Lainnya

Ternyata Ini Lho Urutan Jabatan Pramugari

Profesi sebagai pramugari cukup dipandang prestisius. Untuk mampu mendapatkan profesi ini tak hanya harus menarik namun memiliki komunikasi yang baik. Syarat lainnya ialah harus single dan tidak menggunakan kacamata. Anda juga dituntut mampu berbahasa asing seperti bahasa Inggris. Seorang pramugari juga harus menyelesaikan program flight attendant training /FAT dengan biaya swadaya.

Walaupun memiliki syarat yang lumayan banyak namun gaji pramugari tidak bisa dipandang sebelah mata. Rata-rata gaji pramugari bisa diatas 8 Juta rupiah bahkan menembus dua digit. Pekerjaan yang prestisius ini juga memiliki persaingan yang ketat. Pramugari juga dituntut untuk memperbaharui skill setiap tahunnya. Tak hanya itu saja ada urutan jabatan pramugari yang perlu anda ketahui dibawah ini!

Junior-Senior Awak Kabin

Bagi pramugari pemula dikenal dengan junior awak kabin. Tugasnya ialah melayani penumpang saat di udara. Beberapa pelayanan yang dimaksud ialah menghidangkan makanan dan minuman sesuai permintaan. Pramugari junior umumnya melayani penumpang kelas ekonomi. Untuk pramugari senior dikhususkan untuk kelas bisnis. Hal ini ditengarai pengalaman pramugari senior yang lebih tinggi ketimbang junior.

Pramugari juga bertugas menghitung, mengidentifikasi atau mengecek data diri penumpang. Mereka bertugas melaporkan jumlah penumpang di pesawat dan membantu menata bagasi kabin.

Maitre D’Cabin

Ada pula istilah Maitre D’Cabin yang bertugas pada pesawat berukuran besar. Misalnya saja pesawat Airbus maupun Boeing 777.  Tugasnya  sebagai koordinator untuk setiap kelas penerbangan.  Ia bertanggung jawab atas first class, business class hingga economy class. Untuk naik ke jabatan ini perlu lulus beberapa kompetensi yang dibutuhkan. Bisa dibilang jabatan ini merupakan level menengah di dunia pramugari.  Sebenarnya Maitre D’Cabin merupakan posisi baru . maskapai Garuda Indonesia saja baru mengadakan jabatan ini pada 2013 silam. Maitre D’Cabin milik maskapai Garuda Indonesia mengenakan seragam berwarna ungu.

Purser

Jabatan tertinggi dalam dunia pramugari ialah Purser . Purser  atau F1 bertanggung jawab atas dokumen penting selama penerbangan. Ia juga mengemban sebagai manajer keselamatan pada penerbangan tersebut. Apabila terjadi sesuatu pada penumpang misalnya kondisi kesehatan yang memburuk maka purser  akan menyampaikan pada pilot. Ini artinya purser  bertanggungjawab atas komunikasi  di kabin penumpang dengan cockpit. Jabatan purser sendiri dibawah jabatan pilot.

Setiap pramugari akan mengenakan seragam maskapai dengan warna yang berbeda. Perbedaan warna ini akan menunjukkan jabatan pramugari tersebut. Untuk naik jabatan mulai dari pramugari junior ke pramugari senior umumnya dibutuhkan waktu 2 tahun.

Apakah Pramugari Boleh Berhijab?

Mungkin ada dari anda yang berminat menjadi pramugari namun mengenakan hijab. Sebenarnya tidak ada larangan bagi pramugari untuk mengenakan hijab. Peraturan terkait hijab ini tergantung drai maskapai masing-masing. Beberapa maskapai yang mengizinkan pramugarinya berhijab diantaranya NAM Air, Garuda Indonesia hingga Air Asia.

Bagaimana Tahapan Seleksi Pramugari?

Seleksi pramugari biasa terbagi atas tiga tahap. Tahap pertama dilakukan untuk mengukur tinggi dan berat badan. Tahap kedua merupakan tes akademik  yang mencakup psikotes dan kemampuan bahasa Inggris. Soal bahasa Inggris biasanya berupa grammar dan kalimat percakapan sehari-hari.

Tahapan ketiga mencakup wawancara, tes kesehatan hingga medical check up. Pramugari juga dituntut mampu berenang.  Sebenarnya banyak sekolah pramugari yang dibangun untuk mereka yang ingin membekali diri sebelum tes pramugari dimulai. Pendidikan di sekolah pramugari ini bervariasi ada yang 7 bulan bahkan 2 tahun lamanya. Jadi sudah siapkah anda untuk mengejar mimpi menjadi pramugari mulai dari sekarang?

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: