Lainnya

Ini Dia 5 Alasan Kuat Kenapa Pebisnis Harus Melakukan Diversifikasi Produk

diversifikasi-produk

Bila bisnis Anda sudah terbilang berjalan beberapa tahun lamanya maka Anda harus mulai memikirkan diversifikasi produk. Diversifikasi produk sendiri adalah cara untuk membuat variasi produk dengan beberapa macam ragamnya. Melakukan diversifikasi produk sendiri bukanlah hal yang asing dalam dunia usaha. Nyatanya di lapangan kita bisa menjumpai banyak pebisnis yang menjalankan strategi ini. Dengan menjalankan strategi diversifikasi prdoduk ini memang pebisnis akan mendapatkan banyak keuntungan. Lalu apa saja alasan dan keuntungan yang bisa didapatkan pebisnis ketika melakukan strategi diversifikasi produk.

  1. Mengatasi Kejenuhan Pasar

Pertama, alasan dan keuntungan pebisnis melakukan strategi diversifikasi produk adalah mampu mengatasi kejenuhan pasar. Produk yang sama setiap waktunya dalam jangka yang lama memang bisa membuat konsumen atau pasar bosan. Ketika konsumen mengalami kebosanan atau kejenuhan maka tentu saja hal ini membahayakan bisnis Anda karena bisa saja mereka tidak lagi membeli produk Anda. Maka dari itu bila Anda merasa pasar Anda mulai mengalami kejenuhan maka Anda harus segera mengatasinya. Dan cara efektif untuk mengatasi kejenuhan dan kebosanan pasar adalah dengan menjalankan strategi diversifikasi produk. Diversifikasi produk yang bisa Anda hadirkan untuk poin pertama ini adalah misalnya dengan menghadirkan varian (rasa) baru, menghadirkan kemasan baru atau juga menghadirkan produk turunan yang berbeda. Dengan beberapa hal tersebut maka Anda akan bisa membuat konsumen mendapatkan pandangan dan gairah baru untuk berbelanja produk Anda.

  1. Membuka Pangsa Pasar yang Baru

Alasan berikutnya mengapa Anda perlu melaukan diversifikasi produk adalah untuk membuka pangsa pasar yang baru. Ketika bisnis Anda sudah bertumbuh, maka memang tak ada salahnya mentarget konsumen yang baru. Nah salah satu cara untuk bisa mantarget konsumen yang baru adalah dengan membuka target pasar lainnya. Seperti misalnya Anda membuat produk dengan varian (rasa) yang baru, maka secara tidak langsung Anda akan membuka peluang meraih konsumen dengan target pasar yang berbeda. Mengapa demikian? Sebab, ketika Anda menghadirkan varian rasa baru maka akan ada orang-orang dengan selera yang sama dengan produk baru Anda yang akan tertarik dan melakukan pembelian. Begitu pula dengan kemasan baru. Ketika Anda menghadirkan kemasan baru yang lebih kecil misalnya, maka akan ada konsumen berpenghasilan menengah ke bawah yang bisa menjangkau pembelian produk Anda. Dari sinilah maka akan muncul target pasar baru untuk bisnis Anda.

  1. Membuat Konsumen Punya Banyak Pilihan

Dengan adanya diversifikasi produk yang pasti konsumen memang akan memiliki banyak pilihan untuk pembelian. Dan hal ini pastinya akan menguntungkan bisnis Anda. Mengapa demikian? Sebab ketika konsumen punya pilihan, misalnya kemasan kecil, maka ketika mereka tidak punya uang lebih, mereka akan tetap melakukan pembelian dengan harga yang lebih murah. Begitu pula dengan varian (rasa) yang lebih banyak, maka kosnumen juga bisa saja yang sudah bosan dengan rasa tertentu, akan tetap membeli dengan varian rasa lainnya.

  1. Meningkatkan Volume Penjualan

Selanjutnya, alasan dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari strategi diversifikasi produk adalah meningkatkan volume penjualan. Anda yang ingin memperoleh omset yang lebih besar maka melakukan startegi diversifikasi memang akan sangat mumpuni. Apalagi bila produk Anda sebelumnya sudah populer atau ternama, maka cara diversifikasi ini akan sangat mumpuni untuk mewujudkan tujuan Anda meraih omset lebih besar. Jadi ciptakan saja variasi rasa baru atau juga kemasan baru. Dengan merujuk pada poin sebelumnya yakni munculnya target pasar baru maka memang startegi diversifikasi produk ini akan mampu membuat omset bisnis Anda lebih meningkat.

  1. Meningkatkan Kredibilitas dan Profesionalisme Bisnis

Terakhir, alasan dan keuntungan dari strategi diversifikasi produk bagi Anda yang menerapkannya adalah meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme bisnis. Bisnis yang mampu melakukan strategi diversifikasi produk kebanyakan merupakan bisnis-bisnis yang sudah bertumbuh dan berkembang. Nah dari sinilah bisnis Anda yang sudah mulai beranjak dan begerak maju haruslah mulai memikirkan kredibilitas dan profesionalisme usaha. Dan untungnya ketika Anda melakukan strategi diversifikasi produk, secara tidak langsung maka bisnis Anda akan menjadi lebih kredibel dan profesional. Mengapa demikian? Sebab, dalam banyak fakta di lapangan, hanya bisnis-bisnis yang sudah mapan saja yang mampu melakukannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top