Peluang Usaha

Dunia Wisata Mulai Bangkit Pasca Pandemi, Ini 5 Ide Usaha Bidang Pariwisata yang Bisa Dicoba!

bisnis-pariwisata-pasca-pandemi

bisnis pariwisata pasca pandemi/https://berkeluarga.id/

Dunia wisata sedang kembali bergeliat pasca dua tahun diterpa badai pandemi Covid-19. Semenjak kasus aktif Covid-19 terus menurun dan pemerintah melonggarkan beberapa pengetatan, hal ini membuat masyarakat antusias untuk kembali berwisata. Bergairahnya kembali bidang pariwisata ini tentu membawa berkah tersendiri bagi para pelaku usahanya. Nah kamu yang tertarik untuk mendapat peruntungan cuan dari bergeliatnya bidang wisata tersebut, bisa menjadikan beberapa ide usaha berikut sebagai inspirasinya.

  1. Jasa Tour and Travel

Ide usaha pertama dibidang pariwisata yang bisa kamu coba pasca pandemi adalah jasa tour and travel. Dengan meningkatnya antusias masyarakat untuk kembali berwisata, tentu permintaan pada bisnis bidang travel juga akan meningkat. Untuk menjalankan bisnis tour and travel sendiri, kamu perlu menghadirkan armada kendaraan. Armada kendaraan ini nantinya akan digunakan untuk mengantarkan wisatawan ke destinasi. Karena bisnis ini juga berkaitan dengan pelayanan, maka kamu harus berusaha menghadirkan kepuasan pada pelanggan. Untuk sistemnya sendiri, kamu bisa menghadirkan dua pilihan yakni jasa pengantaran atau jasa sewa mobil. Kalau kamu juga melayani jasa sewa mobil, kamu harus cermat dan berhati-hati dengan penipuan yang bisa terjadi.

  1. Jual Souvenir

Setiap kunjungan, tak jarang wisatawan memerlukan souvenir untuk buah tangan saat dibawa pulang. Souvenir ini memang akan menjadi sesuatu yang bisa menjadi kenang-kenangan dari sebuah destinasi ketika dibawa pulang. Nah jika kamu bisa membuat souvenir yang sesuai dengan destinasi wisata yang ada, ide bisnis ini bisa dijadikan inspirasi. Jika pun tidak bisa membuatnya, kamu bisa bekerjasama dengan para produsen untuk kemudian menjual produknya sebagai souvenir.

  1. Jasa Guide

Berikutnya, ide usaha bidang pariwisata yang bisa dicoba pasca pandemi adalah jasa guide. Lamanya masa pandemi yang berlangsung, bisa jadi membuat banyak wisatawan yang lupa dengan apa-apa yang ada pada destinasi dan cara terbaik untuk berwisata di destinasi tersebut. Dari sinilah kemudian jasa guide pastinya akan banyak dicari ketika para wisatawan akan melakukan kunjungan ke sebuah destinasi. Nah kamu yang memang punya pemahaman yang baik mengenai suatu destinasi, bisa menjadikan jasa guide sebagai bisnis. Jangan lupa juga lengkapi kemampuan Anda tersebut dengan keahlian berkomunikasi, terutama bahasa inggris untuk mengantisipasi kedatangan wisatawan mancanegara.

  1. Jual Oleh-oleh Khas Setempat

Kalau ada banyak destinasi berada di daerah tertentu, biasanya akan muncul oleh-oleh khas setempat. Maka dari itu coba amati destinasi wisata yang kamu sasar itu apakah berada di daerah yang memiliki oleh-oleh khas. Jika memang iya, maka kamu bisa menjadikan ide bisnis jual oleh-oleh sebagai pilihan. Dengan kekhasan sebuah kawasan atau daerah, tentu kamu akan punya peluang untuk mendapatkan banyak pembeli. Apalagi bila memang daerah tersebut benar-benar memiliki keistimewaan dalam bidang wisata, maka kamu akan lebih berpeluang untuk sukses menjalankan usaha ini.

  1. Jasa Penginapan

Terakhir, ide usaha dibidang pariwisata yang bisa kamu coba pasca pandemi adalah jasa penginapan. Wisatawan yang datang dari jauh, pastinya membutuhkan penginapan untuk beristirahat. Apalagi bila daerah tersebut punya banyak destinasi wisata, maka penginapan akan semakin dibutuhkan untuk tempat bermalam dan waktu mengeksplorasi beberapa destinasi. Dari sinilah maka bila kamu punya lahan atau rumah yang tidak digunakan, bisa menjadikannya sebagai penginapan. Tentu karena bisnis penginapan ini berkonsep jasa, maka kamu perlu mengutamakan kepuasan dari pengguna agar semakin banyak yang meminati penginapanmu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top