Tips

Ingin Aman Bersepeda Saat Masa Pandemi? Terapkan 5 Tips Berikut Ini

tips-bersepeda-aman-masa-pandemi

bersepeda masa pandemi/https://lifestyle.okezone.com/

Kegiatan bersepeda saat ini memang menjadi sebuah kebiasaan dan tren baru di tengah masyarakat. Begitu besarnya antusiasnya perhatian masyarakat pada aktivitas bersepeda ini membuat kita bisa menjumpainya di setiap sudut jalan. Tapi karena tren bersepeda ini muncul dimasa pandemi Covid-19, maka diperlukan kehati-hatian atau sikap waspada untuk menghindari penularannya. Lalu bagaimana cara untuk bisa tetap aman bersepeda dan terhindari dari penularan virus corona? Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

  1. Bawa Perbekalan Anti Corona

Tips pertama yang bisa kamu jalankan untuk tetap aman bersepeda di masa pandemi yaitu membawa perbekalan anti corona. Perbekalan atau starter kit anti corona adalah barang-barang atau alat yang bisa meminimalisir seseorang dari penularan virus corona ketika berada di luar rumah. Seperti kita tahu bahwa saat bersepeda tentunya kita akan melakukannya di luar rumah yang itu artinya tingkat penularannya meningkat. Nah untuk meminimalisir penularannya tersebut maka perbekalan anti corona wajib dibawa dan digunakan. Beberapa perbekalan anti corona yang perlu dibawa dan digunakan agar aman bersepeda di masa pandemi antara lain masker, sarung tangan, face shield, hand sanitizer, kaca mata, helm, tempat minum sendiri dan lainnya.

  1. Terapkan Protokol Kesehatan

Dalam masa pandemi seperti ini protokol kesehatan memang perlu selalu diterapkan. Apalagi bila kita berada di luar rumah dalam kegiatan bersepeda, maka protokol kesehatan ini menjadi sesuatu yang wajib dilakukan. Tujuan pelaksanaan protokol kesehatan ini tentu tidak lain adalah agar terhindar dari penularan Covid-19. Beberapa bentuk aturan protokol kesehatan yang perlu diterapkan saat bersepeda antara lain physical distancing, cuci tangan, dan juga penggunaan masker. Dari beberapa aturan tersebut, hal yang seringkali tidak dijalankan oleh para pegowes yaitu physical distancing. Sebab, dari beberapa fakta yang ditemukan di lapangan memang sering dijumpai para pegowes yang berkerumun. Kerumunan ini memang bisa memicu penularan Covid-19 yang tinggi. Jadi supaya Anda tetap aman bersepda di tengah pandemi pastikan untuk selalu menerapkan physical distancing dan protokol kesehatan lainnya.

  1. Hindari Tempat atau Rute Zona Merah

Berikutnya, tips bersepeda aman di masa pandemi adalah dengan menghindari tempat atau rute zona merah. Bila di daerahmu masih ada daerah-daerah yang terkategori zona merah, maka pastikan kamu tidak melaluinya saat bersepeda. Sebab daerah zona merah dimana didapati kasus positif Covid-19 membuatnya rawan terjangkit penularan. Supaya lebih aman lagi pastikan untuk menjadikan daerah-daerah zona hijau sebagai rute bersepeda. Untuk mengetahui mana-mana daerah zona merah, kuning dan hijau maka kamu harus mengupdate informasinya di portal-portal atau platform terpercaya.

  1. Saling Menghormati Pengguna Jalan Lain

Saat ini memang banyak pihak yang mengeluhkan aksi para pegowes di jalanan yang semaunya sendiri. Dengan berkelompok para pegowes ini didapati seperti penguasa yang tidak mau berbagi jalanan dengan pengendara lain. Dari sinilah kemudian banyak pengendara yang kesal pada sikap pegowes yang seenaknya. Berkendara dengan semaunya di jalanan ini memang harus dihindari karena sangat membahayakan bagi pengendaranya. Maka dari itu supaya kamu tetap aman saat bersepda di masa pandemi yang telah menjadi tren ini, pastikan untuk saling menghormati pengguna jalan lain dengan tidak bersikap seenaknya di jalanan.

  1. Taati Peraturan dan Rambu-rambu Lalu Lintas

Terakhir, tips aman bersepeda di masa pandemi adalah dengan menaati rambu-rambu lalu lintas. Meski belum semua daerah membuat jalur sepeda, bukan berarti lantas kamu bisa semaunya bersepda di jalanan dengan menghiraukan peraturan. Tapi sebagai pegowes yang bijak, kamu juga seharusnya menaati tata tertib dan rambu-rambu lalu lintas. Selain itu pastikan juga ketika bersepeda kamu menggunakan lajur kiri dan tidak mengambil ruas jalan terlalu lebar yang merupakan hak pengendara lain.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: