetap produktif meski sudah berada di usia pensiun atau usia senja.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top