Tips

Bagi Anda yang Ingin Cepat Kerja Setelah Lulus Kuliah, Pilihlah 5 Jurusan yang Memiliki Potensi Mendapat Pekerjaan Lebih Besar!

Setelah lulus SMA, sebagian orang pernah mengalami kesulitan dalam memilih jurusan untuk diambil di perguruan tinggi. Hal ini bisa saja terjadi, karena mereka mungkin belum mengenali minat dan bakat yang dimiliki oleh diri sendiri. Bisa jadi, mereka juga belum mengetahui banyak informasi seputar jurusan apa saja yang tersedia di bangku perkuliahan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memilih jurusan sebaiknya pikirkan secara matang terlebih dahulu. Jangan sampai memilih jurusan yang salah atau tidak sesuai dengan minat dan bakat. Alih-alih bisa menyelesaikan kuliah selama 4 tahun dengan baik, mereka justru akan keteteran selama perkuliahan karena ternyata jurusan yang dipilih tidak sesuai dengan minat dan bakat. Selain itu, faktor lain yang harus dipertimbangkan adalah prospek kerja di masa depan. Umumnya semua jurusan perkuliahan itu memang baik, namun ada beberapa jurusan yang akan membuat mahasiswanya cepat mendapat pekerjaan lho. Nah, bagi Anda yang bingung memilih jurusan dan ingin cepat mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah. Yuk, simak 5 jurusan yang memiliki potensi diterapkan langsung ke dunia kerja setelah lulus kuliah berikut ini.

  1. Kesehatan

Jurusan yang memiliki potensi mendapat pekerjaan lebih besar setelah lulus kuliah adalah kesehatan. Farmasi, kedokteran, keperawatan, kebidanan, fisioterapi adalah beberapa jurusan di bidang kesehatan yang bisa Anda pertimbangkan untuk dipilih di perguruan tinggi. Apalagi, tingginya permintaan tenaga ahli medis tidak akan membuat Anda nganggur selepas lulus kuliah lho. Nah, bagi Anda yang berminat kuliah di bidang kesehatan ini sebaiknya persiapkan diri dengan sebaik mungkin. Jangan lupa, Anda juga harus memilih perguruan tinggi dengan kualitas dan akreditasi yang baik agar bisa menunjang jurusan perkuliahan Anda.

  1. Pendidikan

Selain kesehatan, pendidikan juga merupakan jurusan yang memiliki potensi mendapat pekerjaan lebih besar selepas lulus kuliah lho. Pasalnya pendidikan saat ini masih menjadi salah satu masalah besar bagi bangsa kita, terutama soal pemerataan pendidikan. Bagi Anda yang berminat untuk menekuni profesi sebagai tenaga pengajar, sebaiknya Anda ambil jurusan pendidikan guna menunjang karir di masa depan. Agar setelah lulus nanti Anda bisa dengan cepat mendapatkan pekerjaan di bidang tenaga pengajar atau guru. Apalagi, sekarang ini ada program tes cpns yang lebih mengutamakan tenaga pengajar atau guru lho. Namun, tentu saja Anda harus mempersiapkan beberapa persyaratan dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan untuk bisa mengikuti tes cpns tersebut.

  1. Teknik

Berikutnya, jurusan yang memiliki potensi mendapat pekerjaan lebih besar setelah lulus kuliah yaitu teknik. Ada beberapa jurusan favorit di bidang teknik yang bisa Anda pilih yaitu teknik komputer, teknik pertambangan, teknik pertanian dan masih banyak lagi. Untuk Anda yang memiliki passion di bidang ini, maka kuliah di bidang teknik bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi, jurusan tersebut menawarkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi lho. Namun, hal yang sangat perlu Anda perhatikan di sini adalah tingkat persaingan. Sebab, jurusan teknik merupakan jurusan dan profesi yang memiliki tingkat persaingan cukup tinggi. Jadi, sebaiknya persiapkanlah diri Anda dengan sebaik mungkin untuk bisa kuliah dan bekerja di bidang teknik ini.

  1. Ekonomi

Ekonomi juga menjadi salah satu jurusan yang memiliki potensi mendapatkan pekerjaan lebih besar. Selain itu, jurusan ekonomi juga banyak diminati oleh kaum mahasiswa. Kendati memiliki peminat yang banyak, lulusan ekonomi juga tetap saja banyak dicari. Tidak hanya bisa bekerja di perusahaan, Anda juga bisa berwirausaha atau menjadi entrepreneur yang sukses dari bekal ilmu ekonomi yang pernah Anda pelajari di bangku kuliah.

  1. Hukum

Terakhir, jurusan yang memiliki potensi mendapat pekerjaan lebih besar setelah lulus kuliah adalah hukum. Hakim, pengacara, notaris, jaksa adalah beberapa alternatif pekerjaan yang bisa Anda pilih setelah lulus kuliah jurusan hukum. Pasalnya, masalah hukum saat ini membuat hampir sebagian orang dengan profesi tersebut semakin banyak dikenal di Indonesia. Tidak hanya itu, profesi di bidang hukum juga menawarkan gaji yang cukup tinggi lho. Bahkan, hukum ini menjadi salah satu jurusan yang paling diminati karena memiliki reputasi yang oke setelah kedokteran. Bagaimana? Anda berminat kuliah di jurusan hukum?

Nah, itulah dia ulasan tentang 5 jurusan yang memiliki potensi mendapat pekerjaan lebih besar setelah lulus kuliah dibandingkan dengan jurusan lainnya. Bagi Anda yang ingin cepat mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah, cobalah untuk mempertimbangkan 5 jurusan di atas. Lalu, pilihlah mana jurusan yang sesuai dan cocok dengan minat Anda. Sehingga, Anda bisa kuliah dengan fokus dan bisa mengejar impian Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top