Tips

Ingin Pelanggan Loyal pada Bisnis Anda? Lakukan 5 Tips Ini

pelanggan-loyal

Dalam bisnis, Anda tentu berharap agar selalu ada pertumbuhan. Agar bisnis selalu bertumbuh, salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah memastikan selalu ada penjualan yang konsisten. Agar penjualan selalu konsisten tentu dibutuhkan pembeli yang setia pada bisnis Anda. Pembeli yang selalu setia membeli ini dalam dunia bisnis disebut pelanggan yang loyal. Memiliki pelanggan yang loyal memang akan sangat menyenangkan bagi seorang pebisnis. Sebab dengan loyalitasnya, bisnis Anda akan terus bisa eksis serta bertumbuh. Namun untuk bisa membuat pelanggan mau tetap loyal pada bisnis Anda tentu membutuhkan usaha. Anda sebagai pebisnis memang tak bisa berdiam diri saja dan mengharap pelanggan Anda menjadi loyal. Maka dari itu berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat pelanggan loyal pada bisnis Anda.

  1. Berikan Perhatian Khusus

Pertama, tips yang bisa dilakukan untuk membuat pelanggan menjadi loyal pada bisnis Anda adalah dengan memberikan perhatian khusus. Siapa sih yang tak ingin mendapat perhatian khusus? Konsumen dan pelanggan pun sangat senang bila diberi perhatian khusus. Perhatian khusus yang bisa Anda berikan pada pelanggan sendiri tak harus berupa sesuatu yang besar. Tapi hanya dengan mengucapkan ulang tahun pada hari lahirnya akan menjadi sebuah perhatian yang menarik bagi mereka. Tapi tentu Anda tidak harus menunggu satu tahun lamanya untuk bisa memberikan perhatian pada pelanggan. Namun dengan intens, Anda juga perlu memberikan perhatian pada pelanggan. Jadi selalu pikirkan apa yang bisa membuat pelanggan terkesima dengan perhatian yang Anda berikan.

  1. Lakukan Follow Up

Ketika seorang pelanggan telah melakukan pembelian, maka Anda sebagai pebisnis tidak bisa membiarkan begitu saja. Agar mereka bisa menjadi pelanggan yang loyal maka Anda harus melakukan follow up. Follow up sendiri adalah kegiatan timbal balik menanyakan respon pelanggan setelah membeli produk bisnis Anda. Dengan melakukan follow up, pelanggan akan merasa diperhatikan. Mungkin akan ada feedback atau respon dari pelanggan yang kurang baik dari pembelian yang mereka lakukan. Dari sini Anda sbeagai pebisnis tak boleh langsung hilang selera untuk melayani pelanggan. Tapi dari feedback buruk tadi Anda harus menyatakan minta maaf dan akan segera memperbaiki kesalahan yang ada. Dengan melakukan follow up beserta tindakan yang dari feedback pelanggan, maka mereka bisa menjadi pelanggan yang loyal pada bisnis Anda.

  1. Berikan Penawaran Menarik

Tak ada salahnya untuk memberikan penawaran menarik pada seseorang yang sudah menjadi pelanggan bisnis Anda. Sebab, akan ada hal yang lebih menguntungkan bagi bisnis Anda bila Anda melakukannya yaitu loyalitas. Penawaran menarik sendiri wujudnya bisa bermacam-macam seperti pemberian promo diskon, cashback atau juga hadiah dan lainnya. Mereka yang telah menjadi pelanggan Anda tentu akan menyenangi penawaran yang Anda berikan. Ketika mereka senang dengan apa yang Anda hadirkan maka mereka tidak akan ragu lagi untuk menjadi pelanggan yang loyal.

  1. Pertahankan Kualitas Produk dan Pelayanan yang Prima

Selanjutnya, tips untuk membuat pelanggan menjadi loyal pada bisnis Anda adalah dengan tetap mempertahankan kualitas produk pelayanan. Kualitas produk memang akan menjadi sesuatu yang terus diperhatikan oleh konsumen termasuk para pelanggan. Ketika Anda mampu menghadirkan produk yang selalu berkualitas maka para pelanggan akan semakin yakin untuk membeli produk Anda. Selain kualitas produk, Anda juga harus selalu meningkatkan pelayanan. Sebab pelayanan bisnis yang selalu prima akan membuat siapa pun akan terkesan. Dan bila Anda mampu mempertakankan kualitasn produk dan layanan, para pelanggan Anda bukan tidak mungkin akan menjadi loyal pada bisnis Anda.

  1. Buat Kegiatan dengan Pelanggan

Terakhir, tips membuat pelanggan loyal pada bisnis Anda adalah dengan membuat kegiatan dengan pelanggan. Kegiatan bersama pelanggan memang akan menghadirkan kesan tersendiri. Apalagi bila Anda mengundang mereka secara khusus, maka bisa jadi pelanggan berpikir bahwa mereka istimewa. Jadi sesekali waktu cobalah untuk membuat agenda kegiatan bersama pelanggan. Bentuk kegiatannya bisa bermacam-macam seperti workshop, dinner, coffe break atau bahkan camping dan ekspedisi. Apapun kegiatan yang Anda lakukan pastikan saja menghadirkan keceriaan dan kegembiraan bersama. Dari kesan manis kegiatan yang Anda hadirkan, maka pelanggan tidak akan ragu lagi untuk loyal pada bisnis Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top