Tips

Inilah 5 Cara yang Bisa Anda Lakukan untuk Memaksimalkan Waktu Kerja di Kantor, Coba Aja!

maksimalkan-waktu-bekerja

Waktu bekerja di kantor adalah sesuatu yang perlu selalu dimaksimalkan untuk mencapai produktivitas. Ini karena waktu yang berjalan begitu cepat setiap detiknya membuat setiap pekerja, baik itu pebisnis atau karyawan harus berpacu dengan waktu. Bila Anda bekerja asal-asalan tanpa manajemen waktu maka bukan hanya pekerjaan yang semakin menumpuk yang bisa didapati. Tapi bekerja tanpa memperdulikan waktu membuat Anda akan mendapati hasil yang tidak maksimal. Jika Anda selalu memperoleh hasil yang tidak maksimal maka kesuksesan pun akan sulit untuk bisa dicapai. Maka dar itu memaksimalkan waktu bekerja di perusahaan memang harus selalu dijalankan untuk bisa meraih sukses. Tapi bagaimana caranya? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa memaksimalkan waktu kerja di kantor.

  1. Kerjakan Dulu Hal yang Mudah

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk bisa memaksimalkan waktu kerja di kantor adalah mengerjalan hal yang mudah terlebih dahulu. Mengapa harus mengerjakan hal yang mudah terlebih dulu? Sebab Anda harus berpacu dengan waktu untuk bisa bekerja maksimal. Dengan mengerjakan hal yang mudah terlebih dulu, Anda bisa menyelesaikan setengah pekerjaan atau lebih dengan perasaan puas. Dari perasaan puas setelah mengerjakan setengah atau lebih dari pekerjaan inilah maka akan muncul semangat lebih untuk mengerjakan pekerjaan selanjutnya yang lebih sulit. Tapi bila Anda mengerjakan pekerjaan yang sulit dulu, bisa jadi Anda bisa terbebani dengan pikiran yang terkuras sebelum menyelesaikan yang lain. Jadi meski Anda telah selesai dengan pekerjaan yang sulit, karena pikiran Anda sudah terkuras, bisa jadi kemudian Anda merasa lelah dan tak bersemangat lagi untuk mengerjakan hal lain yang sebenarnya lebih mudah. Dari sini maka muncul ketidakmaksimalan.

  1. Hindari Distraksi

Distraksi adalah segala sesuatu yang bisa mengganggu penyelesaian pekerjaan dengan cepat. Dalam bekerja memang banyak hal yang bisa mengganggu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Apalagi sekarang di mana gadget sangat merajalela, hal ini semakin membuat distraksi menjadi nyata di lingkungan perusahaan. Maka dari itu Anda yang ingin bisa memaksimalkan waktu bekerja harus menghindari distraksi ini. Beberapa distraksi yang biasanya terjadi di kantor adalah bermain media sosial, bermain game, chatting via instan messaging atau juga mengobrol dengan rekan kerja sebelah.

  1. Membuat Rencana Kerja

Berikutnya, hal yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan waktu kerja di kantor adalah dengan membuat rencana kerja. Tak jarang memang pekerja yang kebinggungan saat mengawali harinya di kantor. Mereka binggung apa saja yang harus dikerjakan hari itu. Ketika Anda binggung dan berpikir pekerjaan apa yang harus diselesaikan maka saat itu pula waktu Anda sudah tersita. Maka dari itu untuk menghindari hal ini, Anda harus membuat rencana kerja. Kenapa harus membuat rencana kerja? Sebab dengan adanya daftar rencana kerja, maka Anda sudah tahu apa-apa yang harus Anda kerjakan ketika tiba di kantor. Saat Anda sudah bisa memulai pekerjaan dengan cepat di awal masuk kantor maka waktu pun akan jadi termaksimalkan.

  1. Komitmen Terhadap Deadline

Dalam setiap pekerjaan, batas waktu atau deadline memang bisa menjadi sebuah pelecut untuk memaksimalkan waktu. Dengan adanya deadline membuat pekerja tidak bisa seenaknya saja bekerja. Maka dari itu deadline ini adalah sesuatu yang penting bagi siapa pun yang ingin produktif dengan waktu yang teroptimalkan. Jadi bila Anda tidak diberikan deadline oleh misalnya atasan, pastikan Anda membuat deadline sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan. Dan cobalah membuat deadline ini memiliki waktu yang lebih cepat untuk diselesaikan agar waktu bekerja di kantor Anda lebih termaksimalkan.

  1. Tetapkan Selalu Target Setiap Harinya

Terakhir, cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan waktu kerja di kantor adalah dengan menetapkan selalu target setiap harinya. Jadi cobalah untuk menetapkan target di setiap harinya Anda bekerja. Sepeti misalnya Anda harus menyelesaikan 20 dokumen setiap harinya sebelum pulang kantor. Dengan menetapkan target seperti ini maka waktu yang ada akan jadi teroptimalkan atau termaksimalkan selalu. Tapi sebaliknya bila Anda bekerja tanpa target maka hal ini akan membuat Anda menjadi malas dan akhirnya waktu pun jadi banyak yang terbuang sia-sia.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: