Peluang Usaha

Dengan Modal Minim, Anda Bisa Kok Buka Bimbel. Begini Caranya

bimbingan-belajar

Dengan semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang tinggi, membuat peluang usaha dibidang edukasi ini semakin besar. Salah satu peluang usaha tersebut adalah membuka bimbel atau bimbingan belajar. Bimbingan belajar sekarang memang menjadi pilihan banyak orang untuk menggali ilmu lebih dalam setelah belajar di sekolah. Dengan intensnya proses pembelajaran yang ada di bimbel menjadikan lembaga pendidikan ini tidak pernah sepi peminat. Sayangnya untuk membuka bimbel ini seseorang sering terbentur dengan modal. Padahal dengan menggunakan trik dan strategi khusus, maka sebenarnya membuka bimbel ini tidak harus membutuhkan modal yang besar. Nah berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuka bimbel dengan modal minim.

  1. Manfaatkan Rumah yang Tidak Terpakai

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuka bimbel dengan memanfaatkan rumah yang tidak digunakan. Modal besar dalam bisnis bimbel ini memang banyak berasal dari tempat yang digunakan. Nah untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencari tempat yang tidak digunakan atau tidak terpakai. Bila Anda tidak memilikinya maka Anda bisa mencari kerabat atau teman yang memiliki rumah tak terpakai tersebut. Dengan memanfaatkan rumah yang tak terpakai maka Anda akan bisa memulai bisnis bimbingan belajar ini dengan kesiapan mencapai 50 persen lebih. Selanjutnya, Anda tinggal mencari guru dan juga menyediakan perlengkapan untuk proses belajar mengajarnya.

  1. Rekrut Guru dari Relasi Alumni atau Teman yang Anda Kenal

Untuk menghemat dana untuk kebutuhan pengajar atau guru maka Anda bisa mencarinya dari relasi alumni atau teman yang Anda kenal. Tapi sebelum itu pastikan Anda mencari relasi atau teman yang bisa mengajar. Nah setelah mendapatkannya ajak mereka untuk merisntis bisnis bersama. Karena masih dalam proses perintisan maka bicarakan hal ini dengan terbuka bahwa memang Anda tidak memiliki dana untuk gaji. Keterbukaan ini sangat penting agar tidak ada salah paham. Namun jangan hanya membicarakan hal itu saja, tapi coba juga beri mereka harapan yang cerah terhadap bimbel di masa depan nantinya agar mereka tertarik.

  1. Mulai dengan Menjadi Guru Sendiri

Bila memang Anda tidak bisa merekrut alumni atau teman untuk membantu Anda menjalankan bimbel maka mau tak mau Anda harus memulainya dengan menjadi guru sendiri terlebih dahulu. Ini memang pilihan yang harus diambil jika memang dana Anda tak besar dan tak bisa menggaji guru lain. Pilihan ini sebenarnya tak akan terlalu membuat Anda binggung dan repot. Pasalnya, diawal usaha, peserta didik atau murid yang mendaftar bisa jadi belum terlalu banyak. Jadi meng-handle beberapa siswa tentu tak terlalu merepotkan kan. Sembari mengumpulkan dana, handle saja dulu beberapa siswa tadi. Baru setelah mendapatkan dana maka Anda pun bisa memulai mencari guru yang dapat membantu Anda.

  1. Buat Perlengkapan Belajar Sendiri

Berikutnya, trik untuk menjalankan peluang usaha bimbingan belajar dengan modal kecil adalah dengan membuat perlengkapan belajar sendiri. Beberapa perlengkapan untuk belajar memang tak perlu Anda beli semua. Beberapa perlengkapan yang bisa Anda buat sendiri misalnya papan tulis, meja belajar, kursi dan penghapus papan tulis. Dengan menerapkan konsep lesehan, Anda juga akan lebih bisa mengemat pengeluaran untuk dana perlengkapan bimbel. Nah dengan membuat perlengkapan belajar sendiri maka Anda akan bisa menghemat banyak biaya dibanding bila Anda membelinya.

  1. Jalankan Promosi Online

Terakhir, trik dan cara untuk menjalankan peluang usaha bimbingan belajar mesk dana yang dimiliki minim adalah dengan melakukan promosi online. Sebuah usaha memang perlu dipasarkan agar dikenal luas oleh masyarakat luas. Sayangnya beberapa teknik marketing yang ada membutuhkan dana atau biaya yang lumayan besar. Sebut saja beriklan di media massa, maka dananya bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta bila media massa tersebut sudah populer. Nanun Anda jangan khawatir bila memang Anda tak memiliki dana besar. Dengan menjalankan marketing online maka Anda akan bisa menjalankan promosi dengan dana terjangkau bahkan tanpa biaya alias gratis. Salah satu wujud marketing online gratis yang bisa Anda pilih yakni media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Selain media sosial, mempromosikannya via aplikasi pesan instan seperti WhatsApp dan BlackBerry Messenger juga membuat Anda terbebas dari biaya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top