Tips

Ingin Tingkatkan Jumlah Audiens di Media Sosial dengan Content Marketing? Begini Caranya!

content-marketing-media-sosial

Content Marketing/http://groeducontentmarketing.com/

Salah satu strategi pemasaran dengan perantara media sosial adalah menggunakan content marketing. Kebutuhan informasi yang besar dari para pengguna memang membuat content bisa menjadi salah satu instrumen yang bisa menarik perhatian pembeli atau konsumen dari media sosial. Tapi untuk menjalankan strategi content marketing ini perlu sebuah teknik dalam penerapannya agar sukses. Lalu seperti apakah cara atau teknik menjalankan strategi content marketing di media sosial untuk tingkatkan jumlah audiens? Berikut informasinya.

  1. Ketahui Siapa Audiensmu

Cara pertama untuk terapkan strategi content marketing di media sosial adalah dengan mengetahui serta memahami audiens. Audiens yang disasar dalam penerapan strategi ini memang perlu diketahui dengan jelas dan pasti. Sebab audiens yang memiliki karakteristik tersendiri perlu tindakan yang sesuai dengan wataknya tersebut. Contohnya audiens yang Anda akan sasar adalah kalangan generasi Z yang sudah familiar dan menyukai content video, maka bila kamu selalu menghadirkan konten tulisan atau gambar, pastinya mereka tidak begitu respect. Begitu sebaliknya bila audiens Anda adalah kalangan milenial kelahiran tahun 1990-an, maka mereka lebih menyukai kontent tulisan dan gambar dibanding video.

  1. Bangun Hubungan Emosional

Setelah mengetahui dan memahami dengan pasti karakteristik audiens Anda, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membangun hubungan emosional. Keputusan audiens untuk membeli atau bergabung dengan Anda di media sosial memang dapat dipengaruhi oleh faktor emosionalnya. Ini artinya bila kamu mampu membangun hubungan emosional yang kuat dengan audiens maka peluang Anda mendapatkan konsumen bahkan pelanggan akan sangat besar. Maka dari itu pastikan saja pada setiap konten yang dihadirkan mampu menghadirkan sentuhan emosional bagi audiens. Unsur emosional yang Anda hadirkan ini bisa berupa berberapa ekspresi seperti senang atau gembira, sedih atau terharu, kaget, takut dan lain sebagainya.

  1. Libatkan Audiens

Berikutnya, cara untuk menerapkan strategi content maketing di media sosial adalah dengan melibatkan audiens. Melibatkan audiens ini bukan berarti Anda mengajaknya dalam suatu agenda atau acara. Tapi dalam konten yang dihadirkan cobalah untuk mengajak audiens terlibat. Anda bisa menghadirkan sebuah pertanyaan untuk dijawab atau juga meminta pendapat serta menghadirkan survei atau jajak pendapat untuk mereka pilih. Bila punya dana lebih kamu bisa melibatkan audiens dengan cara menghadirkan giveaway atau kuis berhadiah.

  1. Bagikan Konten yang Bermanfaat

Sesuai dengan namanya yakni content marketing maka mau tak mau Anda harus bisa menghadirkan konten yang bermanfaat. Konten yang bermanfaat ini memang akan disukai audiens. Selain tips, kamu bisa menghadirkan kontent bermanfaat ini dengan konsep lifehack atau cara-cara mudah mengerjakan sesuatu. Konten berupa quote dan sebuah cerita yang memiliki nilai juga akan menjadi nilai tersendiri bagi audiens yang melihatnya. Tapi sekali lagi coba sesuaikan bahasa dengan karakteristik audienmu ketika menghadirkannya.

  1. Gunakan Visual yang Menarik

Media sosial yang merupakan media berbasis layar elektronik tentu akan sangat mengandalkan visual sebagai pendukungnya. Apalagi saat ini sudah beberapa media sosial yang menghadirkan visual bergerak atau video. Dari sini Anda sebagai pengelola media sosialnya harus mampu menggunakan visual menarik dalam konten tersebut. Visual yang menarik berupa pemilihan warna, gambar dan kualitas video terbaik memang akan sangat diminati audiens.

  1. Manfaatkan Fitur yang Ada

Terakhir, cara menjalankan content marketing di media sosial untuk tingkatkan jumlah audiens adalah dengan memanfaatkan fitur yang ada. Di setiap media sosial kita memang akan mendapati beberapa fitur yang mendukung kegiatan. Nah dari sinilah kamu yang ingin mengoptimalkan strategi content marketing ini perlu memahami dan memanfaatkan beberapa fitur yang disediakan media sosial tersebut. Beberapa fitur di media sosial yang perlu Anda manfaatkan yaitu insight, swipe-up pada Instagram dan lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top