Lainnya

Berbisnislah dengan Jujur, Karena Ada 5 Alasan Penting yang Perlu Anda Ketahui

bisnis-dengan-jujur

Dalam menjalankan bisnis, ada banyak etika yang harus diperhatikan pengusaha. Salah satu etika yang sangat penting untuk dicermati dan harus dimiliki pebisnis adalah kejujuran. Mengapa pebisnis harus jujur? Sebab, dengan kejujuran maka bisnis yang dijalankan akan penuh dengan keberkahan. Selain itu dengan bisnis yang dijalankan dengan prinsip kejujuran akan membuat pengusaha bisa mencapai sukses sejati. Tapi bila kemudian Anda menjalankan bisnis tanpa kejujuran maka hal ini akan membuat usaha menjadi tidak berkah. Bila pun Anda meraih apa yang diimpikan maka pastinya impian itu akan menjadi cepat lenyap dan menghilang. Maka dari itu kejujuran memang menjadi sesuatu yang penting untuk diterapkan dalam bisnis. Setidaknya beberapa alasan berikut ini adalah sesuatu yang penting untuk Anda perhatikan sebagai pebisnis untuk menerapkan kejujuran.

  1. Menjaga Nama Baik

Alasan pertama untuk Anda berbisnis dengan jujur adalah menjaga nama baik. Dalam hal apapun, termasuk bisnis, nama baik memang sesuatu yang sangat perlu dijaga. Sebab bila nama bisnis Anda sudah tercoreng maka hal ini akan membuat reputasi dan kredibilitas bisnis akan hancur. Bila reputasi dan kredibilitas bisnis sudah hancur maka Anda tinggal menunggu waktu saja untuk membuat bisnis gulung tikar. Dari sini maka nama baik bisnis merupakan sesuatu yang sangat penting untuk Anda miliki.

  1. Kejujuran Membuat Pelanggan Setia

Siapa pun termasuk para pembeli atau konsumen dan juga Anda sendiri, pastinya tidak mau untuk dibohongi. Maka dari itu bila Anda tidak mau dibohongi maka pastikan Anda dalam menjalankan bisnis juga tidak membohongi orang lain, terutama para pelanggan. Bila Anda masih menganggap bahwa pelanggan ini adalah orang yang penting maka Anda harus bisa membuat mereka senang dengan bisnis Anda. Nah dengan selalu bersikap jujur saat menjalankan bisnis maka para pelanggan Anda akan merasa senang. Bukan hanya senang, dampak dari kejujuran yang Anda terapkan dalam bisnis akan membuat pelanggan akan semakin percaya dan setia untuk terus berbelanja pada Anda. Bahkan tidak jarang beberapa pelanggan ada yang akan merekomendasikan bisnis Anda pada orang lain.

  1. Bisnis Akan Bertahan Lama

Ketika para pelanggan sudah setia dan kemudian ada banyak konsumen baru yang meminati bisnis Anda maka sebuah usaha akan bisa lebih eksis atau bertahan lama. Hal ini dikarenakan bisnis yang banyak diminati konsumen karena faktor kejujuran Anda akan membuat bisnis meraih banyak omset sehingga roda usaha pun terus berjalan. Sebenarnya bukan hanya bisa bertahan lama, namun bisnis yang dijalankan dengan kejujuran dan mendatangkan banyak pembeli akan membuat usaha akan bisa mencapai pertumbuhan atau perkembangan.

  1. Tidak Merugikan Orang Lain

Berikutnya, alasan yang membuat Anda sebagai pebisnis harus menerapkan kejujuran dalam usaha adalah agar Anda tidak merugikan orang lain. Ketika melakukan pembelian pastinya siapa pun tidak ingin dirugikan. Nah, agar pembeli tidak merasa dirugikan maka memang hanya satu yang harus dihadirkan dalam bisnis yaitu kejujuran. Lalu bagaimana bila bisnis dijalankan tanpa kejujuran. Pastinya hal ini akan bis merugikan pembeli Anda. Jika pembeli Anda sudah merasa dirugikan maka mereka tidak akan pernah lagi membeli lagi pada Anda. Tidak hanya itu bisnis Anda bisa juga akan dinilai dan direkomendasikan buruk oleh pembeli ketika mereka merasa dirugikan.

  1. Agar Tercipta Trust dari Konsumen

Terakhir, alasan penting mengapa Anda harus berbisnis dengan jujur adalah untuk menciptakan trust dari konsumen. Trust atau kepercayaan dari konsumen memang akan menjadi modal yang sangat penting untuk sebuah bisnis. Sebab bisnis yang mendapatkan trust dari konsumen dapat membuatnya terus bergerak menuju pertumbuhan. Tapi bila bisnis tidak mendapatkan trust dari konsumen maka akan membuatnya sulit mencapai pertumbuhan. Ini karena sedikitnya penghasilan atau omset dari pembelian yang datang dari konsumen.

Demikianlah beberapa alasan penting untuk para pebisnis untuk selalu berbuat jujur dalam usahanya. Dari pentingnya alasan-alasan tersebut maka Anda sebagai pebisnis tak boleh meragukan lagi arti dari kejujuran tersebut. Meski tidak bisa meraih untung besar dalam waktu singkat, tapi Anda sebagai pebisnis harus yakin bahwa keberkahan dari sikap jujur akan bisa membawa Anda pada usaha yang langgeng dan sukses sejati.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top