Lainnya

4 Bisnis yang Terdampak dari Efek Wabah Virus Corona

virus-corona

virus corona/https://trithucvn.net/

Virus corona atau Covid-19 saat ini memang sangat meresahkan banyak pihak di seluruh dunia. Virus yang bermula dari Wuhan, China ini tidak hanya membuat masyarakat di dunia khawatir soal penyebarannya, tapi virus tersebut juga membuat beberapa sektor perekonomian negara menjadi lumpuh. Lumpuhnya beberapa sektor perekonomian yang lumpuh akibat efek virus Corona ini dikarenakan adanya beberapa bisnis yang terdampak. Ketika banyak negara yang menerapkan kebijakan penutupan jalur masuk dari dan ke China, memang membuat beberapa bisnis mengalami kerugian. Nah berikut ini adalah beberapa bisnis yang terdampak akibat dari efek virus Corona.

  1. Bisnis Maskapai Penerbangan

Bisnis pertama yang sangat terdampak dengan adanya efek virus Corona adalah penerbangan. Ketika hampir semua negara menetapkan kebijakan penutupan pintu masuk negaranya dari dan ke negara China untuk menangkal penyebaran virus, maka hal ini membuat maskapai penerbangan harus mengikutinya. Dari sini maka muncul penghentian rute penerbangan dari dan ke China hingga membuat bisnis maskapai pun terpukul. Bisnis maskapai penerbangan pun semakin terpukul karena melihat periode penutupan pintu masuk dari China ini berlangsung cukup lama mengingat virus yang masih terus mewabah. Kerugian akibat penutupan atau penghentian penerbangan ke China ini sendiri terbilang sangat besar. International Civil Aviation Organization (ICAO) sendiri mencatat ada sekitar 70 maskapai dunia yang menghentikan penerbangan ke China dengan potensi kerugian mencapai US$ 4-5 miliar, atau sekitar Rp 70 triliun. Penghitungan ini didasarkan dari adanya pengurangan hampir 20 juta penumpang yang terjadi karena kebijakan penghentian penerbangan tersebut.

  1. Bisnis Barang Ekspor-Impor

Pebisnis yang bergerak di sektor ekspor-impor pastinya akan sangat merasakan dampak dari efek virus corona di China ini. Dari wabah virus corona ini memang membuat banyak negara kemudian membuat keputusan untuk menutup ekspor-impor dari dan ke negeri China. Dari sinilah kemudian banyak bisnis dibidang ekspor-impor yang mengalami penurunan omset drastis. Karena keran ekspor-impor yang ditutup oleh pemerintah maka membuat mereka para pebisnis di sektor ini tak bisa lagi menggerakkan roda usahanya. Alih-alih mengimpor atau mengekspor, dalam bisnis ini mereka mau tak mau harus menghentikan segala kegiatan usahanya guna menutup pengeluaran. Susahnya lagi mereka para pebisnis ekspor-impor ini harus berhadapan dengan ketidakjelasan waktu atau periode masa kebijakan penutupan eskpor-impor dari pemerintah yang menunggu kabar meredanya wabah virus corona tersebut.

  1. Bisnis Pariwisata

Berikutnya, bisnis yang juga sangat terdampak dari wabah virus corona ini yaitu bisnis pariwisata. Karena ditutupnya penerbangan dari dan ke China, maka sudah pasti akan terjadi pengurangan jumlah wisatawan. Nah dari sinilah para pebisnis yang bergerak disektor usaha pariwisata menjadi galau karena penurunan omset. Penurunan omset yang dialami pebisnis disektor pariwisata ini sebenarnya juga sangat disesalkan juga oleh pemerintah. Pasalnya dengan berkurangnya jumlah wisatawan yang datang membuat negara tidak bisa mendapatkan pemasukan dari sektor pariwisata tersebut. Beberapa bisnis di sektor pariwisata yang terdampak dari adanya efek virus corona ini antara lain bisnis akomodasi atau penginapan, bisnis travel, bisnis tour guide, bisnis souvenir dan lainnya.

  1. Bisnis Pengantaran Barang (Ekspedisi)

Terakhir, bisnis yang terdampak akibat wabah virus corona adalah bisnis pengantaran barang atau jasa ekspedisi. Meski ada beberapa pihak yang menyatakan bahwa pengiriman barang dari pusat virus corona yakni China ini aman. Tapi tak sedikit pula masyarakat yang masih meragukannya. Hasilnya mereka kemudian memilih aman dengan tidak dulu membeli barang-barang dari China. Karena keputusan inilah maka bisnis pengantaran barang atau jasa ekspedisi terkena imbasnya. Bagaimana tidak bila sebelum wabah virus corona ini jasa ekpedisi bisa meraup keuntungan besar dari banyaknya pengiriman dari China. Maka saat ini mereka harus mengandalkan pengiriman dari dalam negeri saja. Selain penurunan peminatan terhadap produk China, menurunnya pengiriman barang dari China ini diakibatkan oleh pebisnis di China sendiri yang sudah tidak fokus mengurus usahanya.

Itulah beberapa bisnis yang terdampak karena efek wabah virus Corona di China. Nah dari sini maka sebagai pebisnis tentu Anda harus bijak mencermati keadaan yang berubah ini. Anda harus bisa mencari solusi dan jalan keluar terbaik untuk bisa sukses melalui masa-masa merebaknya wabah virus corona yang ditakuti semua negara di dunia tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top