Lainnya

Bukan Khayalan Jurusan Ini Memang Ada Di Dunia Nyata

Pendidikan merupakan salah satu cara untuk mengubah nasib seseorang. Dari pendidikan seseorang memiliki skill yang bisa dijadikan modal mencari nafkah. Di perguruan tinggi banyak sekali jurusan yang bisa dipilih. Dari jurusan inilah anda bisa mendapatkan ilmu untuk mencari pekerjaan. Siapa yang menyangka bila ada beberapa jurusan yang  jarang diketahui orang banyak. Walau hanya diketahui sedikit orang namun jurusan ini malah memiliki peluang kerja yang tinggi. Berikut beberapa jurusan yang dimaksud !

Aktuaria

Aktuaria merupakan ilmu yang mempelajari keuangan di masa datang. Dalam jurusan ini anda akan memiliki mata kuliah matematika, statistika, keuangan bahkan pemograman computer.  Seorang yang  ahli dalam dunia aktuaria akan disebut dengan aktuaris. Ia bertugas untuk memperhitungkan resiko dan peluang di masa depan. Bidang industri yang membutuhkan tenaga aktuaris ialah asuransi.

Tak perlu jauh – jauh belajar ke luar negeri sebab beberapa PTN juga membuka jurusan ini. jurusan aktuaria tersedia di UI, UGM.ITS dan Unpad.  Sebenarnya Indonesia membutuhkan banyak sekali aktuaria. Kini tak sedikit yang memutuskan menggunakan tenaga ahli keuangan untuk menyiapkan dana pensiun di usia muda.

Ilmu Lelang

Ternyata ada lo jurusan ilmu lelang tepatnya di Vincennes University, Indiana, USA.  Ilmu lelang atau auctioneering ini mengajari anda bagaimana memimpin suatu pelelangan. Mereka yang mengambil jurusan ini juga mempelajari hukum lelang dan strategi pelelangan yang benar. Tak hanya itu saja anda juga diajarkan bagaimana berkomunikasi dengan baik. Lelang juga sering dilakukan pemerintah.

Lelang mampu mencegah kolusi dari masyarakat. Harga produk bisa dioptimalkan. Ditambah lagi aspek hukum terjamin, cepat dan ekonomis. Kini jurusan pelelangan juga dibuka i Harrisburg Area Community College, AS.

Budidaya Ganja

Ganja merupakan salah satu narkotika yang dilarang diperdagangkan di Indonesia. siapa yang menyangka bahwa Rangsit University membuka jurusan budidaya ganja. Tentunya jurusan ini bukan ditujukan untuk mengedarkan ganja melainkan untuk kebutuhan medis. Program S1 ini mempelajari tentang sejarah ganja, teknologi untuk membudidayakannya dan manfaat medis ganja itu sendiri. Angkatan pertama dari jurusan ini sendiri baru dimulai Agustus 2019 lalu.

Pemerintah Thailand sendiri melegalkan penggunaan ganja untuk kebutuhan medis. Adanya jurusan ini diharapkan mampu menelurkan ilmuwan yang mampu memanfaatkan ganja untuk kebutuhan medis yang lebih baik.

Nannying

Lagi-lagi universitas di AS memiliki jurusan yang cukup unik. Sullivan University menawarkan jurusan ilmu mengasuh atau nannying.  Seperti nama jurusan ini maka anda yang mengambil pendidikan ini akan diajari cara mengasuh bayi dengan baik. Anda akan dibekali dengan ilmu nutrisi untuk anak dan bagaimana  berkomunikasi yang baik antara anak dan orang tua. Pola pengasuhan yang baik akan membentuk karakter anak tersebut menjadi lebih baik seiring ia tumbuh dewasa.

Oseanografi & Adventure Education

Ada pula jurusan Oseanografi yang penting bagi Indonesia. Jurusan ini sendiri mempelajari fenomena laut yang diaplikasikan ke berbagai bidang. Lulusan Oseanografi juga bisa bekerja sebagai tenaga professional lautan. Misalnya saja hydrographic surveyor, oceanographer, marine seismic navigator, coastal modeler, oceanographic surveyor hingga metocean engineer.

Ada pula jurusan adventure education atau ilmu  berpetualang. Jurusan ini dibuka oleh Plymouth State University. Jurusan ini mempelajari bagaimana hiking dengan aman dan bertahan hidup di alam. Anda yang hobi berpetualang tentu cocok mengambil jurusan ini.

Selain jurusan diatas masih banyak lagi jurusan unik lainnya yang jarang diketahui orang. Apapun jurusan anda saat ini yang terpenting ialah kesungguhan dalam mempelajarinya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top