Bisnis Online

Tips Sukses Membuka Toko dan Berjualan di Bukalapak, Terapkan Yuk!

bukalapak

bukalapak/https://www.sememi.net/

Salah satu marketplace populer di tanah air adalah Bukalapak. Marketplace yang didirikan Achmad Zaki ini memang banyak disorot karena mampu menarik banyak konsumen. Marketplace yang diluncurkan pada 10 Januari 2010 ini memang sudah banyak memikat masyarakat. Selain dari jumlah transaksi yang terus meningkat, respon besar pada marketplace ini juga terlihat dari semakin banyaknya jumlah pebisnis yang ikut bergabung. Nah bila Anda salah satu pebisnis yang ikut bergabung di Bukalapak, maka ada beberapa hal yang perlu dicermati agar kesuksesan bisa diraih. Berikut ulasan tips sukses membuka toko dan berjualan di Bukalapak tersebut.

  1. Pajang Foto Asli yang Berbeda dengan Lainnya

Tips pertama untuk sukses membuka toko dan berjualan di Bukalapak adalah dengan menggunakan foto yang berbeda. Foto memang dapat mencerminkan kredibilitas toko. Foto yang baik untuk ditampilkan di Bukalapak sendiri adalah foto asli yang Anda ambil sendiri. Dengan memajang foto produk yang asli, selain akan membuat perbedaan dengan toko-toko lain, Anda juga bisa mendapatkan kredibilitas yang baik di mata konsumen. Pasalnya, konsumen memang sangat menyukai toko dengan produk yang memiliki gambar sendiri.

  1. Selalu Rajin Buka Toko

Penjual yang sukses adalah mereka yang rajin untuk membuka toko. Hal ini berlaku di penjualan konvensional atau secara online, termasuk di Bukalapak. Pasalnya dengan status toko Anda yang selalu terlihat, konsumen akan lebih menyukainya. Mereka atau konsumen ini beranggapan bahwa Anda adalah orang yang serius berbisnis dan berjualan. Dari sini mereka pun akan yakin untuk membeli di toko Anda karena mereka merasa akan cepat mendapat respon. Sebaliknya bila Anda malas melihat dan membuka toko yang Anda buat di Bukalapak, maka hal ini akan membuat konsumen malas berbelanja karena mereka khawatir tidak dilayani dengan cepat.

  1. Balas Pesan dan Diskusi Produk Secepatnya

Berikutnya, tips sukses berjualan di Bukalapak adalah dengan rajin dan cepat membalas pesan dan diskusi yang muncul. Setiap konsumen pastinya ingin selalu mendapatkan respon cepat atas berbagai hal yang disampaikan pada penjual, baik itu di bisnis offline atau online. Sebab, bila konsumen mendapati respon yang lambat, mereka akan menjadi malas untuk berbelanja. Maka dari itu Anda yang membuka toko di Bukalapak, cobalah untuk selalu responsif terhadap tanggapan berupa pesan di inobox atau juga keluhan yang disampaikan di fitur diskusi. Responlah apa yang disampaikan konsumen tersebut secepat mungkin agar mereka yakin untuk membeli produk Anda.

  1. Hindari Kata No Retur, No Cancel, No Complain

Di Bukalapak seringkali kita mendapati kata-kata No retur, No Cancel dan No Complain pada bagian deskripsi. Kata-kata ini sepertinya memang terkesan manjur untuk membuat Anda bisa menjual produk tanpa keluhan konsumen. Padahal kenyataannya, kata-kata tersebut dapat membuat konsumen merasa tertekan hingga kemudian malas berbelanja. Sebagai pebisnis yang bijak dan profesional, seharusnya Anda tidak perlu takut dengan komplain konsumen hingga kemudian menghadirkan 3 kata No tadi. Apalagi bila Anda yakin dengan kualitas produk yang Anda jual, maka Anda tidak perlu khawatir dengan komplain atau keluhan pembeli.

  1. Aktifkan Notifikasi Email

Bila Anda punya kesibukan lain yang membuat Anda tidak punya waktu banyak untuk selalu online di Bukalapak, maka Anda harus mengaktifkan notofikasi email. Dengan mengaktifkan notifikasi email dari Bukalapak maka Anda akan bisa mendapatkan peberitahuan dengan cepat melalui email bila ada order atau chat dari konsumen. Dari sini maka Anda pun akan bisa memproses pemesanan dan membalas chat dari pembeli sehingga kredibilitas toko Anda di Bukalapak pun bisa tetap terjaga.

  1. Jangan Perang Harga

Terakhir, tips sukses membuka toko dan berjualan di Bukalapak adalah dengan tidak berperang harga. Perang harga memang strategi yang salah dilakukan. Sebab bagaimana pun keadaannya, membanting harga akan membuat bisnis Anda sulit bertumbuh. Di Bukalapak dimana konsumen bisa membandingkan harga antar toko dengan mudah memang membuat beberapa penjual kemudian merasa harus menurunkan harganya. Meski cara membanting harga ini memiliki peluang untuk mendapatkan pembeli, tapi untuk jangka panjang strategi tersebut adalah sebuah blunder.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top