Tips

Hindari Bisnis Bangkrut di Masa Pandemi dengan 6 Cara Ini

cara-hindari-bangkrut-masa-pandemi

hindari bangkrut masa pandemi/https://katadata.co.id/

Masa pandemi seperti sekarang memang menjadi waktu yang sangat sulit bagi banyak pengusaha. Hal ini dikarenakan perekonomian yang bergerak lambat membuat bisnis yang dijalankan para pengusaha ini harus merasakan dampaknya. Bahkan karena pandemi ini berlangsung cukup lama hingga membuat resesi, menjadikan para pengusaha mengalami kerugian yang tak sedikit jumlahnya. Bahkan beberapa pengusaha yang ada malah harus gulung tikar karena bangkrut. Untuk itulah berbisnis di masa pandemi seperti sekarang butuh kejelian dan kecermatan. Agar terhindar dari kebangkrutan,kamu bisa menerapkan beberapa cara berikut ini.

  1. Manfaatkan Program Pemerintah

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kebangkrutan usaha di masa pandemi adalah dengan memanfaatkan program pemerintah. Karena pandemi ini memukul perekonomian secara nasional maka pemerintah pun harus turun tangan dengan mengeluarkan berbagai kebijakan. Salah satu kebijakan yang dihadirkan pemerintah Indonesia sendiri adalah membantu usaha mikro. Selain pinjaman yang menguntungkan, beberapa waktu lalu pemerintah juga telah menggelontorkan anggaran dengan memberikan bantuan dana secara langsung pada UMKM di masa pandemi ini. Nah dari beberapa program atau kebijakan pemerintah tersebut tentu kamu yang ingin terhindar dari kebangkrutan harus bisa memanfaatkannya dengan baik.

  1. Merundingkan Kembali Kontrak Bisnis

Bila kamu punya beberapa jalinan kontrak dengan beberapa vendor maka di masa pandemi seperti sekarang, kamu perlu mengkoreksinya kembali. Cobalah untuk berunding kembali dengan para vendor untuk meringankan beban pada kontrak yang sudah ada. Hal ini dilakukan bukan tanpa sebab. Di masa pandemi yang membuat omset tidak seperti biasanya maka kamu perlu mengurangi pengeluaran. Nah bila kamu bisa membujuk vendor untuk meringankan beban dalam kontrak, maka kamu bisa menjalankan bisnismu dengan sedikit lebih lega.

  1. Kumpulkan Semua Sisa Uang Tunai

Berikutnya, cara yang harus kamu lakukan untuk bisa bertahan di masa pandemi guna menghindari kebangkrutan adalah dengan mengumpukan semua sisa uang tunai. Jadi bila kamu punya beberapa piutang, maka segera saja untuk mengihnya. Untuk dapat membuat penghutang mau membayar uang kepadamu, pastikan kamu memiliki strategi khusus seperti memberikan keringanan bunga dan lain sebagainya.

  1. Mengurangi Biaya Staf

Beban pengeluaran yang tidak sebanding dengan pendapatan memang membuat beberapa pengusaha mau tak mau harus mengorbankan karyawan. Namun usahakan sebisa mungkin kamu tidak melakukan PHK. Alternatif yang bisa diambil untuk mengurangi biaya staf ini adalah merumahkan atau membuat shift kerja harian. Dari sinilah kamu bisa mengurangi biaya gaji untuk karyawan demi keberlangsungan bisnis di masa pandemi.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Selain mengurangi biaya gaji staf, cara lain yang bisa dilakukan adalah meningkatkan produktivitas. Tentu di masa pandemi seperti sekarang meningkatkan produktivitas ini artinya bukan menambah produk yang dijual. Namun yang dimaksud di sini adalah kamu harus bisa memaksimalkan kinerja karyawan dari sejumlah kebijakan yang telah ditetapkan.

  1. Lakukan Efisiensi dan Cari Alternatif

Terakhir, cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kebangkrutan bisnis di masa pandemi yaitu dengan melakukan efisiensi dan mencari alternatif. Dengan pemasukan yang minim, mau tak mau kamu memang harus melakukan efisiensi sebisa mungkin dibeberapa hal. Hal lain yang perlu kamu jalankan yaitu mencari alternatif yang dapat membuatmu bisa bertahan. Salah satu cara yang bisa kamu tempuh adalah dengan menjalankan maketing online yang saat ini memang lebih diminati konsumen. Intinya di masa pandemi seperti ini kamu perlu jeli mencari solusi untuk keberlangsungan bisnismu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top