Keuangan

Inilah 4 Hal yang Perlu Anda Lakukan Agar Keuangan di Tahun 2020 Lebih Baik

finansial-tahun-2020

finansial tahun 2020/https://finance.yahoo.com/

Sebentar lagi tahun 2019 akan berlalu dan datang tahun yang baru yakni tahun 2020. Menyambut tahun baru biasanya banyak orang yang membuat resolusi baru untuk memacu dirinya agar lebih baik di tahun mendatang. Salah satu isi resolusi yang seringkali tidak dilewatkan yaitu keuangan yang lebih sehat dan bertumbuh. Tapi untuk mencapai keadaan finansial yang baik di tahun 2020 tentu perlu direncanakan dengan matang. Jadi Anda harus bisa mempersiapkan diri untuk menjalankan hal-hal yang terbaik untuk tahun baru dengan keuangan yang lebih baik tersebut. Nah berikut ini ada beberapa cara dari perencana keuangan bersertifikat Zaneilia Harris, yang bisa Anda terapkan untuk bisa menyongsong tahun 2020 dengan finansial yang lebih baik dan sehat.

  1. Tegaskan Kembali Komitmen Terhadap Diri Sendiri

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat keuangan lebih baik di tahun 2020 menurut Zaneilia Harris adalah dengan menegaskan kembali komitmen terhadap diri sendiri. Banyaknya resolusi tahun baru yang gagal memang terjadi karena tidak adanya komitmen dalam diri sendiri. Mereka membuat resolusi hanya sekedar ikut-ikutan tanpa ada kesadaran dalam diri untuk apa mereka membuatnya. Hasilnya tentu saja resolusi hanya sekedar menjadi jargon yang tidak ada hasilnya. Menurut Zaneilia Harris, seseorang yang ingin mewujudkan reolusi keuangannya di tahun 2020 dengan baik maka mereka harus berkomitmen pada dirinya. Komitmen ini juga menyatakan bahwa Anda benar-benar harus memikirkan dan bertindak bagaimana resolusi keuangan yang baik tersebut bisa diwujudkan. Anda bisa melakukan banyak hal dalam hal ini seperti menabung, investasi, bisnis dan lainnya. Tapi semua cara untuk mewujudkan resolusi keuang tersebut harus dijalankan dengan komiten yang tinggi terhadap diri sendiri.

  1. Tinjau Ulang Tujuan Keuangan

Bila selama ini Anda selalu mengalami kondisi keuangan yang tidak diharapkan, cobalah untuk mengecek atau meninjau ulang tujuan keuangan Anda. Sebab kebanyakan orang-orang yang mengalami kegagalan dalam mewujudkan keuangan yang sehat menurut Zaneilia Harris dikarenakan tidak adanya tujuan keuangan yang saling berkaitan.

“Kadang-kadang Anda bisa benar-benar keluar dari jalur karena terjebak pada hal-hal lainnya,” ujar Harris.

Menurut Zaneilia Harris, untuk memiliki tujuan keuangan yang saling berkaitan ini maka disarankan untuk datang ke perancana keuangan. Bicarakan dan diskusikan tujuan dan impian keuangan Anda di tahun baru ini pada perencana. Ketika Anda datang ke perencana keuangan, bisa jadi Anda akan mendapatkan perspektif atau pandangan lain yang belum terbayangkan sebelumnya, untuk mewujudkan finansial yang lebih baik di tahun baru nanti. Dari sini Anda pun bisa menyusun ulang tujuan keuangan Anda yang bisa jadi selama ini salah.

  1. Rencanakan Tabungan Untuk Tahun Depan

Sebuah impian memang dibutuhkan perjuangan untuk mewujudkannya. Seperti juga Anda yang ingin menghadirkan finansial yang baik di tahun baru 2020 maka Anda perlu berjuang untuk bisa meraihnya. Cara paling efektif yang disarankan oleh Zaneilia Harris adalah menabung. Dengan menabung, Anda akan membangun sebuah aset secara cepat. Keberadaan tabungan sendiri bahkan sudah lama dijadikan solusi oleh masyarakat tempo dulu untuk meraih keuangan yang lebih sehat dan baik. Mungkin Anda kesulitan melakukannya di awal-awal tahun karena belum terbiasa. Tapi jangan menyerah, lakukan dan lawan segala ego diri untuk bisa terus menabung dengan konsisten.

  1. Refleksi Diri

Terakhir, hal yang perlu Anda lakukan menurut Zaneilia Harris untuk mewujudkan keuangan yang lebih baik di tahun 2020 yaitu refleksi diri. Akhir tahun menyambut tahun yang baru, kegiatan refleksi diri memang sangat tepat untuk dilakukan. Refleksi diri sendiri adalah mengingat-ingat beberapa hal yang dilakukan dalam setahun ini untuk kemudian dicermati dan dievaluasi. Dari kegiatan refleksi ini Anda akan bisa mendapatkan banyak pelajaran yang berharga untuk menjalankan tahun yang baru dengan resolusi keuangan yang lebih baik dan sehat.

Itulah beberapa cara atau tips dari perencana keuangan bersertifikat Zaneilia Harris yang bisa Anda jalankan untuk bisa menghadirkan keuangan yang lebih baik di tahun baru 2020. Untuk benar-benar bisa mewujudkan resolusi keuangan Anda di tahun 2020 tersebut maka Anda harus bisa menjalankannya dengan sungguh-sungguh. Tidak lupa juga Anda harus bisa menjalankan cara-cara tadi dengan penuh konsistensi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top