Tips

Supaya Peluang Karier Lebih Terbuka, Lakukan 5 Cara Ini

cara-buka-peluang-karier

cara buka peluang karier/https://economy.okezone.com/

Memiliki karir yang selalu bagus adalah dambaan semua orang. Namun untuk bisa mencapainya, seorang pekerja harus bisa membuat peluangnya lebih terbuka. Dalam dunia kerja tak jarang memang ada seseorang yang sulit menapaki karir yang baik meski berganti-ganti perusahaan. Di sisi lain ada juga karyawan yang selalu mendapatkan tempat bagus meski berpindah-pindah perusahaan. Lalu mengapa demikian? Jawabannya ada pada terbukanya peluang karir pada masing-masing pekerja tersebut. Nah untuk bisa membuat peluang karir terus terbuka maka kita harus berusaha dengan menjalankan lima cara dari Pakar Karier Ariel Lopez dan Latesha Byrd berikut ini.

  1. Perjelas Apa yang Kamu Inginkan

Cara pertama membuat peluang karir lebih terbuka menurut Byrd yaitu dengan memperjelas apa yang diinginkan. Tak jarang memang banyak pekerja yang tidak mengetahui apa yang diinginkan dalam menjalankan karirnya. Jadi sebelum mengirim lamaran, Byrd menyarankan untuk memperjelas keinginan. Maka cobalah untuk menyusun tujuan karirmu dalam daftar keinginan. Buatlah lebih detail mengenai tujuanmu seperti jenis lingkungan kerja dan budaya kerja yang diinginkan, tim yang ingin dimiliki dan hal-hal lain yang dapat membuatmu bersemangat dalam bekerja.

“Menyusun tujuan dan hal-hal yang kamu inginkan merupakan ide yang baik untuk mengetahui hal apa saja dalam lingkungan kerja yang tidak dapat dinegoisasikan menurutmu,” kata Byrd.

  1. Perbarui Branding Profesionalmu

Untuk membuka peluang karir, kamu juga perlu melakukan pembaruan dalam branding profesionalmu. Untuk melakukan hal ini menurut Lopez, kamu perlu memberbarui resume, CV dan beberapa profilmu di media digital. Tidak hanya profil LinkedIn, kamu juga perlu memperbaiki profilmu pada beberapa media sosial yang kini memang sering menjadi perhatian perusahaan. Pastikan kamu membuat profil yang sesuai dengan resume serta CV-mu. Lakukan secara konsisten hingga kamu memang dianggap profesional dalam bidang tersebut.

“Namun lebih dari itu, saya sangat menyarankanmu untuk melihat profil LinkedIn orang lain, yang sudah profesional di bidang yang kamu lamar,” ujar Lopez.

  1. Pahami Jenis Pelatihan dan Pendidikan yang Dibutuhkan

Berikutnya, cara untuk membuat peluang karir lebih terbuka yaitu memahami jenis pelatihan dan pendidikan yang dibutuhkan. Kamu harus jujur untuk mengakui keahlian yang belum dikuasai untuk bisa melamar pada perusahaan. Dari sinilah kamu bisa mencari jenis pelatihan dan pendidikan yang tepat untuk bisa mengusai keahlian yang dibutuhkan. Meski masih berlangsung pandemi, kamu bisa mendapatkan beberapa pelatihan secara online. Jadi tidak ada alasan untuk tidak bisa menguasai keahlian yang diperlukan.

  1. Yakinkan Perusahaan

Ketika kamu merasa mendapatkan posisi yang sesuai dalam sebuah rekrutmen, kamu harus bisa menyakinkan perusahaan. Meyakinkan perusahaan ini menjadi sesuatu yang lebih penting lagi ketika kamu harus berpindah tempat kerja. Di sini kamu harus bisa menjelaskan pada HRD alasanmu berpindah perusahaan. Beberapa hal yang bisa kamu andalkan untuk meyakinkan perusahaan adalah skill, pemikiran inovatif, resolusi konflik, teamwork yang mumpuni hingga keahlian berkomunikasi. Ingat juga bahwa kamu harus bisa meyakinkan perusahaan sejak dalam resume yang dikirim hingga dalam tahap wawancara.

  1. Perluas Jaringan

Terakhir, cara untuk membuat peluang karir terbuka adalah dengan memperluas jaringan. Sama seperti menumbuhkan bisnis, kamu yang ingin menciptakan peluang karir yang selalu terbuka harus memiliki jaringan luas. Semakin banyak dan luas jaringanmu maka akan semakin besar peluangmu untuk membuat karirmu selalu terbuka. Meski di masa pandemi ini kamu sulit menjalin hubungan secara tatap muka, kamu bisa menggunakan jaringan online untuk melakukannya.

“Jaringan online adalah segalanya, dan LinkedIn akan menjadi kuncinya,” jelas Byrd.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top