Lainnya

Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Work From Home Agar Tetap Produktif

kesalahan-dalam-work-from-home

kesalahan dalam work from home/https://news.microsoft.com/

Untuk mencegah penularan Covid-19 kemudian membuat banyak perusahaan yang menetapkan kebijakan Work From Home (WFH). Kebijakan bekerja dari rumah ini sendiri seirama dengan apa yang dianjurkan pemerintah untuk belajar, bekerja dan beribadah di rumah aja. Namun saat bekerja di rumah atau work from home, ternyata tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik. Selain karena banyaknya hal yang perlu disesuaikan, bekerja di rumah memiliki banyak suasana berbeda yang dapat mengganggu konsentrasi. Beberapa pekerja sendiri bahkan ada yang melakukan kesalahan-kesalahan sehingga membuat mereka gagal menjalankan work from home. Maka dari itu sebagai pekerja sudah selayaknya kita bisa menghindari beberapa kesalahan ketika WFH. Nah Berikut beberapa kesalahan yang patut dihindari saat menjalankan pekerjaan di rumah akibat wabah virus corona.

  1. Mengenakan Baju Seadanya

Kesalahan pertama saat work from home yang perlu Anda hindari yaitu mengenakan baju seadanya. Bekerja memang urusan atau kegiatan profesional, baik itu dilakukan di kantor atau di rumah. Karena merupakan aktivitas profesional maka Anda pun juga harus meresponnya dengan profesional pula. Walau harus bekerja di rumah, bukan berarti Anda bisa seenaknya menggunakan pakaian seadanya. Pakaian seadanya memang akan mencerminkan Anda yang tidak bersungguh-sungguh dengan pekerjaan. Jadi untuk menghindari stigma negatif dari atasan ketika tiba-tiba ada panggilan video conference masuk maka pastikan saja untuk menggunakan pakaian kerja biasa seperti di kantor. Menurut riset yang dilakukan para peneliti di Northwestern University sendiri, penggunaan pakaian yang saat WFH menadakan “makna simbolis” tersendiri di mata atasan.

  1. Kerja dari Tempat Tidur atau Sofa

Kesalahan lain yang sering dilakukan dalam bekerja di dalam rumah saat pandemi Covid-19 adalah bekerja dari tempat tidur atau sofa. Sama seperti menggunaan pakaian seadanya, bekerja dari tempat tidur atau sofa juga bisa menandakan Anda yang tidak profesional. Bagaimana mungkin Anda bisa menghadirkan kesan profesional dan sungguh-sungguh bila Anda hanya bekerja di tempat yang digunakan untuk istirahat? Maka Anda yang ingin tetap terlihat profesional sediakan saja tempat khusus untuk bekerja di rumah. Sebenarnya menghadirkan tempat khusus untuk bekerja di rumah ini tidak akan percuma. Sebab dengan tempat khusus ini maka Anda akan bisa bekerja dengan fokus dan konsentrasi yang baik. Ketika sudah bisa berkonsentrasi dengan baik maka Anda pun dapat bekerja secara produktif.

  1. Mengesampingkan Kesehatan

Berikutnya, kesalahan yang seringkali dilakukan para pekerja saat menjalankan WFH adalah mengkesampingkan kesehatan. Bekerja di rumah memang bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan bila Anda tak memperhatikannya. Mengapa demikian? Sebab saat di rumah, aktivitas gerak tubuh biasanya akan menurun. Nah dari sinilah maka pekerja yang tidak aktif bergerak ketika menjalankan WFH ini bisa membuat kesehatan tubuhnya menurun. Maka dari itu Anda yang ingin tetap sehat cobalah untuk tetap menjalankan aktivitas gerak tubuh seperti senam atau berolahraga agar kegiatan WFH yang dilakukan tetap efektif. Biasanya penyakit yang muncul saat pekerja tidak aktif bergerak ketika melakukan WFH ini adalah sakit punggung, cepat lelah hingga obesitas.

  1. Tidak Menciptakan Struktur dan Batasan

Terakhir, kesalahan yang seringkali terjadi dan dilakukan pekerja ketika menjalankan work from home yaitu tidak menciptakan struktur dan batasan. Bekerja di dalam rumah memang akan membuatmu mendapati banyak gangguan atau distraksi. Nah dari sinilah maka ketika Anda menjalankan WFH sudah selayaknya untuk menciptakan struktur dan batasan. Struktur di sana adalah bagaimana Anda mengkonsep sistem bekerja di rumah tanpa adanya gangguan. Sementara itu menciptakan batasan maksudnya adalah Anda membutuhkan aturan-aturan yang mengikat selama bekerja di rumah. Dari adanya struktur dan batasan yang diciptakan dan dipatuhi inilah maka Anda akan bisa menjalankan work from home dengan baik dan optimal.

Itulah beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan oleh para pekerja yang menjalankan work from home. Tentu Anda yang ingin tetap produktif walau bekerja di rumah, perlu menghindari beberapa kesalahan yang ada tersebut. Work from home sendiri memang perlu dilaksanakan dengan sepenuh hati dan profesional meski pekerjaan yang semula dikerjakan di kantor harus dibawa ke rumah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top