Bisnis Online

4 Hal yang Perlu Dicermati Pelaku UMKM dalam Penggunaan Platform Digital untuk Pemasaran

digital-marketing-umkm

digital marketing UMKM/https://elitemarketer.id/

Saat ini penggunaan media atau platform digital untuk bisnis memang semakin marak. Dengan berlangsungnya pandemi Covid-19 maka mau tak mau cara pemasaran online pun harus dipilih oleh para pebisnis UMKM. Sayangnya meski sudah mencoba masuk ke platform online, tidak kemudian serta merta pebisnis memperoleh apa yang diharapkan. Maka dari itu kemudian Chief Operating Officer Chicken Holic Randy Raharja memberikan beberapa tips atau cara bagi para pelaku usaha mikro untuk memaksimalkan platform digital dalam penjualan online.

  1. Customer Behaviour

Pertama, hal yang perlu dicermati oleh para pelaku UKM guna memaksimalkan platform digital untuk pemasaran adalah kebiasaan konsumen (customer behaviour). Menurut Randy, kebiasaan dari konsumen ini memang penting untuk dipahami agar pebisnis mampu menerapkan strategi yang tepat dalam meningkatkan penjualan.

“Caranya itu adalah terlebih dahulu, pengusaha harus mengetahui atau mempelajari bagaimana customer behavior, atau bagaimana kita harus tahu pola pembelian produk kita,” kata Randy.

Sayangnya memang dalam praktiknya, pebisnis UKM yang terjun di ranah digital masih banyak yang tidak paham konsumennya, tidak tahu karakter pembelinya hingga tidak mengerti berapa banyak variasi atau tipikal customer yang datang membeli.

Namun bila pebisnis mampu mengenal dan memahami customer behaviour, mereka akan bisa menggunakan platform digital dengan lebih efektif.

“Kenapa? Karena sayang saja, ketika kita sudah memanfaatkan platform digital, tapi enggak tahu customer behavior kita itu seperti apa, sia-sia saja. Makanya sebelum memanfaatkan platform digital, kita tahu dulu siapa pembeli kita,” ujar Randy.

  1. Optimalkan Platform Digital yang Saat Ini Ada

Berikutnya, hal yang perlu dicermati oleh pelaku UKM dalam pemasaran online menurut Randy Raharja adalah ragam platform digital. Menurutnya saat ini memang ada banyak jenis platform media yang bisa digunakan. Maka dari itu pebisnis harus cermat memilih dan menentukan platform digital seperti dalam memanfaatkan halaman khusus digital untuk berjualan atau mengiklankan produk melalui media sosial.

  1. Manfaatkan Para Content Creator

Selanjutnya, hal yang harus dicermati dalam penggunaan platform digital adalah para content creator. Dalam pemasaran digital, konten memang sangat penting untuk mempengaruhi konsumen. Maka dari itu agar pemasaran yang dijalankan berjalan efektif maka pebisnis dapat memanfaatkan para content creator mulai dari level mikro atau makro. Dalam memanfaatkan para content creator ini Randy juga menyarankan untuk tidak lupa juga mengkaji bagaimana polanya.

“Jangan cuma sebatas membayar content creator saja, tapi bisa lakukan pendekatan agar content creator yang kita pakai itu tidak terlihat seperti penjualan. Makanya dibutuhkan pendekatan,” ungkap Randy.

  1. Jangan Hanya Mengandalkan Pembayaran Digital

Terakhir, hal yang perlu dicermati para pelaku UMKM ketika menggunakan platform digital untuk pemasaran adalah dengan tidak hanya mengandalkan pembayaran digital. Maksudnya di sini adalah meski pebisnis menggunakan platform digital, namun untuk urusan pembayaran usahakan bisa fleksibel. Jangan hanya menuntut konsumen membayar secara transfer bank atau via dompet digital. Tapi usahakan juga untuk menerima pembayaran secara langsung baik itu melalui pembelian delivery atau dengan cara COD via marketplace. Dengan adanya banyak metode pembayaran yang bisa dipilih customer, maka tingkat penjualan pun bisa meningkat.

Demikianlah beberapa hal yang perlu dicermati oleh para pebisnis UMKM yang menggunakan platform digital untuk strategi pemasaran. Dari sinilah maka kamu yang akan melangkah atau sedang menjalankan marketing online perlu cermat memaksimalkannya agar benar-benar menghasilkan penjualan yang diharapkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top