StartUp dan UKM

Asyik! Bukalapak Hadirkan Pinjaman Hingga Rp2 M ke UMKM

BukaPengadaan

BukaPengadaan/https://gfycat.com/

Modal memang menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan terutama oleh para pebisnis mikro (UMKM). Tapi sayangnya untuk mendapatkan modal ini para pengusaha UMKM kadang tak punya banyak pilihan selain harus ke Bank. Untungnya saat ini Bukalapak telah menghadirkan fitur BukaPengadaan yang melayani pinjaman hingga Rp2 M ke para UMKM. Fitur BukaPengadaan ini sendiri muncul dari kerjasama antara Bukalapak dengan fintech PT Modal Rakyat Indonesia.

Upaya untuk Memperkuat Peran UMKM dalam Sektor E-Procurement

Pembiayaan yang dihadirkan BukaPengadaan dari Bukalapak ini sendiri berwujud pembiayaan invoice financing atau PO financing itu hingga Rp 2 miliar dengan durasi pinjaman 2 bulan-3 bulan. Menurut Direktur BukaPengadaan Hita Supranjaya menyatakan bahwa kerja sama antara Bukalapak dan Modal Rakyat tersebut memiliki tujuan untuk memperkuat peran UMKM dalam sektor e-procurement. Lebih lanjut Hita mengatakan bahwa kolaborasi ini dapat membantu pelaku UMKM untuk fokus mengembangkan usahanya.

“Kolaborasi bersama Modal Rakyat ini memberikan tambahan pilihan pembiayaan bagi UMKM mitra BukaPengadaan, sehingga merupakan langkah yang sangat positif bagi upaya kami tersebut, sekaligus mendukung pertumbuhan UMKM yang ada di Indonesia agar dapat fokus mengembangkan usahanya,” kata Hita.

Tiga Pilihan Pinjaman BukaPengadaan

Sementara itu Stanislaus MC Tandelilin selaku Direktur Modal Rakyat menyatakan bahwa target penyaluran pinjaman mencapai Rp50 miliar kepada ratusan UMKM. Jenis pinjaman yang ditawarkan sendiri terdiri dari tiga jenis yaitu modal usaha, modal multiguna, dan modal mikro.

“Dengan bersinergi dengan ekosistem BukaPengadaan, sebagai contoh, UMKM terpilih yang mengerjakan proyek yang berhubungan dengan belanja pemerintah akan mendapatkan kesempatan untuk akses permodalan dari Modal Rakyat,” ujar Stanis.

Ingin Menjangkau Ekosistem Bisnis dan UMKM di Indonesia.

Lebih lanjut Stanislaus mengatakan bahwa bergabungnya Modal Rakyat ke sektor pendanaan untuk e-procurement menjadi langkah strategis dalam membangun inklusivitas pembiayaan Indonesia. Modal Rakyat sendiri tidak hanya fokus menyalurkan pembiayaan kepada satu ekosistem saja, namun juga berupaya menjangkau setiap ekosistem bisnis dan UMKM di Indonesia.

“Kami melihat potensi besar B2G dan B2B, terutama di bidang pengadaan akan semakin meningkat ke depan. Dengan bersinergi dengan ekosistem Buka Pengadaan, sebagai contoh, UMKM terpilih yang mengerjakan proyek yang berhubungan dengan belanja pemerintah akan mendapatkan kesempatan untuk akses permodalan dari Modal Rakyat. Hal ini diharapkan dapat mendorong pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya dengan lebih cepat,” jelas Stanislaus.

Track Record BukaPengadaan

BukaPengadaan yang mulai hadir di tahun 2016 ini sudah terintegrasi dengan Bukalapak. Dengan menghubungkan 6,5 juta pelapak, BukaPengadaan telah menawarkan ratusan juta produk. Di tahun 2020 ini, BukaPengadaan juga ditunjuk sebagai mitra operator oleh LKPP yang bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas UMKM menjadi supplier untuk pengadaan pemerintah.

Tidak hanya itu, guna membantu pemerintah di masa pandemi, BukaPengadaan juga ditunjuk bekerja sama dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN). Dalam kerjasama ini BukaPengadaan diberikan tugas untuk mendistribusikan 50.000 bantuan ke seluruh Indonesia.

Persyaratan Pengajuan Pinjaman ke Bukalapak

Untuk mengajukan pinjaman ke Bukalapak via BukaPengadaan ini sendiri ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu:

  1. Pertama, peminjam harus terdaftar sebagai rekan di BukaPengadaan dan terverifikasi di situs modalrakyat.id.
  2. Kedua, peminjam mempunyai mutasi rekening enam bulan yang mencerminkan omset.
  3. Berikutnya, peminjam harus memiliki laporan keuangan tahun berjalan dengan pembelian dan penjualan per bulan.
  4. Peminjam harus menyertakan daftar kewajiban pada bank atau lembaga lain.
  5. Terakhir, peminjam perlu melampirkan daftar supplier dan buyer serta kontaknya untuk trade checking.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top