Peluang Usaha

Ini Dia Tanaman Hias Paling Laris di Pasar Dalam dan Luar Negeri

tanaman-hias-paling-laris

tanaman hias paling laris/https://pojoknews.pikiran-rakyat.com/

Saat ini hobi berkebun dan mengkoleksi tanaman hias memang sedang banyak digemari. Akibat pandemi yang mengharuskan seseorang lebih banyak tinggal di rumah memang kemudian membuat kegiatan bertanam dan mengkoleksi tanaman hias semakin diminati. Dari besarnya peminat pada tanaman hias inilah kemudian melahirkan beberapa varietas baru hasil persilangan tanaman.

Aroid dari Keluarga Araceae

Menurut Noldy Topan, salah seorang pegiat tanaman menyatakan bahwa jenis Aroid yang berasal dari keluarga Araceae menjadi salah satu tanaman hias paling banyak diburu.

“Aroid itu keluarga tanaman Araceae, di dalamnya ada Philodendron, Monstera, Syngonium, Anthurium, Alocasia,” kata Noldy.

Begitu besarnya peminat Aroid membuat kolektornya tidak hanya datang dari dalam negeri tapi juga luar negeri. Nah berikut ini adalah beberapa jenis tanaman hias Aroid dari keluarga Araceae yang laris dan diburu pembeli.

  1. Monstera Obliqua Peru

Jenis tanaman hias Aroid dari keluarga Araceae yang pertama adalah Monstera Obliqua Peru. Tanaman hias monstera yang satu ini memang sangat bernilai karena harga jual per-daunnya mencapai puluhan juta rupiah. Mahalnya harga Monstera Obliqua Peru ini dikarenakan langka atau jumlahnya terbatas.

“Obliqua peru di luar Indonesia masih sangat jarang dan langka. Saya bisa klaim yang paling banyak hanya di sini,” ujar Noldy.

Monstera Obliqua Peru memang menarik karena mempunyai bentuk daun yang unik dan berbeda dengan monstera lain.

“Obliqua peru masuk ke Indonesia akhir 2017, saya bawa satu pohon dari Thailand lalu diperbanyak. Saat ini yang terbanyak ada di Indonesia, saya sering menyuplai obiqua peru dan ekspor ke luar negeri,” jelas Noldy.

  1. Monstera White Mint

Masih dari keluarga monstera, kita juga bisa mendapati tanaman hias berharga ratusan juta rupiah per-daunnya. Monstera White Mint memang menarik dan berbeda dengan lainnya. Ini dikarenakan Monstera White Mint merupakan hasil dobel mutasi dan sudah variegata. Dari sinilah kemudian banyak kolektor tanaman hias yang memburunya.

  1. Alocasia Jacklyn

Berikutnya, tanaman hias paling laris di pasar dalam dan luar negeri adalah Alocasia. Tanaman yang satu ini punya banyak varietas, salah satunya Alocasia Jacklyn. Meski banyak varietas, Alocasia memiliki daya tarik tersendiri bagi kolektornya. Untuk Alocasia Jacklyn ini merupakan tanaman hias asli dari Indonesia yang ditemukan di Sulawesi. Karena ditemukan oleh seseorang yang bernama Jacklyn maka kemudian muncul nama Alocasia Jacklyn.

“Alocasia jenis baru ini ditemukan oleh orang namanya Jacklyn, tanaman itu sendiri sangat bagus dari bentuknya, karakternya dan banyak diburu orang luar,” kata Noldy.

  1. Anthurium

Anthurium juga menjadi jenis tanaman hias yang paling lars diburu kolektor. Namun perlu diketahui bahwa hanya Anthurium dari jenis langka saja yang paling diminati pasar. Maka dari itu kemudian Noldy sering membuat persilangan Anthurium klasik untuk menciptakan jenis baru yang langka. Beberapa Anthurium yang menjadi koleksi Noldy sekarang antara lain corong, kuping gajah dan lainnya.

“Yang zaman dulu sudah ada, saya silangin lagi jadinya itu hybrid atau baru buatan saya dan saya sudah kirim ke Thailand juga, mereka sangat antusias,” Ucap Noldy.

  1. Philodendron

Terakhir, tanaman hias yang paling laris di dalam dan luar negeri adalah Philodendron. Tanaman yang satu ini tergolong elit karena banderolnya yang sangat mahal. Meski harganya mahal namun banyak pemburu tanaman hias yang mencarinya. Selain memiliki karakter yang menarik, Philodendron ini disukai karena pertumbuhannya cukup cepat dan perawatannya yang terbilang mudah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top