Lainnya

Bisnis yang Akan Sangat Terdampak dari Penerapan PSBB

Pembatasan Sosial Berskala Besar

Pembatasan Sosial Berskala Besar/https://video.tribunnews.com/

PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar di DKI Jakarta telah diterapkan sejak hari Jumat (11 April 2020) kemarin. Dengan adanya PSBB ini maka memang kegiatan masyarakat akan banyak dibatasi oleh beberapa peraturan yang lebih mengikat dan tegas. Dalam PSBB sendiri diatur beberapa hal seperti peliburan sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan, pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum, pembatasan kegiatan sosial dan budaya, pembatasan moda transportasi serta pembatasan kegiatan lainnya khusus terkait aspek pertahanan dan keamanan. Dari sinilah maka PSBB sangat mungkin membuat beberapa bisnis akan terdampak dengan penerapan tersebut. Nah berikut ini adalah beberapa bisnis yang akan sangat terdampak ketika PSBB diterapkan.

  1. Bisnis Transportasi

Bisnis pertama yang akan terdampak dari penerapan PSBB adalah transportasi. Dalam salah satu poin PSBB sudah dijelaskan bahwa dalam PSBB diatur mengenai pembatasan moda transportasi. Dari sinilah maka bisnis dalam bidang transportasi secara langsung akan merasakan dampaknya. Tidak hanya angkutan penumpang besar, tapi angkutan transportasi skala kecil seperti ojek pun harus menerima dampaknya. Salah satu kenyataan yang menjadi bukti bahwa angkutan transportasi skala kecil seperti ojol merasakan dampak PSBB ini adalah hilangnya fitur antar penumpang. Karena tidak bisa mengantarkan penumpang lagi maka penghasilan para ojol pun menurun drastis karena hanya bisa melayani order makanan dan paket saja.

  1. Bisnis Akomodasi

Berikutnya, bisnis yang akan terdampak dari kebijakan PSBB adalah akomodasi. Bisnis akomodasi seperti penginapan sebenarnya sudah merasakan dampak pandemi Covid-19 ini sejak awal. Namun ketika PSBB diterapkan maka dampaknya akan semakin terasa karena masyarakat akan menjadi lebih dibatasi pergerakannya di luar rumah. Bisnis akomodasi memang mengandalkan pergerakan publik dari satu tempat ke tempat lain. Biasanya bisnis ini akan ramai pada momen-momen liburan. Tapi karena PSBB yang membatasi pergerakan masyarakat dengan lebih ketat, pastinya akan membuat bisnis akomodasi semakin lesu.

  1. Bisnis Tour & Travel

Sejalan atau satu kasus dengan bisnis akomodasi, bisnis tour & travel juga akan merasakan hal yang sama. Ketika pergerakan masyarakat dibatasi lebih ketat dengan adanya PSBB, maka bisnis tour & travel pun menjadi sepi peminat. Bagaimana tidak, masyarakat yang dibatasi pergerakannya ke luar rumah menjadi semakin takut bila berpergian. Jangankan berencana melakukan liburan, sekedar ke luar rumah untuk jalan-jalan ke mall saja sangat sulit dilakukan. Dari sinilah kemudian bisnis tour & travel akan semakin kehilangan banyak peminatnya ketika PSBB ini diberlakukan.

  1. Bisnis Hiburan

Selanjutnya, bisnis yang akan sangat terdampak ketika PSBB diterapkan adalah bisnis hiburan. Bisnis hiburan yang mengharuskan seseorang keluar rumah dan dimungkinkan terjadi kerumunan memang sangat bertentangan dengan konsep dan aturan PSBB. Dari sinilah maka bisnis hiburan pun akan sangat terimbas dengan kebijakan PSBB yang kini diterapkan di Jakarta. Sebenarnya sebelum pemberlakukan PSBB sendiri, bisnis hiburan sudah merasakan efek dari virus corona. Hal ini dikarenakan saat virus corona mewabah, banyak orang yang memilih untuk tinggal di rumah dari pada bepergian untuk menghindari penularan.

  1. Bisnis Event

Terakhir, bisnis yang akan merasakan dampak dari pemberlakukan PSBB adalah bisnis event. Dalam PSBB yang diatur larangan berkumpul dengan banyak orang tentu membuat bisnis event akan merasakan dampaknya. Pasalnya, bisnis event memang sangat memungkinkan berkumpulnya orang dalam satu tempat. Aturan pelarangan berkumpul dalam PSBB ini memang sendiri dilakukan dengan tujuan untuk mencegah penularan virus corona. Tidak hanya soal berkumpulnya orang-orang, tapi dalam bisnis event ini juga mengharuskan orang-orang untuk keluar rumah yang notabebe saat ini sangat dibatasi oleh PSBB. Karena beberapa alasan tersebut maka bisnis event pun menjadi sangat terdampak dan terpuruk dari pemberlakuan PSBB.

Demikianlah beberapa bisnis yang terdampak oleh penerapan dan pemberlakukan PSBB. Nah bila Anda adalah salah satu pelaku usaha dibeberapa bidang di atas, tentu harus segera bertindak mencari solusi atau jalan keluarnya. Sebab hanya dengan kemauan dan kesungguhan lah maka keadaan sesulit apapun bisa kita hadapi dengan baik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top