Tips

Sedang Mencari Kerja di Masa Pandemi? Hindari 5 Hal Ini Jika Ingin Berhasil

cari-kerja-masa-pandemi

cari kerja masa pandemi/https://www.flexjobs.com/

Mencari kerja di masa pandemi seperti sekarang memang terbilang tidak mudah. Perekonomian yang sedang merosot karena krisis membuat banyak perusahaan banyak yang menutup lowongan kerja demi efisiensi. Dari sinilah maka jumlah lowongan kerja di masa pandemi ini terbilang minim. Jadi Anda yang sedang mencari kerja di masa pandemi perlu perjuangan yang lebih serta taktik dan strategi yang berbeda dari biasanya. Nah agar berhasil maka ada beberapa hal yang perlu Anda hindari saat mencari kerja di masa pandemi berikut ini.

  1. Hanya Mengandalkan Satu Sumber

Hal pertama yang perlu Anda hindari saat mencari pekerjaan di masa pandemi adalah mengandalkan satu sumber. Seperti kita tahu bahwa sumber info lowongan kerja sekarang ini cukup banyak. Tidak hanya melalui media konvensional seperti koneksi dan koran, tapi Anda juga bisa mendapatkan loker (lowongan kerja) dari media online. Media online sendiri ada banyak macamnya. Selain dari website perusahaan, Anda juga bisa memaksimalkan portal-portal yang menghadirkan info loker seperti LinkedIn, situs loker, media sosial dan lainnya. Jadi semakin optimal Anda menggunakan beberapa portal digital tersebut, akan semakin besar peluangmu mendapatkan pekerjaan.

  1. Melakukannya Sambil Buka Media Sosial dan Situs Belanja Online

Saat ingin mencari pekerjaan maka Anda harus fokus pada kegiatan tersebut. Jangan sampai konsentrasi Anda terpecah dengan aktivitas lain ketika mencari lowongan kerja ini. Salah satu hal yang bisa membubarkan fokus Anda saat mencari lowongan kerja adalah media sosial dan belanja online. Bisa jadi memang info loker ini ada di media sosial, namun di sini kamu harus bijak untuk fokus mengakses media sosial perusahaan atau akun loker, jangan yang lain.

  1. Membuat CV yang Biasa

Berikutnya, hal yang haru Anda hindari saat mencari kerja di masa pandemi yaitu membuat CV yang biasa-biasa saja. Saat ini CV memang bisa dibuat dengan desain yang menarik. Tapi jangan hanya mengandalkan desain, tapi Anda juga harus bisa menghadirkan hal-hal penting dalam CV. CV memang menjadi komponen yang selalu diminta dan diperhatikan oleh job hunter. Nah dari sinilah maka kamu harus bisa membuat dan menghadirkan CV yang menarik.

  1. Menghindari Perusahaan yang Jobdesc-nya Susah

Hal yang juga bisa membuat Anda tak kunjung mendapatkan pekerjaan di masa pandemi adalah selalu menghindari perusahaan yang jobdesc-nya susah. Anda memang harus mulai mengurangi tuntutan dan standar Anda jika ingin segera mendapatkan pekerjaan di masa pandemi. Jadi jika melihat info loker yang sudah sesuai dengan bidang dan skill Anda, maka usahakan untuk melamarnya meski ada beberapa jobdesc yang dicantumkan dalam loker. Anda harus ingat bahwa di masa pandemi ini perusahaan bisa jadi berusaha melakukan efisiensi dengan memberikan jodesc lebih.

  1. Melamar di Hari Terakhir

Terakhir, hal yang harus Anda hindari jika ingin segera berhasil mendapatkan kerja di masa pandemi yaitu melamar di hari terakhir. Jika Anda menemukan info lowongan kerja yang sesuai di hari itu, cobalah untuk segera melamarnya. Jangan menunggu esok hari atau bahkan menjelang hari terakhir lamaran. Sebab kita tidak ada yang tahu bagaimana job hunter sudah mulai melakukan seleksi pada berkas para pelamar. Jadi usahakan untuk sesegera mungkin melakukan aplly pekerjaan bila mendapatkan info loker yang dirasa sesuai. Semakin cepat Anda mengirim berkas lamaran maka semakin bagus pula peluang Anda nantinya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top