Tips

Ingin Bisnis Anda Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19? Jalankan 5 Hal Ini

bertahan_saat_pandemi_covid-19

bertahan saat pandemi covid-19/https://nasional.okezone.com/

Wabah virus corona saat ini memang membuat banyak bisnis dan usaha terpukul. Hal ini dikarenakan beberapa bisnis tersebut mengalami penurunan omset yang sangat besar karena sepinya pemasukan. Karena menurunnya omset yang besar inilah membuat beberapa perusahaan ada yang kemudian melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada beberapa karyawannya. Pandemi Covid-19 yang masih tak menentu kapan berakhirnya ini semakin membuat para pengusaha risau. Sebab beberapa pengusaha memang ada yang menyatakan bahwa perusahaannya tidak lagi bisa bertahan jika situasi pagebluk ini tetap berlangsung hingga beberapa bulan mendatang. Tapi sebagai pebisnis tentu Anda harus bisa kreatif untuk bisa membuat usaha tetap bertahan. Tapi bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

  1. Cash Management

Pertama, hal yang bisa Anda jalankan untuk membuat bisnis bisa bertahan dalam situasi pandemi Covid-19 adalah dengan melakukan cash management. Keuangan yang sehat memang menjadi kunci bagaiamana sebuah perusahaan atau bisnis bisa melewati keadaan ini dengan baik. Mak dari itu untuk mencapai keadaan finansial yang sehat tersebut maka Anda perlu melakukan cash management. Cash management ini sendiri adalah bentuk pengaturan arus kas dan pengamanannya. Selain menahan pengeluaran besar, cash management ini juga bisa berwujud tindakan negosiasi penangguhan pembayaran sewa dan kredit bank, memperpanjang pembayaran kreditor dan juga mengajukan keringanan pajak. Dari beberapa usaha cash management di atas maka Anda akan bisa membuat keuangan perusahaan tetap terjaga lebih sehat. Namun pastikan semua usaha cash management tersebut berhasil dilakukan untuk bisa membuat perusahaan Anda bertahan dalam situasi pandemi Covid-19.

  1. Perencanaan Kontingensi

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan untuk membuat bisnis tetap bertahan di masa pandemi Covid-19 adalah dengan merencanakan kontingensi. Kontingensi sendiri adalah situasi perusahaan atau bisnis yang masih diliputi ketidakpastian mengenai ada tidaknya laba yang bisa didapatkan sampai waktu ke depan tiba. Dunia bisnis yang dinamis memang menuntut para pengusaha untuk bisa melakukan perencanaan kontingensi agar saat kejadian itu terjadi bisa tak membuat panik. Perencanaan kontingensi sendiri dapat berwujud panduan tanggap darurat untuk mendapati sektor mana saja di perusahaan yang krusial ketika terjadi situasi tak menguntungkan seperti sekarang ini. Nantinya pangusaha membuat strategi tersendiri untuk mengatasi sektor krusial di perusahaan yang terimbas tersebut.

  1. Pengelolaan Pemegang Saham

Selanjutnya, hal yang perlu Anda jalankan untuk membuat bisnis bisa bertahan di masa wabah virus corona adalah dengan melakukan pengelolaan pemegang saham. Bila perusahaan Anda memiliki beberapa pemegang saham, maka dalam situasi seperti sekarang ini perlu dilakukan diskusi untuk mengelola saham yang ada. Dari diskusi mengenai pengelolaan saham ini maka bisa diperoleh solusi bagaiman cara agar finansial perusahaan tetap sehat meski arus kas masuk sedikit. Selain menghadirkan diskusi, pengusaha juga disarankan untuk proaktif serta berinisiatif berhubungan dengan beberapa pihak terkait seperti investor atau pemerintah agar tetap mendapatkan dukungan keuangan.

  1. Perhatikan Karyawan

Usaha Anda memang tidak akan pernah bergerak dan maju tanpa adanya karyawan yang membantu. Meski kondisi keuangan perusahaan sedang seret tapi sebagai pemimpin atau owner maka Anda tetap harus memperhatikan karyawan. Pastikan sebisa mungkin Anda tidak melakukan PHK (Pemutusan Hubungan karyawan). Mungkin Anda harus membuat karyawan bekerja di rumah secara work from home untuk mencegah penularan Covid-19. Kebijakan work from home ini tentu tidak ada masalah selagi roda bisnis atau perusahaan masih bisa bergerak.

  1. Bentuk Tim Manajemen Krisis

Terakhir, hal yang harus Anda jalankan untuk membuat bisnis tetap bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19 adalah membentuk tim manajemen krisis. Ketika masa sulit itu tiba seperti saat ini maka perusahaan atau bisnis memang perlu membentuk tim manajemen krisis. Tim manajemen krisisi ini sendiri nantinya akan bertugas khusus untuk mencari strategi dan solusi untuk mengatasi kesulitan yang ada. Tentu dengan fokus kerja yang dikhususkan untuk mengatasi kesulitan yang dialami perusahaan ini maka peluang bisnis Anda untuk bertahan saat Pandemi Covid-19 ini akan semakin besar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top