Peluang Usaha

Mengenal 3 Tanaman yang Harganya Melonjak Tinggi di Masa Pandemi Covid-19

Monstera

Tanaman Monstera/https://klikhijau.com/

Masa pandemi sepertinya membuat banyak hal menarik yang bisa kita jumpai. Selain munculnya perubahan pada beberapa kehidupan manusia, masa pandemi ini juga menghadirkan beberapa fenomena unik seperti bergairahnya pasar sepeda dan juga tanaman hias. Untuk yang terakhir, baru-baru ini kita kembali dikejutkan dengan harga tanaman janda bolong atau monstera yang nilainya selangit. Tapi kamu perlu tahu bahwa selama masa pandemi ini ada juga beberapa tanaman hias yang mengalami kenaikan harga. Setidaknya tercatat ada 3 tanaman hias yang mengalami kenaikan harga drastis di masa pandemi ini.

  1. Aglonema (Sri Rejeki)

Tanaman hias pertama yang harganya melonjak tinggi di masa pandemi Covid-19 adalah aglonema atau Sri Rejeki. Dalam beberapa bulan ini tanaman hias Aglonema memang banyak diburu masyarakat. Dari banyaknya peminat terhadap aglonema ini membuat harganya pun menjadi naik. Menurut seorang pehobi dan penjual Aglonema bernama Eka Setyawati menyatakan bahwa harga tanaman hias ini masih bervariasi dari yang terendah Rp 50 ribu hingga Rp 1 juta untuk yang tertinggi. Perbedaan harga ini disebabkan oleh jenis, warna dan ukuran dari Aglonema tersebut. Lebih lanjut Eka menyatakan bahwa tanaman Aglonema yang paling banyak diburu konsumen adalah jenis suksom jaipong dan red anjamani yang daunnya didominasi warna merah. Harga Aglonema sendiri dinilai bisa melejit lagi bila mampu memenangi kontes atau perlombaan.

  1. Philodendron

Tanaman kedua yang mencuri perhatian di masa pandemi yaiyu Philodendron atau Pink Princess. Tanaman yang memiliki ciri daun yang berwarna merah muda ini memang cukup mencengangkan harganya. Hal ini bisa dilihat dari salah satu marketplace di mana Philodendron ini dibanderol dengan harga Rp 1,5 juta hingga Rp 3,5 juta per potnya. Melejitnya harga tanaman ini konon dikarenakan jumlah helai daunnya. Philodendron berdaun tunggal saja sudah bisa dijual dengan harga mencapai Rp 400ribu. Dari sekian jenis Philodendron yang ada, Philodendron berjenis kabel busi menjadi salah satu yang paling dicari oleh pehobi tanaman hias.

  1. Monstera

Terakhir, tanaman hias yang harganya melonjak tinggi di masa pandemi Covid-19 adalah Monstera. Tanaman hias ini memang masih hangat diperbincangkan publik karena harganya yang cukup tinggi. Biasanya tanaman ini digunakan untuk background produk jualan, dekorasi rumah minimalis dan lainnya. Kabar boomingnya tanaman Monstera ini terbilang mengejutkan karena harganya selangit. Sebut saja Monstera bertangkai empat yang dilelang di luar negeri dengan harga 8.150 dollar Selandia Baru atau sekitar Rp 79,7 juta. Di Indonesia sendiri harga tanaman Monstera ini bisa didapati dibeberapa marketplace. Seperti misalnya Monstera marmorata, Monstera deliciosa variegata dan Monstera jenis obliqua lemon yang dijual di situs e-commerce lokal dengan harga Rp 8 juta sampai Rp 13 juta. Dan salah satu jenis Monstera yang sedang banyak diincar pehobi di Indonesia yakni Monstera adansonii atau juga sering disebut Janda Bolong. Dari beberapa penjualan yang pernah terjadi, dapat diketahui Janda Bolong ini ada yang terbeli dengan harga Rp 96 juta sampai Rp 100 juta. Jenis Monstera yang juga memiliki kesamaan karakter dengan janda bolong yaitu Monstera deliciosa variegata. Melonjaknya harga Monstera ini dikarenakan tanaman ini yang jarang didapati atau langka.

Itulah beberapa jenis tanaman hias yang harganya melonjak tinggi di masa pandemi Covid-19. Dari sini, tantu kamu yang hobi berkebun bisa menjadikan beberapa jenis tanaman tadi sebagai referensi untuk dijadikan investasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top