StartUp dan UKM

Ingin Pangkas Modal UMKM Saat Pandemi? Terapkan 4 Cara Ini

pangkas-modal-UMKM-saat pandemi

penghematan-bisnis-masa-pandemi/https://www.mamamia.com.au/

Dalam masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, beberapa bisnis termasuk UMKM memang mau tak mau harus mengencangkan ikat pinggang. Dengan pemasukan yang minim, maka penghematan menjadi satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk bisa bertahan atau eksis. Jenis penghematan yang acapkali dijalankan oleh pebisnis UMKM dalam mengatasi masa paceklik ini adalah dengan memangkas modal. Tapi bagaimana cara untuk bisa melakukan penghematan dengan memangkas modal? Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan.

  1. Turunkan Biaya Produksi

Trik pertama untuk memangkas modal UMKM dalam misi penghematan di masa pandemi adalah dengan menurunkan biaya produksi. Tapi untuk menjalankan trik ini Anda perlu berhati-hati. Sebab biaya produksi yang diturunkan tanpa perhitungan yang tepat dapat membuat kualitas produk jadi menurun. Ketika kualitas menurun tentu hal ini akan membuat konsumen bisa saja meninggalkan Anda. Maka dari itu agar tidak mempengaruhi kualitas produksi, Anda harus berhati-hati ketika harus menurunkan biaya produksi ini. Salah satu solusi untuk menurunkan biaya produksi tanpa harus menurunkan kualitas adalah dengan menegosiasikan kembali harga bahan baku dari supplier. Bila tidak disetujui maka Anda bisa mencari supplier atau tempat penyedia bahan baku lain yang menghadirkan harga lebih murah dan tetap berkualitas. Contoh lain adalah bila Anda membutuhkan perlengkapan produksi maka agar misi penghematan ini terlaksana, beli saja yang bekas namun masih tetap bagus.

  1. Jalankan Pemasaran Online

Salah satu hal yang juga bisa membuat pengeluaran dalam bisnis meningkat adalah biaya marketing atau pemasaran. Nah di tengah pandemi seperti sekarang maka Anda tak bisa lagi semaunya menjalankan marketing. Sebab dengan pemasukan yang minim, Anda mau tak mau harus bisa menghemat biaya pemasaran. Cara untuk menghemat biaya marketing adalah dengan menjalankan pemasaran digital atau online. Pemasaran online memang akan membuat Anda bisa menghemat banyak uang. Pasalnya, Anda bisa menjalankan pemasaran online ini dengan biaya minim bahkan ada yang gratis. Pemasaran digital sendiri bisa Anda jalankan dengan menggunakan beberapa media seperti website, media sosial, instan messaging dan lainnya. Dengan menerapkan strategi marketing online dalam menjalankannya, bukan tidak mungkin Anda malah mendapatkan pasar yang lebih luas. Hal ini dikarenakan media online memiliki jangkauan yang sangat besar hingga ke mancanegara.

  1. Kurangi atau Hilangkan Pos-pos Pengeluaran untuk Karyawan

Bila bisnis yang kamu jalankan memiliki banyak karyawan maka kamu perlu memikirkan bagaimana bisa menghemat untuk pengeluarannya. Untuk melakukan strategi ini Ada tidak harus membuat keputusan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Tapi Anda bisa menjalankan beberapa solusi lain seperti membuat kerja dengan sistem shift jam atau harian. Solusi lain untuk mengetatkan pengeluaran untuk karyawan adalah menghentikan program insentif seperti lembur dan lainnya. Bila selama ini Anda juga sering membuat program pengembangan skill karyawan, maka di masa pandemi juga perlu mengurangi atau boleh juga meniadakannya. Dengan mengurangi atau menghilangkan beberapa pos pengeluaran untuk karyawan tadi maka Anda akan bisa menghemat uang usaha.

  1. Manfaatkan Teknologi

Terakhir, cara untuk bisa memangkas modal UMKM demi penghematan di masa pandemi adalah dengan cara memanfaatkan teknologi. Ketika teknologi begitu pesat perkembangannya maka memang akan banyak hal yang bisa dilakukan dengan mudah dan murah. Selain pemasaran online, pemanfaatan teknologi yang murah juga bisa kamu terapkan pada sektor-sektor lain dalam bisnis. Sebut saja misalnya penerapan alat self service yang bisa menghemat pengeluaran untuk merekrut karyawan. Contoh lain misalnya, penerapan teknologi delivery order by ojek online yang juga bisa memangkas biaya untuk pengiriman barang.

Demikianlah beberapa trik dan cara yang bisa Anda terapkan untuk bisa memangkas modal UMKM demi penghematan di masa pandemi. Dalam situasi ekonomi yang tidak stabil seperti sekarang ini seorang pengusaha memang dituntut untuk kreatif mencari solusi. Maka jangan anggap langkah memangkas modal ini sebagai sebuah kegagalan. Tapi keadaan yang sulit ini memang membuat hampir semua pebisnis melakukan hal yang sama.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: