Lainnya

Ingin Naik Gaji Tahun Ini? Lakukan 5 Cara Tepat Ini

naik-gaji

Siapa sih yang tak mau naik gaji. Setiap pekerja atau karyawan pastinya ingin mendapatkan kenaikan gaji setiap waktunya. Tapi untuk bisa naik gaji maka memang ada beberapa hal yang harus dipenuhi karyawan. Owner perusahaan memang akan memberikan persyaratan atau ketentuan untuk setiap kenaikan gaji karyawan. Artinya keinginan untuk naik gaji ini tidak bisa semaunya diminta oleh karyawan. Namun meski demikian Anda sebagai pekerja dapat mengusahakan kenaikan gaji dengan sebuah upaya. Nah, berikut adalah beberapa cara tepat yang bisa Anda tempuh untuk bisa naik gaji tahun ini.

  1. Ketahui Nilai Anda

Pertama, cara tepat yang bisa Anda lakukan untuk bisa naik gaji tahun ini adalah dengan mengetahui nilai Anda sendiri. Agar permintaan Anda untuk naik gaji disetujui oleh atasan, maka Anda memang harus memastikan nilai Anda. Nilai diri memang akan sangat menentukan bagaimana atasan akan merespon permintaan Anda. Sebab, sebenarnya tanpa diminta pun bila Anda memiliki nilai diri yang mumpuni maka atasan akan menaikkan gaji Anda. Jadi nilai diri ini memang akan selalu dijadikan acuan setiap atasan atau owner bisnis untuk bisa menaikkan gaji. Bila memang nilai diri Anda sudah terbilang baik dan mumpuni dimata atasan, maka permintaan Anda untuk naik gaji akan lebih berpeluang untuk disetujui. Tapi bagaimana caranya untuk bisa mengetahui nilai diri? Anda bisa mengetahuinya dari kemampuan yang Anda miliki serta beban dan tanggung jawab yang Anda emban di perusahaan. Semakin besar kemampuan atau skill serta tanggung jawab di perusahaan yang Anda emban maka itu artinya nilai diri Anda terbilang sudah baik dan mumpuni.

  1. Minta Secara Langsung

Untuk Anda yang ingin mengajukan permintaan kenaikan gaji maka sebaiknya Anda meminta langsung ke atasan. Jadi jangan memintanya lewat email atau juga lewat perantara lain yang tidak bersifat langsung. Hal ini dikarenakan bila Anda meminta secara tidak langsung maka hal ini membuat atasan merasa tidak dihargai untuk urusan sepenting ini. Jadi bila Anda merasa keinginan Anda adalah sesuatu yang penting, maka pastikan Anda meminta kenaikan gaji ini secara langsung melalui pertemuan dan tatap muka dengan atasan. Dengan cara ini Anda akan terlihat lebih pemberani dan profesional.

  1. Cari Waktu Terbaik

Seperti beberapa hal lain, momentum juga menjadi sesuatu yang penting untuk Anda pertimbangkan ketika akan mengajukan kenaikan gaji tahun ini. Jadi dari sini ketika akan meminta kenaikan gaji carilah waktu yang tepat. Waktu yang tepat sendiri tidak hanya bisa Anda dapati saat perusahaan mendapatkan laba besar. Tapi waktu terbaik untuk mengajukan kenaikan gaji ini juga berlaku untuk momentum bagi atasan yang tepat. Maka pastikan Anda mengajukan kenaikan gaji ini saat atasan sedang tidak sibuk dan dalam tidak banyak masalah. Sebab ketika atasan sibuk dan banyak masalah, maka permintaan Anda akan sulit direalisasikan.

  1. Jangan Menunggu Terlalu Lama

Selanjutnya, Anda yang ingin naik gaji tahun ini juga harus segera memintanya sesegera mungkin. Tentu cara ini bisa Anda jalankan jika memang Anda sudah memenuhi beberapa hal sebelumnya di atas. Jadi jika Anda sudah memiliki nilai diri yang baik, waktu atau momentum terbaik dan siap untuk berhadapan langsung dengan atasan, maka mau tunggu apa lagi. Segera saja datangi atasan dan meminta kenaikan gaji. Sebab bila Anda menunggu terlalu lama maka bisa jadi beberapa hal di atas yang sudah Anda penuhi jadi sedikit demi sedikit menghilang. Jika beberapa momentum tadi sudah hilang maka Anda akan kesulitan lagi untuk meminta kenaikan gaji.

  1. Minta dengan Realistis dan Masuk Akal

Terakhir, cara tepat mengajukan kenaikan gaji tahun ini adalah dengan tidak terpancing untuk meminta terlalu besar. Anda memang harus bisa memperkirakan kenaikan gaji yang realistis dan masuk akal. Nah dengan meminta kenaikan gaji yang wajar maka Anda akan lebih bisa berpeluang mendapatkan persetujuan dari atasan akan permintaan Anda. Jadi pastikan saja Anda meminta dengan wajar, realistik dan tidak tamak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top