Lainnya

5 Kegunaan LinkedIn untuk Karir yang Selama Ini Mungkin Tidak Anda Sadari

linkedin

linkedin/https://www.kompasiana.com/

Sebagai salah satu jejaring sosial, LinkedIn memang masih kalah populer dengan Facebook atau Instagram. Tapi dengan keunikan pada pangsa pasar yang dimilikinya, LinkedIn pun terus berkembang dan terus mendapatkan perhatian dari publik. Perkembangan dan pertumbuhan LinkedIn ini sendiri terlihat dari jumlah penggunanya yang terus meningkat dimana saat ini telah mencapai angka lebih dari 546 juta pengguna di lebih dari 200 negara dan wilayah di seluruh dunia. Jejaring sosial yang didirikan oleh Reid Roffman ini sendiri hingga April 2018 memilik 260 juta pengguna aktif. Dari terus meningkatnya jumlah pengguna LinkedIn ini memang terlihat betapa platform ini begitu berguna dan penting. Nah berikut ini adalah beberapa kegunaan dan manfaat dari LinkedIn yang mungkin saja selama ini tidak Anda sadari.

  1. Menjaga Hubungan dengan Rekan Lama

Kegunaan dan manfaat pertama dari LinkedIn adalah menjaga hubungan dengan rekan kerja lama. Sebagai platform jejaring sosial, Anda memang bisa menjalin pertemanan di LinkedIn. Dari sini maka Anda akan tetap terus terhubung dengan rekan-rekan kerja Anda di kantor sebelumnya. Dengan selalu terhubung dengan rekan-rekan kerja di kantor lama, maka Anda pun bisa terus menjalin komunikasi untuk kerjasama di beberapa proyek yang dapat dikerjakan. Hubungan relasi atau rekanan di dunia karir ini memang sangat penting untuk pengembangan diri di masa depan. Untuk itulah bila Anda membutuhkannya, pastikan LinkedIn menjadi pilihan yang tepat.

  1. Mudah Melamar Pekerjaan

Di LinkedIn memang kita akan mendapati banyak perusahaan dan para profesional. Beberapa perusahaan yang ada bahkan ada yang sering menginfokan rekrumen pekerjaan pada publik melalui LinkedIn. Dari sinilah kemudian LinkedIn memberikan atau menghadirkan sebuah fitur yang dapat atau bisa dipergunakan siapa pun untuk melamar pekerjaan-pekerjaan yang dihadirkan oleh bebebapa perusahaan tersebut. Menariknya melamar pekerjaan via LinkedIn ini sangatlah mudah. Sebab dengan surat lamaran dan CV digital yang telah disiapkan, hanya dengan satu klik saja, lamaran pun sudah terkirim.

  1. Memperluas Koneksi

Berikutnya, kegunaan LinkedIn untuk karir yang selama ini mungkin tidak Anda sadari adalah memperluas koneksi. Di LinkedIn Anda memang bisa bertemu dengan berbagai macam profesional dibidangnya. Dengan mencari orang yang sebidang karir atau memiliki ketertarikan yang sama, maka Anda bisa saling mengenal untuk menambah koneksi. Koneksi atau relasi ini tentu sangat penting bagi siapa pun yang ingin mengembangkan karir atau meningkatkan profesionalisme. Jika Anda sudah bisa mengembangkan karir atau meningkatkan profesionalisme, maka peluang kesuksesan pun semakin terbuka atau dekat untuk Anda raih.

  1. Mendapatkan Informasi dan Inspirasi Terkait Pekerjaan

Selain informasi mengenai rekrutmen, di LinkedIn ini Anda akan bisa mendapatkan beragam pengetahuan dan inspirasi tentang dunia karir dan pekerjaan. Di LinkedIn ini setiap pengguna memang memiliki kesempatan berbagi ilmu dan pengalamannya di kolom share beranda. Dengan menuliskan status seperti di media sosial lain, di beranda ini kita akan mendapati banyak tulisan yang berbobot sesuai dengan bidang dan keahliannya masing-masing. Tidak jarang beberapa tulisan yang ada di beranda yang berasal dari teman-teman LinkedIn Anda tersebut akan bisa menginspirasi Anda. Dengan tulisan-tulisan inspiratif inilah maka Anda akan bisa belajar dan mendapatkan wawasan yang luas guna meningkatkan kemampuan diri.

  1. Membuka Peluang Agar Direkrut Oleh Rekruter

Terakhir, kegunaan dan manfaat dari LinkedIn untuk karir yang selama ini tidak Anda sadari adalah membuka peluang agar dipilih rekruter. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa di LinkedIn ini banyak perusahaan yang membuka informasi rekrutmen. Tidak hanya itu beberapa perusahaan diantaranya bahkan ada yang langsung melakukan pencarian talenta sebagai tenaga kerjanya secara langsung di LinkedIn. Maka untuk bisa menarik perusahaan untuk merekrut Anda, tentu sebuah CV dan potofolio terbaik adalah dua hal yang diperlukan. Untuk bagian portofolio ini sangatlah penting. Pastikan Anda menghadirkan portofolio atau hasil karya kerja Anda yang terbaik agar perusahaan tertarik merekrut Anda.

Itulah beberapa kegunaan dan manfaat LinkedIn untuk karir yang mungkin selama ini tidak Anda sadari. Dari banyaknya kegunaan yang ada pada LinkedIn ini maka Anda seharusnya tidak boleh lagi meremehkan LinkedIn. Alih-alih meremehkan, Anda justru harus membuat dan mengoptimalkan akun LinkedIn agar semua keuntungan bisa Anda peroleh.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: