Tips

Ingin Bisnis Bertumbuh? Jalankan Strategi Berikut Ketika Bisnis Mulai Berjalan

buat-bisnis-awal-bertumbuh

Setiap pebisnis pasti menginginkan usahanya terus berkembang atau bertumbuh. Nah dari sinilah bila Anda ingin bisnis bertumbuh, Anda harus bisa menjalankan strategi yang tepat. Peran strategi bisnis pada sebuah usaha memang sangat sentral. Apalagi Anda yang sedang mengawali usaha, maka kejelian menerapkan strategi akan bisa menjadi penentu pertumbuhan bisnis Anda. Dengan segala keterbatasan yang Anda dapati dalam permulaan bisnis ini maka strategi akan bisa menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dicermati. Lalu strategi bisnis apa yang tepat untuk dijalankan ketika usaha baru mulai berjalan agar tercapai pertumbuhan? Berikut beberapa strategi tersebut.

  1. Buktikan Keunggulan Produk

Strategi pertama yang perlu Anda jalankan untuk mencapai pertumbuhan usaha dalam tahap perintisan bisnis adalah membuktikan keunggulan produk. Bisnis yang masih dalam tahap permulaan memang belum banyak dikenal publik. Dari sinilah Anda sebagai pebisnis harus bisa mengenalkan produk Anda dan juga membuktikan keunggulannya. Pembuktian memang akan menjadi sesuatu hal yang bisa meyakinkan konsumen. Saat konsumen yakin dengan keunggulan produk Anda maka akan mudah bagi bisnis Anda untuk mencapai pertumbuhan. Ini karena mereka, para konsumen sudah percaya dengan kelebihan produk Anda dan tidak akan ragu lagi untuk membeli. Ketika sudah banyak pembeli yang membeli produk Anda maka bisnis pun akan cepat untuk bertumbuh.

  1. Jalankan Marketing Online

Di zaman sekarang dimana teknologi online semakin massif membuat pebisnis yang tidak mengikuti tren ini akan bisa tertinggal. Ini karena konsumen sudah banyak beralih ke dunia online untuk mencari dan membeli barang-barang yang dibutuhkan. Nah dari sinilah mau tak mau agar Anda bisa mendapatkan banyak pembeli, Anda harus juga menjalankan strategi marketing atau pemasaran online. Strategi atau pemasaran online sendiri bisa Anda jalankan dengan banyak cara seperti membuat media sosial, menjual via marketplace, mengelola toko online atau juga memasarkan via instant messaging. Dengan menjalankan pemasaran online maka peluang Anda untuk meraih pertumbuhan disaat bisnis mulai berjalan bisa Anda raih dengan baik.

  1. Berikan Harga Promosi

Berikutnya, startegi yang harus Anda jalankan untuk bisnis yang baru berjalan guna meraih pertumbuhan yaitu memberikan harga promosi. Strategi ini sendiri memang sudah banyak menjadi pilihan pebisnis yang sedang mengawali usaha. Para pebisnis yang menjalankan strategi ini berpikir bahwa apa yang dilakukannya dengan memberikan harga promosi bertujuan untuk membuat publik atau masyarakat bisa mengenal dan merasakan produknya terlebih dahulu. Sebab biasanya dengan bisnis atau produk baru, masyarakat jadi ragu untuk membeli. Tapi bila Anda memberikan harga promo, tentu saja masyarakat bisa mengenal dan merasakan produk Anda.

  1. Lakukan Promosi Offline

Selain melakukan promosi online, Anda juga tidak boleh melupakan promosi offline. Kenapa harus melakukan promosi offline juga? Sebab, masyarakat Indonesia belum semua memahami pembelian secara online. Nah untuk menjaring konsumen seperti ini Anda harus tetap menjalankan promosi offline. Dengan juga melakukan promosi offline maka Anda akan bisa membuat peluang yang lebih besar untuk meningkatkan penjualan. Promosi offline sendiri bisa Anda lakukan dengan beberapa cara seperti word of mouth, menyebarkan brosur, mengikuti pameran atau event dan lain sebagainya.

  1. Berikan Reward

Terakhir, strategi yang bisa Anda jalankan untuk bisnis yang baru berjalan guna menumbuhkan bisnis adalah dengan memberikan reward kepada konsumen. Sebenarnya strategi ini memiliki konsep yang tidak jauh berbeda dengan strategi ketiga yaitu memberikan harga promo. Dengan tujuan menarik konsumen agar mau membeli produknya kembali, maka strategi memberikan reward ini pun dilakukan. Strategi reward sendiri dilakukan dengan cara memberikan apresiasi dan penghargaan kepada konsumen atas pembelian yang dilakukannya. Strategi reward sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti memberikan hadiah, memberikan bonus, cashback, atau juga memberikan sebuah undian. Dengan cara ini maka konsumen yang telah membeli produk Anda akan bisa kembali melakukan pembelian untuk kedua kali dan seterusnya. Ketika konsumen mau melakukan pembelian lagi berkali-kali maka hal ini tentu saja akan membuat bisnis Anda terus bisa bertumbuh dan berkembang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top