StartUp dan UKM

Cara Menentukan Target Market, Coba Yuk!

cara-menentukan-target-pasar

cara menentukan target pasar/https://www.vecteezy.com/

Menjalankan bisnis memang tak bisa dilakukan secara sembarangan. Alih-alih menjalankan bisnis dengan semaunya, kamu perlu mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk menentukan target pasar. Untuk apa menentukan target pasar? Tentu saja ada banyak manfaat dan kegunaannya ketika bisnismu dijalankan dengan dasar target pasar.

Menentukan target pasar sendiri adalah aktivitas untuk mengelompokkan masyarakat berdasarkan segmentasi mereka. Dari segmentasi tersebut, pebisnis akan dapat mengolah data yang diperoleh serta menentukan segmen manakah yang paling tepat dan cocok dengan karakteristik bisnis yang dibangun.

Tujuan Target Market

Manfaat dan tujuan utama dari kegiatan menentukan target market adalah mengarahkan kegiatan pemasaran ke kelompok konsumen tertentu, promosi, penetapan harga, dan tentunya memudahkan proses distribusi produk. Semakin tepat taregt pasar yang di tentukan maka marketing yang dipilih pun berpeluang besar akan sukses dan membuahkan hasil sesuai dengan apa yang diinginkan. Apalagi bila kemudian target market merasa ‘klop’ dengan produk atau brand kamu, maka akan semakin besar juga awareness yang muncul.

Menentukan Target Market

Lalu bagaimana cara menentukan target pasar yang benar? Untuk melakukannya, kamu bisa melakukan segmentasi alias pengelompokan-pengelompokan berdasarkan kategori yang kamu buat. Nah berikut jenis-jenis segmentasi yang bisa kamu jadikan acuan untuk menentukan target market yang tepat.

  1. Segmentasi Demografik

Segmentasi pertama ini adalah sesuatu yang paling mendasar dan terpenting dalam pembuatan target market. Nah segmentasi atau pengelompokan demografik sendiri dibuat dengan mendasarkan pada beberapa hal berikut:

  • Jenis kelamin
  • Usia
  • Tingkat pendidikan
  • Tingkat pendapatan
  • Pendidikan

Dari segmentasi tersebut, pebisnis dapat mengetahui apakah produk yang ditawarkan cocok dengan klasifikasi di atas.

  1. Segmentasi Geografik

Sementara itu, segmentasi geografik adalah pengelompokan target market berdasarkan lokasi atau wilayah. Adapun acuan untuk melakukan segmentasi ini yaitu:

  • Lingkungan
  • Kode pos
  • Kode area
  • Kota
  • Provinsi
  • Wilayah

Sesuai namanya, segmentasi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan masing-masing para target market. Selain itu pengelompokan ini dilakukan dengan harapan setiap wilayah memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga dapat disesuaikan untuk karakteristik produk.

  1. Segmentasi Psikologi

Berikutnya, jenis segmentasi yang dapat dijadikan acuan untuk menentukan target pasar adalah segmentasi psikologi. Dalam segmentasi ini ada tiga hal yang bisa dijadikan indikator yaitu kelas ekonomi, kepribadian atau preferensi gaya hidup. Segmentasi ini sendiri pada akhirnya terbagi menjadi dibagi tiga yaitu masyarakat berdasarkan tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, jenis pekerjaan dan sebagainya.

Dua Hal yang Harus Dilakukan Setelah Menentukan Target Market?

Setelah menentukan target pasar, kamu perlu melakukan dua hal berikut ini :

  1. Menentukan dan Menyeleksi Produk yang Akan Dijual

Kalau kamu memang belum menentukan produk, maka setelah menentukan target pasar, kamu akan lebih mudah memilih produk yang akan dijual. Bila kamu sudah memiliki produk, kamu melakukan seleksi produk yang akan dijual dan tidak, sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan.

  1. Gunakan Sosial Media

Di era digitalisasi yang sangat pesat seperti sekarang ini, kamu memang tak bisa hanya mengandalkan penjualan offline. Maka dari itu kamu harus bisa mengusahakan semaksimal mungkin agar bisnismu bisa dijalankan juga secara online. Salah satu media online yang sangat diprioritaskan untuk kamu jadikan pilihan pemasaran digital adalah media sosial. Dengan media sosial ini kamu akan lebih mudah untuk mencari target pasar. Pasalnya hampir di semua media sosial yang ada telah dilengkapi beberapa fitur untuk memfilter penggunanya berdasarkan kriteria tertentu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top